≡ Menu
werno-werno.com

Manfaat Daun Pepaya

Selain buahnya yang enak dan memiliki banyak manfaat, daun pepaya juga memiliki segudang manfaat baik untuk kesehata. Bahkan daun pepaya sering dijadikan jamu oleh orang-orang terdahulu. (baca : manfaat dan kandungan buah pepaya)

khasiat daun pepayaDaun pepaya memang pahit, tapi khasiat daun pepaya sangat banyak hingga sebanding dengan rasa pahitnya. Daun berbentuk menjari ini memiliki kandungan beragam vitamin dari A, B, C, D dan E. Selain itu, daun pepaya juga mengandung kalsium, protein, karbohidrat, carposide, zat papain dll. Ditilik dari kandungannya saja yang sudah banya mengandung zat-zat yang baik bagi tubuh kita, tentulah daun tersebut memiliki segudang manfaat untuk kita. Apa saja itu?

Mengobati Demam Berdarah

DBD atau demam berdarah adalah penyakit mematikan yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes. Sudah banyak kasus kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit ini terutama di musim penghujang dimana nyamuk bisa Aedes bisa bebas bertelur di air genangan yang jernih. Daun pepaya memiliki zat papain seperti yang telah disebutkan di atas yang mampu meningkatkan trombosit. Perusahaan farmasi juga mengekstrak daun ini untuk dijadikan obat. Untuk hasil pengobatan yang cepat, dokter menyarankan bagi penderita demam berdarah untuk meminum jus daun pepaya sebanyak 20-25 ml  dua kali sehari selama 1 minggu. Selain 5 lembar daun pepaya saja, kamu bisa mencampurkan temulawak dan meniran ke dalam jus ini. Rebus kesemua bahan tersebut. (baca : ramuan pengusir serangga)

Anti malaria

Selain untuk mengobati demam berdarah, jus daun pepaya juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah malaria

Mencegah Kanker

Menurut beberapa penelitian, getah yang terkandung dalam batang dan daun pepaya memiliki sifat anti kanker.Getah berwarna putih susu ini juga sedang dikembangkan untuk menjadi obat kanker. Hal ini membuat ekstrak daun buah tropis ini direkomendasikan dalam bagia kemoterapi bbagi penderita kanker. (baca : gejala dan pertanda kanker)

Mengatasi Nyeri Haid

Jus daun pepaya memang terkenal untuk mengatasi nyeri saat datang bulan. Dan jus pepaya sangat efektif mengurangi rasa nyeri tersebut. Jika kamu mengalami nyeri saat haid, rebuslah selembar daun pepaya beserta asam jawa dan garam secukupnya serta air satu gelas. Rebus hingga air mendidih setelah itu minum dalam keadaan hangat. (baca : cara mengatasi nyeri haid)

Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Daun pepaya memiliki senyawa yang bernama Karpain, senyawa ini mampu menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri, jamur, cacing dan parasit . tannin yang ada dalam daun pepaya juga sering dimanfaatkan untuk pembuatan obat herbal untuk menghilangkan cacing di usus.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Papain yang dikandung dalam daun pepaya juga bisa membantu masalah pencernaanmu. Rasa mulas bisa kamu atasi dengan meminum rebusan daun pepaya. Kamu juga bisa menambaha nafsu makanmu dengan ramuan tersebut.

Mencegah dan Mengobati Diabetes

Daun pepaya memiliki sebuah kandungan yang bisa mengontrol jumlah kadar gula dalam dara sehingga bisa mencegah obesitas. (baca : apa itu diabetes? Dan bagaimana mencegahnya?)

Mengatasi Jerawat

Daun pepaya yang sudah tua bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi jerawat di wajah. Jemurlah 2 atau 3 lembar daun pepaya yang telah tua sebentar saja. Tumbuk hingga halus kemudian tambahkan satu sendok makan air. Oleskan pasta ke daerah kulit yang terdampak jerawat. (baca : cara mengtasi jerawat)

Banyak sekali kan manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh kita. Daun pepaya memang pahit, tapi kita bisa mengakali rasanya dengan menambahkan madu pada jus daun pepaya atau membuat olahan dari daun pepaya seperti menumisnya atau membuat masakan dengan olahan daun pepaya.

0 comments… add one

Leave a Comment