≡ Menu
werno-werno.com

Manfaat Daun Sirih

Apa yang kamu pikirkan saat mendengar kata ‘daun sirih’? Apakah warna merah pada gigi seorang paruh baya karena daun ini? Jangan salah.. daun sirih tidak hanya bisa digunakan untuk ‘nyireh’ saja, daun sirih memiliki segudang manfaat baik itu pada bidang kecantikan maupun kesehatan.

manfaat daun sirih untuk kesehatand an kecantikan

Daun sirih sebenarnya memiliki 3 jenis yaitu sirih merah, sirih hitam dan sirih hijau. Nah, yang akan kita bahas kali ini adalah manfaat daun sirih hijau. Daun sirih hijau mengandung banyak zat bermanfaat seperti tannin, minyak esensial, diastase, fenil propane, pati, estragol, gula dan masih banyak lagi. Mau tau apa saja manfaat sirih untuk kesehatan dan kecantikan dan bagaimana cara mengolah daun sirih tersebut? Simak ulasannya berikut ini

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

  • Kamu sedang diare? Coba kamu buat pasta dengan menumbuk 6 lembar daun sirih, 6 butir merica dan 1 sendok makan minyak sayur hingga halus. Oleskan pasta tersebut ke bagian perutmu agar terasa hangat dan mengurangi rasa melilit dari diare.
  • Pernahkah dulu saat kamu mimisan dan orang tuamu menggunakan daun sirih yang telah ditumbuk hingga keluar minyaknya untuk menyumbat darah yang keluar dari hidung? Cara tersebut memang tepat untuk menghentikan pendarahan dari hidung.
  • Sebagian besar orang memang merasa kurang nyaman melihat kegiatan nyirih. Namun tahukah kamu apa saja manfaat yang didapat dari nyireh? Permasalahan seperti gusi bengkak, membersihkan gigi dan mengobati sariawan. Berkumur dengan rebusan daun sirih juga akan mengatasi bau mulut. (baca : cara memutihkan gigi dan menghilangkan bau mulut)
  • Periode menstruasimu tidak teratur? Minum saja air rebusan daun sirih hijau.
  • Daun sirih hijau juga bisa membantumu mengatasi batuk bronchitis. Caanya adalah dengan membuat rebusan dari 5-7 lembar daun sirih, satu balok gula batu dan 2 gelas air. Rebus hingga air hanya tersisa 1 gelas saja. Minum ramuan tersebut 3 kali sehari dengan takaran sepertiga gelas sekali jadi sehari cukup membuat 1 gelas saja.
  • Jika kamu mempunyai masalah susah buang air kecil, kamu bisa mengatasiny dengan membuat jus dari campuran daun sirih, susu dan madu. Minumlah jus tersebut seminggu sekali untuk melancarkan buang air kecil.

Manfaat Daun Sirih untuk Kecantikan

  • Rebusan air sirih bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi keputihan. Caranya kamu tinggal merebus daun sirih dengan air secukupnya. Rebusan tersebut bisa kamu minumd an sisanya untuk membasuh pada daerah kewanitaan. (baca : cara merawat miss V dan cara mengatasi infeksi jamur di miss V).
  • Gatal-gatal pada kulit memang sangat menyiksa dan akan merusak kulit indahmu. Kamu bisa memanfaatkan daun sirih untuk mengatasi gatal-gatal tersebut. Tumbuklah beberapa lembar daun sirih hingga halus dan mengelurkan sedikit minyak lalu oleskan pada bagian kulit yang terkena gatal-gatal. (baca : pertolongan pertama untuk kulit gatal dan bengkak)
  • Bisul?? Euh.. penyakit yang sangat ditakuti terutama oleh kaum hawa karena akan memperjelek kulit mereka. Tapi tenang saja, jika ada bisul menyerang kamu bisa memanfaatkan daun sirih hijau. Caranya adalah sama seperti mengatasi gatal, tumbuk beberapa daun sirih hingga lembut. Terapkan pasta tersebut ke bagian kulit yang terkena bisul lalu tutup dengan kain atau kain kasa agar tidak lepas.
  • Punya masalah dengan jerawat? Kamu bisa memanfaatkan daun sirih sebagai salah satu alternative untuk mengatasi jerawat. Cuci bersih 8-10 lembar daun lalu tumbuk hingga halus kemudian terapkan pada bagian yang terkena jerawat. (baca : cara mengatasi jerawat dan menghilangkan bekas jerawat)

Demikian ulasan dari berbagai manfaat daun sirih hijau yang bisa kamu manfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan.

 

1 comment… add one

Leave a Comment