≡ Menu
werno-werno.com

Manfaat Donor Darah Bagi Pendonor

Donor darah merupakan kegiatan mulia yang dapat menyelamatkan nyawa seseorang. Biasanya, donor darah dilakukan untuk kegiatan amal secara sukarela ataupun dalam waktu kondisi yang gawat saat ada anggota keluarga yang membutuhkan darah tetapi rumah sakit atau PMI sedang kehabisan stok.

manfaar donor darah bagi pendonorDonor darah bukan hanya bermanfaat bagi si penerima donor (resipien) tetapi juga bagi para pelaku donor darah. Donor darah akan menyelamatkan nyawa seseorang yang mengalami kecelakaan dan kehilangan banyak darah, atau seseorang yang mengalami pendarahan saat melahirkan dan penderita penyakit tertentu yang membutuhkan transfuse darah. Ada banyak sekali sebenarnya manfaat donor darah bagi pendonor darah. Mau tau apa saja manfaat donor darah bagi pendonor? Simak ulasannya berikut ini.

Menjaga Jantung Tetap Sehat

Mendonorkan darah secara rutin terbukti menghindarkan jantung dari berbagai penyakit. Hal ini berdasarkan hasil penelitian American Journal of Epidermology yang mengatakan bahwa seseorang yang mendonorkan darahnya secara aktif akan memiliki resiko 88% lebih rendah terkena serangan jantung atau penyakit jantung lainnya. Selain itu, manfaat donor dara bagi pendonor rutin adalah berkurangnya 33% resiko terkenanya penyakit kardiovaskular lainnya. (baca : makanan yang bagus untuk jantung dan tanda serangan jantung)

Pembaruan Sel Darah

Regenerasi sel darah merah atau meparuah sel darah merah yang terjadi pada pendonor darah dan orang biasa (tidak mendonorkan darah) berbeda. Bagi seorang pendonor darah, regenerasi sel darah merah akan terjadi setelah 48 jam kamu melakukan donor darah. Volume darah akan digantikan dengan yang benar-benar baru dan 4 hingga 8 minggu kemudian sel darah baru telah terbentuk dan akan membantu fungsi organ tubuh. Dengan begitu tubuh akan terlihat lebih segar dan sehat  dan akan lebih produktif dalam berkegiatan.

Resiko Kanker yang Menurun

Seseorang yang konsisten mendonorkan darahnya bukan hanya akan menurunkan resiko penyakit jantung tapi juga menurunkan resiko penyakit kanker. Bagi mereka yang melakukan donor darah 3 bulan sekali bagi pria dan 4 bilan sekali bagi wanita kemungkinan akan terhindar dari kanker tenggorokan, kanke hati, kanker usus, kanker lambung dll.

Membakar Kalori

Benarkan donor darah akan membakar kalori yang ada dalam tubuh? Penelitian yang dilakukan oleh University California membuktikan bahwa seseorang pendonor darah yang rutin melakukan donor darah akan kehilangan bobot tubuh sesuai dengan yang diharapkannya. Setiap kamu mendonorkan darah (500 ml), itu berarti kamu telah membakar kalorimu sebanyak 650 kal yang ada pada tubuhmu.  Tapi ingat! Jangan sekali-kali melakukan donor darah hanya untuk program dietmu.

Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Sebelum kamu melakukan proses donor darah, tentunya kamu harus diperiksa terlebih dahulu untuk mengetahui apakah kamu menderita suatu penyakit atau tidak seperti HIV, sifilis dan yang penyakit lain yang dapat menular melalui darah. Pendonor harus dalam kondisi prima dan sehat untuk menyumbangkan darahnya. Pemeriksaan ini meliputi analisa darah serta tekanan darah dan kadar hemoglobin. Kamu tidak perlu takut untuk donor darah hanya karena takut kekurangan darah.

Mencegah Penuaan Dini

Jika kamu melakukan donor darah secara teratur akan membantu kulitmu untuk beregenerasi secara sempurna. Hal ini tentu akan mencegah keriput dan tanda penuaan dini lainnya. Kamu tak perlu lagi perawatan mahal yang akan menguras kantungmu. Kamu bahkan bisa beramal dan mendapatkan manfaat yang sangat bagus. (baca : faktor penyebab penuaan dini dan makanan pencegah penuaan dini)

Nah itu dia tadi beberapa manfaat luar biasa yang bisa kamu dapatkan jika kamu mendonorkan darahmu . Jangan ragu lagi ya untuk melakukan kegiatan amal yang satu ini! 🙂

0 comments… add one

Leave a Comment