Manfaat Garam Epsom

by Ummi on December 31, 2016

Garam Epsom (magnesium sulfat) atau yang juga biasa dikenal dengan sebutan garam Inggris, merupakan salah satu jenis garam yang memiliki kandungan magnesium dan sulfur yang tinggi. Nama Epsom sendiri diambil dari nama sebuah air terjun yang mengandung saline yang terdapat di kota Epsom di Surrey Inggris. Perlu kamu tahu, garam Epsom yang rasanya tidak asin, tidak boleh dimakan karena garam ini merupakan perpaduan antara magnesium dan sulfur sementara garam dapur biasa adalah gabungan antara sodium dan klorida. Kamu dapat memperoleh garam Epsom di apotek atau toko kecantikan terdekat, atau kamu juga bisa membelinya secara online. Penasaran dengan manfaat garam Epsom bagi kecantikan & kesehatan? Simak ulasannya berikut ini :

Membuat tubuh rileks

Saat kita merasa stress, tingkat magnesium dalam tubuh kita akan jauh berkurang. Garam Epsom membantu untuk mengisi kembali asupan magnesium ketika kita berendam dalam air garam Epsom saat mandi air hangat. Kandungan magnesium dalam garam Epsom membantu tubuh untuk meproduksi serotonin tingkat tinggi, yang merupakan senyawa kimia yang dapat meningkatkan suasana hati yang kerap ditemukan dalam antidepresan. Khasiat garam Epsom tersebut di atas, membantu tubuh agar bisa beroperasi dengan benar, dan juga membantu mempertahankan tingkat kosentrasi.

Meningkatkan energi

Kita semua sudah tahu bahwa garam Epsom dapat membantu kita merasa rileks dan nyaman, sehingga kamu mungkin tidak heran jika garam ini juga dapat membantu memproduksi adenosine triphosphate, yang merupakan senyawa kimia alami dalam tubuh yang bisa meningkatkan energi.

Meredakan rasa sakit

Garam Epsom juga memiliki beberapa khasiat medis yang sama seperti antiinflamasi, yang bisa membantu meredakan kram dan melegakan rasa sakit di tubuh. Jadi, jika kamu mengalami kaki yang bengkak atau tumit yang nyeri setelah seharian berjalan kaki, kamu bisa merendam kakimu di larutan garam Epsom untuk menghilangkan rasa sakitnya.

Menghilangkan bau tak sedap

Garam Epsom juga bisa bertindak sebagai neutralizer yang membantu menghilangkan bau kaki saat garam ini dicampur dengan air untuk digunakan merendam kaki.

Menghilangkan sel kulit mati (bahan eksfoliasi)

Ketika dicampur dengan minyak zaitun atau minyak esensial yang lain untuk dijadikan scrub eksfoliasi, garam Epsom dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati di tubuh. Namun, jangan samapai kamu membiarkan garam Epsom berada di kulit terlalu lama, sehingga setelah kamu selesai mandi, pastikan kamu sudah membilas bersih garamnya.

Bagus untuk rambut

Jika kamu memiliki rambut yang berminyak, maka menambahkan sejumlah garam Epsom pada shampoo dapat membantu menyerap minyak berlebihan. Kamu juga dapat membantu menambahkan ketebalan atau volume pada rambut yang tipis dengan garam Epsom.

Menghentikan ptensi pengentalan darah

Berkat khasiat relaksasinya, diyakini bahwa garam Epsom dapat membantu dengan pencegahan penggumpalan darah karena mereka secara alami menurunkan tekanan darah.

Menghentikan konstipasi

Garam Epsom membantu meningkatkan kadar air dalam usus yang dapat membantu dengan masalah sembelit; Namun, karena kamu harus menelan garam ini agar menjadi efektif, maka kamu perlu memastikan bahwa kamu mencari nasihat medis sebelum menggunakan garamnya.

Menyuburkan tanaman

Tidak hanya garam Espom bermanfaat bagi manusia, namun mereka juga bisa membantu menyuburkan tanaman. Khasiat magnesium alami yang terdapat dalam garam Epsom membantu perkembangan klorofil, dan kandungan sulfur garam Epsom membantu tanaman untuk menyerap elemen makanan yang lebih sehat.