Manfaat Gliserin

by Ummi on May 24, 2017

Gliserin merupakan senyawa organik yang tersusun dari karbon, oksigen dan hidrogen. Cairan kental, tidak berwarna dan tidak berbau ini digunakan secara ekstensif di industri kecantikan untuk membuat sabun, gel antiaging dan pelembab. Zat ini memiliki sifat terapeutik serta humektan dan emolien yang membuat gliserin efektif dalam mengobati berbagai kondisi kulit. Terlepas dari industri kecantikan, gliserin juga digunakan dalam obat-obatan dan farmasi, pemanis makanan dan industri kertas dan percetakan.

manfaat gliserin

Ketika kamu berbelanja gliserin, maka kamu harus sangat berhati-hati. Di pasaran, kamu bisa menemukan gliserin alami yang berasal dari minyak nabati dan gliserin yang berasal dari sumber sintetis, seperti minyak berbasis minyak bumi (petroleum). Dan usahakan kamu membeli gliserin alami yang berbahan nabati (vegetable glycerin) karena baik dan bebas toksin, sedangkan varietas sintetis bisa membahayakan tubuhmu.

Jika kamu penasaran dengan manfaat dan kegunaan dari gliserin, maka simak ulasan tentang manfaat gliserin berikut ini :

Menjaga kulit tetap terlembabkan

Gliserin dianggap sebagai pelembab yang bagus bagi kulit. Pertama-tama, gliserin adalah humektan yang hebat, yang berarti menjebak air atau uap air dari luar kulit dan menariknya masuk. Juga, sebagai emolien, ia membantu menahan semua kelembaban tersebut dengan membentuk lapisan pelindung di atas kulit. Hal ini pada gilirannya membuatnya terasa lembut, halus dan terhidrasi dengan baik.

Sebuah penelitian tahun 2002 yang diterbitkan di Acta Dermaco Venereologica menemukan bahwa krim yang mengandung gliserin tampaknya merupakan alternatif yang sesuai untuk krim yang mengandung urea dan sodium klorida dalam perawatan kulit kering atopik.

1. Oleskan gliserin secara bebas pada kulitmu, terutama di daerah yang kering.
2. Biarkan selama beberapa jam.
3. Bilas dengan air suam-suam kuku.
4. Lakukan ini 2 atau 3 kali seminggu.

Menyegarkan kulit

Gliserin adalah toner yang bagus, terutama untuk kulit kering. Ini membantu memberikan kelembaban yang cukup pada kulit. Ini juga membantu mengembalikan tingkat pH kulit dan mengurangi noda atau menakut-nakuti, sehingga membuat kulitmu lembut dan bersinar.

1. Campurkan 1 sendok teh gliserin dan 2 sendok makan air mawar.
2. Campur secara menyeluruh dan pindahkan isinya ke botol semprot.
3. Semprotkan toner di wajah bersihmu, sebelum mengoleskan pelembab.
4. Ulangi setiap hari, atau sesuai kebutuhan.

Kamu bisa menyimpan toner buatan sendiri ini di kulkas sekitar seminggu.

Menjaga kaki bebas pecah-pecah

Untuk mendapatkan kembali kaki bayi yang lembut dan mencegahnya mengering dan pecah-pecah, gliserin sangat efektif. Humectant alami ini membantu mengunci kelembaban dan mempertahankannya untuk waktu yang lama. Pelembab yang tepat adalah elemen kunci untuk mencegah atau menyembuhkan kaki yang pecah-pecah.

1. Rendam kaki Anda dengan air hangat suam-suam kuku dengan sabun selama 5 menit.
2. Gosok kakimu menggunakan loofah untuk menyingkirkan kulit yang mati, lalu keringkan.
3. Oleskan gliserin pada tumit dan pijat dengan lembut selama beberapa menit.
4. Pakailah sepasang kaus kaki bersih dan biarkan semalaman.
5. Bilas kakimu keesokan harinya.
6. Ulangi ini setiap hari untuk hasil yang efektif.

Membuat bibir lembut

Apakah kamu memiliki bibir pecah-pecah atau bibir kering, maka gliserin adalah ramuan rahasia untuk menikmati bibir lembut dan halus. Plus, ini juga bisa membantu menyingkirkan kulit mati, sehingga kamu bisa menikmati bibir merah muda yang sehat.

• Campur gliserin dan air mawar dalam jumlah yang sama. Oleskan campuran ini ke bibirmu, beberapa kali sehari untuk membuatnya tetap lembab.
• Sebagai alternatif, campurkan jus lemon, madu dan gliserin dalam jumlah yang sama. Oleskan campuran di bibirmu sebelum tidur setiap malam untuk menjaga bibir lembut dan merah muda.

Mengobati sariawan

Entah kamu menderita sariawan atau mucoceles yang menyakitkan, gliserin dapat membantu mengatasi masalah dengan cepat. Sifat antiseptik dan penyembuhannya membantu melawan mikroba yang menyebabkan masalah di mulutmu sehingga menyulitkanmu untuk makan dan minum. Plus, itu membuat daerah yang terkena dampak terbasahi dengan baik, sehingga memberikan bantuan dari ketidaknyamanan.

1. Oleskan sedikit gliserin nabati di daerah yang terkena.
2. Biarkan selama 30 sampai 40 menit.
3. Bilas mulut dengan air dingin.
4. Ulangi 3 atau 4 kali sehari sampai mulut sembuh total.

Mengatasi psoriasis dan eksim

Mereka yang menderita psoriasis dan eksim dapat menggunakan gliserin untuk menyingkirkan masalah kulit yang menjengkelkan dan tidak nyaman ini. Gliserin membantu memperkuat fungsi penghalang kulit, yang membantu mencegah hilangnya kelembaban. Ini juga membantu menjaga racun dan iritasi agar tidak masuk ke kulit, yang pada gilirannya mencegah dan meredakan masalah inflamasi seperti psoriasis dan eksim.

• Encerkan gliserin dengan air dengan perbandingan 1: 1. Terapkan pada daerah yang terkena dengan menggunakan bola kapas. Setelah 10 sampai 15 menit, bilas dengan air suam-suam kuku. Ulangi 2 kali sehari sampai kulit sembuh total.
• Untuk psoriasis kulit kepala, oleskan campuran antara gliserin dan gel lidah buaya dengan bagian yang sama di kulit kepala 30 menit sebelum mandi. Lakukan 2 atau 3 kali seminggu sampai kondisinya membaik.

Mencegah penuaan kulit

Karena sifat humektan dan pelembabnya, gliserin sangat baik untuk mencegah keriput dan menjaga kulit tampak lebih lembut dan tampak lebih muda.

1. Campurkan 1 sendok teh minyak gliserin dan vitamin E.
2. Pijat lembut wajah dan lehermu dengan campuran ini.
3. Bilas setelah 15 menit. Lakukan ini sekali sehari, sebaiknya sebelum tidur.

Mencerahkan kuku

Jika kamu sering menggunakan cat kuku alias kutek, maka kamu mungkin memperhatikan bahwa kuku yang tidak dicat mulai terlihat kering dan kusam. Karena kemampuannya untuk memberikan pelumasan dan mempertahankan kelembaban, kamu bisa menggunakan gliserin untuk mencerahkan kukumu. Juga, ini akan memperkuat kukumu. Bahkan, gliserin adalah salah satu bahan utama yang digunakan pada pengeras kuku komersial.

1. Campur 2 sendok makan masing-masing dari air mawar dan hidrogen peroksida 3% dalam mangkuk.
2. Tambahkan 1 sendok makan gliserin dan aduk rata.
3. Gosokkan pada kuku dengan menggunakan bola kapas yang dilumuri dengan campuran ini.
4. Tunggu 10 menit, lalu bilas dengan menggunakan air suam-suam kuku.
5. Lakukan 2 atau 3 kali seminggu.