≡ Menu
werno-werno.com

Manfaat Istimewa Bunga Pukul Delapan

Bunga pukul delapan pada umumnya tumbuh berkelompok. Tumbuhan yang berasal dari Hindia Barat ini bisa ditemukan pada ketinggian 10-250 m dpl, di tempat-tempat yang sering terkena sinar matahari langsung atau tempat yang sedikit terlindung.

Tanaman berbentuk tegak dengan akar pena yang panjangnya 0.3-0.8 m ini memiliki daun tunggal, berbentuk bulat telur elips, pangkalnya berbentuk baji, ujungnya runcing, tepi bergerigi kasar, tulang daunnya menyirip, mempunyai kelenjar, panjang 2-7 cm serta lebarnya 1-4 cm.

Bunganya mekar setiap sekitar pukul 8 pagi dan akan layu sekitar pukul 12 siang. Itulah sebabnya mengapa tanaman herbal yang satu ini dinamakan dengan bunga pukul delapan. Mahkota bunganya berbentuk bulat telur sungsang, pangkalnya berwarna cokelat, dan kuning muda diatasnya, serta terpuntir pada saat masih kuncup. Untuk buahnya, bentuknya telur lebar dengan biji lebih dari 30. tanaman ini bisa diperbanyak melalui bijinya.

Turnera ulmifolia merupakan spesies tanaman yang mirip dengan Turnera Subulata (keduanya sama-sama dikenal sebagai bunga pukul delapan), hanya saja turnera subulata mempunyai bunga yang berwarna putih dan mempunyai ukuran daun yang lebih kecil dibanding dengan daun dari Turnera ulmofilia.

Tanaman bunga pukul delapan memiliki sifat antiradang, peluruh kencing, dan penghilang rasa sakit. Pada sebagian penderita asam urat yang mengkonsumsi bunga pukul delapan sebagai obat, akan timbul rasa sakit yang berangsur-angsur berkurang seiring dengan turunnya kandungan asam urat dalam darah yang terbuang bersama urin.

Berikut ini adalah panduan cara meramu herbal bunga pukul delapan :

Sediakan 5 potong akar kering bunga pukul delapan sepanjang 5-7 cm. Rebus akar kering tadi dengan 3 gelas air dalam kuali tanah sampai mendidih. Tunggu hingga air tersisa separuh bagian (1.5 gelas). Dinginkan, lalu saring air rebusannya. Minum air rebusan 3 kali sehari masing-masing ½ gelas 1 jam sebelum makan. Lakukan pengobatan secara teratur sampai sembuh.

Catatan : wanita hamil tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi bunga pukul delapan karena dapat berdampak buruk pada janin yang dikandungnya..

1 comment… add one

Leave a Comment