Manfaat & Jenis-jenis Serum Untuk Wajah

by Ummi on September 24, 2015

Animo masyarakat untuk menggunakan serum sebagai salah satu produk perawatan wajah saat ini semakin berkembang pesat. Coba saja kamu buka blog kecantikan, majalah, atau review produk kecantikan, pasti kamu akan melihat bahwa salah satu jenis produk perawatan kulit yang wajib kamu punya selain pembersih dan pelembab adalah serum. Namun, apakah kamu tahu, apa sih yang dimaksud dengan serum itu? Dan apakah serum bisa bermanfaat bagi kulitmu? Berikut akan kami ulas secara lengkap tentang manfaat, jenis, dan contoh produk serum yang harus kamu tahu.

manfaat serum wajah

Manfaat serum

Berhubung orang-orang kini menjadi lebih pandai tentang rutinitas perawatan kulit mereka, menggunakan beberapa lapis perawatan kini sudah semakin lazim terjadi. Dengan menggunakan serum, orang akan menjadi lebih mampu mengintensifkan kekuatan rejimen perawatan kulit mereka atau melengkapi bahan-bahan yang mereka terapkan pada kulit wajah mereka guna memberikan pendekatan yang lebih komprehensif untuk anti-aging dan hidrasi.

Ini dikarenakan serum biasanya diformulasikan dengan konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi , sehingga hanya dengan beberapa tetes serum saja sudah memadai untuk mencakup seluruh bagian wajah. Teksturnya juga biasanya lebih ringan daripada pelembab, sehingga memungkinkan untuk digunakan sebagai produk tersendiri (tanpa harus disertai pelembab) bagi seseorang yang memiliki kulit yang lebih berminyak, atau digunakan dibawah pelembab bagi seseorang dengan kulit wajah yang normal atau kering.

Cara penggunaan

Serum sebaiknya digunakan sebanyak dua kali sehari. Serum adalah produk pertama yang sebaiknya kamu terapkan di kulit wajah setelah membersihkan wajah dan menggunakan penyegar (cleansing dan toning). Tabir surya sebaiknya juga diterapkan diatas lapisan serum di pagi hari, sedangkan pelembab yang tepat sesuai dengan jenis kulit sebaiknya digunakan diatas serum pada malam hari. Terapkan serum dengan menggunakan satu atau dua jari saja (untuk menghindari menyia-nyiakan serum jika menggunakan seluruh telapak tangan), lalu pijatkan secara merata ke seluruh kulit.

Jenis-jenis serum

Setelah kamu mengetahui tentang manfaat dan cara pengaplikasian serum, maka kini giliran kamu tahu produk mana yang harus kamu pilih? Jawabannya, sebenarnya itu tergantung pada sasaranmu. Ada beberapa jenis serum yang berbeda. Karena, baik dilihat dari segi bahan aktif yang dikandungnya atau tekstur dari sebuah produk serum, masing-masing bisa memberikan fungsi dan manfaat yang berbeda.

Serum yang diformulasikan dengan bahan dasar air cenderung akan lebih sesuai untuk kamu yang memiliki kulit wajah berminyak. Sedangkan serum dengan tekstur yang lebih kaya, atau diformulasikan dengan bahan dasar minyak, cenderung akan bekerja dengan baik bagi orang yang berkulit kering. Meski begitu, pada dasarnya bahan aktif yang benar-benar mendefinisikan serum meliputi enam kategori utama, yakni antioksidan, peptida, retinol, faktor penumbuh, alpha dan beta hydroxy acid, serta ekstrak tumbuhan yang unik.

Berikut adalah jenis-jenis serum berdasarkan fungsinya :

Untuk meratakan warna kulit dan mengurangi kerutan :

Serum yang kaya antioksidan (seperti serum yang kaya vitamin C) cenderung bekerja untuk mencegah ketegangan oksidatif akibat polusi dan radiasi sinar UV yang biasanya kita hadapi sepanjang siang hari, sehingga membuatnya ideal untuk pengaplikasian dibawah lapisan tabir surya di pagi hari. Serum multifungsi ini bekerja untuk melindungi kulit serta memperbaiki warna kulit yang tidak merata dan mengurangi jumlah dan kedalaman kerutan wajah seperti produk Obagi Professional-C Serum.

Untuk mengencangkan kulit :

Serum yang kaya peptida bisa membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin serta mengembalikan kembali kekencangan kulit, seperti produk  L’Oréal RevitaLift Triple Power Concentrated Serum.

Untuk mencerahkan dan meregenerasi kulit :

Serum yang diformulasikan dengan retinol bisa membantu akselerasi (percepatan) pergantian sel kulit yang baru dan bisa mencerahkan kulit wajah, sehingga membuatnya tampak lebih bercahaya dan halus. Namun, kamu harus hati-hati untuk tidak menggunakan serum ini secara berlebihan, karena mereka memiliki kecenderungan bisa mengiritasi kulit jika digunakan secara berlebihan. Contoh produk serum pencerah wajah  Garnier Ultra-Lift 2-in-1 Wrinkle Reducer Serum + Moisturizer.

Untuk meremajakan kulit sepanjang malam :

Yang terakhir, serum yang kaya minyak esensial dan asam lemak Omega-3, bisa membantu kulit untuk memperbaiki dirinya sendiri semalaman dan memastikan bahwa fungsi penghalang kulit bisa bekerja dengan optimal. Contoh produk serum untuk fungsi ini adalah Kiehl’s Midnight Recovery Concentrate.