Manfaat Jeruk Nipis

by Siti Eka Kurniyati on December 2, 2015

Jeruk nipis merupakan salah satu jenis dari varian jeruk yang berukuran kecil dan berwarna hijau. Biasanya buah ini dimanfaatkn untuk menambahkan rasa asam dan segar pada masakan, juga sering dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis pada daging atau ikan.

khasiat jeruk nipisSelain untuk bumbu dapur sebenarnya jeruk nipis punya berbagai manfaat untuk kecantikan maupun kesehatan. Kandungan lemaknya yang bebas kolesterol bagus bagi tubuh, juga kaya akan flavonoid yang merupakan antioksidan ampuh untuk kita. Seperti varian jeruk yang lain, jeruk nipis juga banyak mengandung vitamin C yang memiliki berbagai manfaat untuk tubuh kita. Selain kandungan yang telah disebutkan, jeruk nipis memiliki berbagai kandungan lain seperti Vitamin A, vitamin B, magnesium, fosfor, kalium, tembaga serta asam sitrat. Nah, setelah kita mengetahui berbagai kandungan yang terdapat pada jeruk nipis, sekarang kita akan membahas manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan manfaat jeruk nipis untuk kecantikan berikut ini.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

  • Diabetes. Jeruk nipis juga jenis jeruk lainnya diklaim sebagai buah yang bagus bagi penderita diabetes. Ini karena jeruk nipis memiliki serat larut yang tinggi yang bisa membantu penyerapan gula ke aliran darah dan mencegah lonjakan gula darah yang bisa berbahaya bagi penderita diabetes. (baca : pengertian diabetes)
  • Pernahkan kamu menghirup aroma jeruk nipis, bau dari rasa asam membuat air liur kita seakan keluar lebih banyak. Rasanya yang asam juga tentu membuat air liurmu menetes bukan? dan hal ini bagus untuk membantu pencernaan.
  • Jeruk nipis juga bisa berguna untuk membantu meningkatkan system imun tubuh kita karena kandungan vitamin C nya yang merupakan antioksidan bagi tubuh.
  • Salah satu manfaat jeruk nipis yang lainnya adalah mencegah sembelit. Itu karena buah ini mengandung asam sitrat yang mampu membersihkan saluran pencernaan, juga membuat system pencernaan lebih aktif dengan merangsang gerakan peristaltic pada tenggorokan. (baca : obat sembelit)
  • Kamu bisa membuat infused water dengan cara menambahkan irisan jeruk nipis ke air putih yang kamu minum. Hal ini bisa menjadi detoksifikasi alami bagimu.
  • *Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

    Page: 1 2