Manfaat Kakao

by Ummi on August 1, 2017

Bisa dibilang, Kakao adalah pohon kecil yang biasa tumbuh di Amerika Selatan yang dianggap sebagai pohon termanis di dunia karena buahnya menciptakan makanan pokok yang paling diminati di dunia, yakni coklat. Kata “kakao” sendiri ditemukan oleh suku Aztec yang pertama kali menyiapkan minuman kakao bernama ‘cacahuatl’, yang bahannya terdiri dari air, kakao, vanila, jagung, cabai dan garam. Kacang kakao dianggap oleh suku Aztec sebagai hadiah suci para dewa. Biji kakao sangat dihargai sehingga bisa digunakan sebagai mata uang.

khasiat kakao

Ketika orang-orang Indian berdagang dengan para conquistador Spanyol, rahasia minuman yang mantap itu menjadi terkenal di Eropa. Kemudian, orang Eropa mulai menanam pohon kakao di koloni Eropa. Biji kakao pun digunakan untuk pembuatan bubuk kakao dan mentega kakao, yang digunakan dalam memasak, wewangian, tata rias dan bahkan obat-obatan. Ingin tahu apa saja manfaat menakjubkan dari kakao? Simak ulasannya berikut ini :

Memperlambat penuaan

Salah satu khasiat biji kakao yang paling menakjubkan adalah kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan ini adalah flavonoid yang bertanggung jawab untuk melawan dan mencegah kerusakan radikal bebas. Kekuatan biji kakao yang luar biasa dapat memperlambat penuaan dan secara signifikan memperkuat kekebalan tubuhmu. Kakao sangat bagus untuk kulit Anda karena antioksidan yang terkandung di dalamnya meningkatkan perlindungan kolagen. Biji kakao mentah mengandung lebih dari 320 macam antioksidan. Tidak ada produk lain di dunia ini yang bisa dibandingkan dengannya.

Penuh Magnesium untuk Jantung & Otak yang Sehat

Kakao mentah organik juga merupakan salah satu sumber magnesium berbasis tanaman tertinggi, mineral yang paling kurang dimiliki oleh banyak orang. Magnesium penting untuk jantung yang sehat, dan membantu mengubah glukosa menjadi energi yang memungkinkan otak Anda bekerja dengan kejernihan dan fokus laser yang tajam. Ini bisa menjadi alasan mengapa kamu bisa beralih ke sebatang cokelat selama begadang di meja kerjamu!

Memiliki kandungan kalsium yang lebih banyak daripada susu sapi

Kakao mentah organik memiliki lebih banyak kalsium daripada susu sapi. Percayakah kamu ? bahwa di setiap 100g kakao, mengandung kalsium 160mg vs hanya 125mg kalsium di tiap 100 ml susu. Maka, inilah waktunya untuk mengganti trim latte dengan beberapa kotak cokelat mentah bebas susu.

Sumber antioksidan kuat

Cokelat mentah juga mengandung polifenol, yang merupakan salah satu antioksidan paling kuat dan memiliki kemampuan untuk memecah lemak dan mengurangi risiko pengembangan aterosklerosis dan penyakit kardiovaskular. Efek anti-oksidatif polifenol jauh lebih kuat daripada antioksidan yang paling umum seperti vitamin C dan E.

Sebuah peningkat mood dan Anti-Depressant alami

Kakao adalah sumber besar dari empat bahan kimia kebahagiaan yang terbukti secara ilmiah, yakni serotonin, dopamin, anandamida dan feniletilamin. Neurotransmiter ini terkait dengan perasaan nyaman, bahagia, dan bahkan dapat meringankan depresi. Jadi, cara alami, sehat, lezat (dan legal) untuk mendapatkan buzz bahagiamu adalah kakao.

Untuk mendapatkan semua manfaat kesehatan kakao dan kekuatan anti penuaan yang luar biasa, Anda harus mengkonsumsi biji kakao yang masih mentah (belum diolah). Kamu juga bisa menggunakan bubuk kakao atau biji kakao. Dan tentu saja, juga bisa dengan makan cokelat organik pekat dengan setidaknya 70% kandungan kakao.