Manfaat Kefir Untuk Kesehatan

by Ummi on July 30, 2017

Saat ini, penggunaan kefir semakin populer di kalangan masyarakat. Tingginya kandungan nutrisi dan probiotik dalam kefir, sangat bermanfaat bagi pencernaan dan kesehatan usus. Banyak orang menganggapnya lebih sehat dan lebih bertenaga daripada yogurt. Lalu, apa sih pengertian dari kefir itu? Apa manfaat kefir bagi kesehatan? Penasaran? Simak ulasan lengkapnya berikut ini

manfaat kefir

Apa itu Kefir?

Kefir adalah minuman bertekstur creamy yang berkultur, dan menjadi salah satu makanan probiotik paling manjur yang tersedia. Ini mengandung ragi yang bermanfaat dan bakteri probiotik, membuatnya lebih efektif untuk kesehatan usus daripada probiotik sederhana atau yogurt.

Kefir telah digunakan selama ratusan tahun di Eropa dan Asia untuk menyembuhkan kondisi kesehatan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Saat ini, kefir telah mengalami kenaikan popularitas dan dapat dibeli di banyak toko kelontong dan sebagian besar toko makanan kesehatan.

Bila menyangkut perbandingan kefir vs yogurt, rasanya sebenarnya sangat mirip. Susu kefir adalah minuman creamy, yang mirip yogurt, namun dengan rasa yang lebih tajam. Bahan yang berbeda bisa ditambahkan ke dalam kefir untuk mempermanisnya.

Kandungan gizi kefir

Apakah kefir baik untukmu, selain dari bakteri dan ragi yang menguntungkan? Jawabannya iya. Kefir mengandung sejumlah besar vitamin, mineral, dan nutrisi. Ini adalah sumber yang baik dari vitamin B12, vitamin K2, dan biotin, serta kalsium, magnesium, dan fosfor. Kefir juga rendah kalori, kolesterol, gula, dan lemak, menjadikannya salah satu minuman sehat yang bisa kamu dapatkan. Dibandingkan dengan jus, kefir memiliki lebih sedikit gula, dan dibandingkan dengan kebanyakan produk susu, lemaknya jauh lebih sedikit.

Tapi bukan vitamin dan mineral yang menjadi daya tarik utama kefir. Sebaliknya, yang menjadi daya tarik utama adalah bakteri probiotik dan ragi yang bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatan kefir. Probiotik kadang mengandung sedikitnya satu miliar unit pembentuk koloni (CFU) di setiap kapsul. Dengan kefir, bisa ada ratusan miliar CFU di setiap gelas, yang membuatnya jauh lebih manjur.

Jenis-jenis Kefir

Jika kamu siap untuk mencoba probiotik kefir, maka kamu harus memilih jenis kefir yang kamu inginkan. Tidak ada satu definisi tunggal untuk kefir, tapi dua jenis kefir yang berbeda dan kemudian beberapa variasi di dalamnya, biasanya tergantung dari jenis susu yang kamu gunakan.

Susu kefir

Apa itu susu kefir? Ini adalah bentuk kefir yang paling populer dan umum. Susu kefir adalah minuman kental yang dibuat dengan cara memfermentasi susu dengan biji kefir yang terdiri dari bakteri asam laktat, ragi dan polisakarida. Butir kefir akan membudidayakan susu, menyuntiknya dengan organisme sehat. Hasilnya adalah minuman tajam dan sedikit effervescent yang serupa dengan yogurt yang mendukung kesehatan yang sehat dan menawarkan banyak manfaat kesehatan lainnya. Jenis kefir ini bisa dibuat dengan susu sapi, susu kambing, susu domba, atau bahkan santan. Beberapa merek akan menambahkan rasa, seperti vanila atau buah berry.

Air Kefir

Jika kamu bertanya-tanya apa itu air kefir, itu sama dengan susu kefir tapi dibuat menggunakan air gula, air kelapa, atau jus buah. Air Kefir memiliki rasa yang lebih ringan dibanding susu kefir. Ini juga tidak begitu creamy, dengan konsistensi seperti soda. Meski memiliki perbedaan, air kefir memiliki manfaat kesehatan yang sama dengan susu kefir.

Manfaat Kefir untuk Kesehatan

Apakah kefir baik untuk anda? Kefir memiliki beberapa manfaat luar biasa yang menjadikannya salah satu makanan tersehat yang tersedia. Berikut adalah beberapa manfaat dari kefir bagi kesehatan :

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kefir penuh dengan ragi bermanfaat dan bakteri probiotik yang baik yang dapat memberi dampak positif pada kesehatan pencernaanmu. Probiotik adalah salah satu cara yang paling efektif untuk memperbaiki pencernaan, dan kefir penuh dengan bakteri yang lebih baik daripada hampir semua merek probiotik terkemuka. Kefir telah dikenal sebagai pengobatan yang efektif untuk sindrom iritasi usus besar, penyakit radang usus, dan kondisi pencernaan kronis lainnya serta diare, konstipasi, kembung, dan gas. Banyak gangguan pencernaan timbul dari melimpahnya bakteri jahat di usus, sehingga menambahkan bakteri baik dari kefir bisa mengurangi atau bahkan menyembuhkan masalahnya.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kefir juga dapat memiliki efek positif pada sistem kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan patogen berbahaya. Salah satu studi menemukan bahwa probiotik dapat menghilangkan infeksi dan mengatasi gejalanya. Minum kefir bisa menjadi cara yang efektif untuk membantu tubuh melawan virus, bakteri, dan penyakit lainnya.

Melawan Bakteri Berbahaya

Ada banyak jenis bakteri berbahaya yang bisa masuk ke dalam usus; Melalui keracunan makanan atau infeksi kronis, misalnya. Beberapa dari infeksi bakteri ini bahkan bisa mengancam nyawa, seperti Helicobacter pylori atau Salmonella. Kefir mengandung strain probiotik unik yang dapat mencegah pertumbuhan Salmonella, H. pylori, dan E. coli.

Melawan Kanker

Penelitian telah menemukan bahwa makanan fermentasi dapat membantu melawan kanker. Makanan fermentasi dapat menghambat pertumbuhan tumor kanker, mengurangi senyawa karsinogenik, dan bahkan membunuh beberapa tumor pada penelitian hewan. Salah satu studi menemukan bahwa konsumsi rutin kefir dapat membantu menghentikan pertumbuhan kanker payudara.

Meningkatkan kepadatan tulang

Studi juga menemukan bahwa mengkonsumsi kefir dapat memperbaiki kepadatan tulang, menjadikan kefir sebagai pilihan efektif untuk membantu mengelola dan mengobati osteoporosis. Kefir tidak hanya mengandung banyak nutrisi dan mineral yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang yang baik (seperti kalsium, magnesium, dan vitamin K2), namun probiotik di kefir juga meningkatkan penyerapan dari nutrisi-nutrisi ini.

Mengurangi Alergi

Percaya atau tidak, kefir sebenarnya bisa membantu menghentikan alergi atau asma Anda; Penelitian telah menemukan bahwa kefir memiliki manfaat positif bagi keduanya. Hal ini dapat mengurangi penanda peradangan di tubuh, yang menyebabkan pengurangan gejala alergi.

Membantu proses detoksifikasi

Toksin lingkungan, begitu pula toksin dalam yang ditemukan makanan, dapat meningkatkan risiko kanker, menyebabkan banyak efek kesehatan, dan secara harfiah mengubah DNA. Bakteri di kefir dapat membantu mendetoksifikasi tubuhmu, dengan mengikat (yang mana itu bisa membunuh) racun-racun ini.