Manfaat Kembang Kol

by Ummi on April 18, 2017

Kembang kol atau juga biasa disebut bunga kol adalah salah satu jenis sayuran yang sangat menyehatkan yang menjadi sumber dari berbagai nutrisi penting. Sayuran yang biasa diolah menjadi sup atau tumisan ini juga mengandung senyawa unik yang dapat mengurangi resiko beberapa penyakit, termasuk penyakit jantung dan kanker. Ingin tahu apa saja manfaat dari bunga kol ? simak ulasannya berikut ini :

manfaat kembang kol

Mengandung banyak nutrisi

Bunga kol sangat rendah kandungan kalorinya, namun tinggi vitamin. Faktanya, bunga kol mengandung hampir setiap jenis vitamin dan mineral yang kamu butuhkan. Berikut adalah daftar nutrisi yang terkandung dalam setiap 128 gram bunga kol :

  • Calories: 25
  • Fiber: 3 grams
  • Vitamin C: 77% dari asupan harian yang dianjurkan
  • Vitamin K: 20% dari asupan harian yang dianjurkan
  • Vitamin B6: 11% dari asupan harian yang dianjurkan
  • Folate: 14% dari asupan harian yang dianjurkan
  • Pantothenic acid: 7% dari asupan harian yang dianjurkan
  • Potassium: 9% dari asupan harian yang dianjurkan
  • Manganese: 8% dari asupan harian yang dianjurkan
  • Magnesium: 4% dari asupan harian yang dianjurkan
  • Phosphorus: 4% dari asupan harian yang dianjurkan

Tinggi serat

Bunga kol cukup tinggi akan serat, yang bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Ada kandungan 3% serat dalam satu cangkir bunga kol, yang merupakan 10% dari kebutuhan serat harian. Serat penting bagi tubuh karena itu menjadi makanan bagi bakteri baik dalam usus yang membantu mengurangi inflamasi dan mempromosikan kesehatan pencernaan.

Mengkonsumsi cukup serat dapat membantu mencegah masalah pencernaan seperti sembelit, diverticulitis, dan penyakit radang usus. Selain itu, beberapa studi menunjukkan bahwa diet sayuran kaya serat seperti bunga kol terkait dengan penurunan resiko beberapa penyakit, termasuk penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Serat juga memainkan peran penting dalam pencegahan obesitas, berkat kemampuannya mempromosikan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori.

Sumber antioksidan yang baik

Bunga kol adalah sumber antioksidan yang baik, yang akan melindungi sel-sel tubuhmu dari radikal bebas dan inflamasi yang berbahaya. Hampir sama dengan sayuran jenis kubis-kubisan yang lain, bunga kol juga tinggi akan glucosinolates dan isothiocyanates, dua antioksidan yang telah terbukti mampu memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Dalam studi tabung, glucosinolates dan isothiocyanates telah terbukti menjadi sangat protektif terhadap kanker usus besar, paru-paru, payudara dan prostat . Kembang kol mengandung antioksidan karotenoid dan flavonoid juga, yang memiliki efek anti-kanker dan dapat mengurangi risiko beberapa penyakit lainnya, termasuk penyakit jantung. Terlebih lagi, kembang kol mengandung jumlah tinggi vitamin C, yang bertindak sebagai antioksidan. Hal ini terkenal untuk efek anti-inflamasi yang dapat meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

Membantu menurunkan berat badan

Kembang kol memiliki beberapa khasiat yang dapat membantu dengan penurunan berat badan. Pertama, kembang kol rendah kalori dengan hanya 25 kalori per cangkirnya, sehingga kamu bisa makan banyak tanpa khawatir akan mengalami kenaikan berat badan. Sayuran ini juga dapat berfungsi sebagai pengganti rendah kalori untuk makanan yang berkalori tinggi, seperti beras dan tepung.

Sebagai sumber serat yang baik, kembang kol bisa memperlambat pencernaan dan meningkatkan perasaan kenyang. Hal ini dapat secara otomatis mengurangi jumlah kalori yang kamu makan sepanjang hari, yang merupakan faktor penting dalam mengontrol berat badan. Kadar air yang tinggi merupakan aspek penurunan berat badan yang ramah lainnya dari kembang kol. Bahkan, 92% dari berat kembang kol terdiri dari air. Mengkonsumsi banyak makanan yang rendah kalori dan padat air dikaitkan dengan penurunan berat badan.

Tinggi kolin

Kembang kol tinggi akan kolin, nutrisi penting yang banyak orang kekurangan akan hal itu. Satu cangkir kembang kol mengandung 45 mg kolin, yaitu sekitar 11% dari asupan yang memadai untuk wanita dan 8% untuk laki-laki. Kolin memiliki beberapa fungsi penting dalam tubuh. Diantaranya, kolin memainkan peran utama dalam menjaga integritas membran sel, sintesis DNA dan mendukung metabolisme.

Kolin juga terlibat dalam perkembangan otak dan produksi neurotransmitter yang diperlukan untuk sistem saraf yang sehat. Terlebih lagi, membantu mencegah kolesterol dari terakumulasi di hati. Mereka yang tidak mengkonsumsi cukup kolin mungkin memiliki risiko lebih tinggi mengalami penyakit hati dan jantung, selain gangguan neurologis seperti demensia dan Alzheimer. Tidak banyak makanan mengandung kolin. Kembang kol, bersama dengan brokoli, adalah salah satu sumber nabati terbaik dari kolin.

Kaya sulforaphane

Kembang kol mengandung sulforaphane, sebuah antioksidan yang telah dipelajari secara ekstensif. Banyak penelitian tabung dan hewan telah menemukan sulforaphane akan sangat membantu untuk menekan perkembangan kanker dengan menghambat enzim yang terlibat dalam kanker dan pertumbuhan tumor .

Menurut beberapa penelitian, sulforaphane juga mungkin memiliki potensi untuk menghentikan pertumbuhan kanker dengan menghancurkan sel-sel yang sudah rusak. Sulforaphane tampaknya paling protektif terhadap kanker usus besar dan prostat tetapi juga telah dipelajari untuk efeknya pada banyak kanker lain, seperti payudara, leukemia, pankreas dan melanoma.

Penelitian menunjukkan bahwa sulforaphane juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga arteri sehat, yang keduanya menjadi faktor utama dalam mencegah penyakit jantung. Akhirnya, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa sulforaphane juga mungkin memainkan peran dalam pencegahan diabetes dan mengurangi risiko komplikasi diabetes yang diinduksi, seperti penyakit ginjal. Meski penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan sejauh mana efek sulforaphane pada manusia, manfaat kesehatan potensialnya cukup menjanjikan.

Rendah karbohidrat

Kembang kol adalah sangat fleksibel dan dapat digunakan untuk menggantikan biji-bijian dan kacang-kacangan dalam dietmu. Tidak hanya ini cara yang fantastis untuk meningkatkan asupan sayuranmu, tetapi juga sangat membantu bagi mereka yang mengikuti diet rendah karbohidrat. Hal ini karena kembang kol secara signifikan lebih rendah karbohidratnya daripada biji-bijian dan kacang-kacangan. Sebagai contoh, secangkir kembang kol mengandung 5 gram karbohidrat. Pada saat yang sama, secangkir beras mengandung 45 gram karbohidrat – sembilan kali jumlah kembang kol.