Manfaat & Khasiat buah Delima

by Ummi on March 26, 2016

Buah delima atau yang lebih populer disebut dengan pomegranate sangat terkenal sekali di kawasan Timur Tengah, India, dan Negara Asia yang lain, termasuk Indonesia. Namun begitu, buah ini kini juga semakin booming di seluruh penjuru dunia, berkat banyaknya manfaat kesehatan yang dimilikinya serta kaya akan kandungan gizi.

Delima adalah sumber yang sangat bagus untuk diet serat begitu juga dengan vitamin C, K, dan beberapa vitamin B. Nutrisi lain yang terdapat dalam delima diantaranya adalah zat besi, magnesium, fosfor, potassium, asam folat, mangan, selenium, dan seng (zinc). Buah ini juga merupakan sumber yang baik dari asam lemak Omega-6. Jadi, tak heran, jika kini makin marak beredar berbagai merek minuman maupun suplemen yang menjadikan delima sebagai bahan utamanya.

manfaat buah delima

Aril (polong biji buah delima yang bisa dimakan), begitu juga dengan kulit buahnya, memiliki banyak manfaat medis berkat kandungan antioksidan yang ada didalamnya, seperti polifenol, tannin, flavonoid, dan anthocyanin. Mereka juga memiliki khasiat anti virus, anti tumor, dan anti inflamasi. Dan berhubung delima juga relative rendah kalori, maka buah ini juga bisa dinikmati oleh siapa saja yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Aril atau polong bijinya bisa dimakan langsung atau dibuat sebagai jus. Jusnya akan memiliki rasa asam yang sangat khas. Aril nya juga bisa ditambahkan ke dalam sup, hidangan yang gurih, smoothies, atau makanan penutup. Bijinya juga bisa diolah menjadi minyak, yang juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan dan kecantikan.

Ingin tahu apa saja manfaat & khasiat buat delima bagi kesehatan? Berikut adalah ulasan lengkapnya ;

Sehat bagi jantung

Pomegranate sangatlah bagus bagi jantungmu. Delima bisa membantu meningkatkan aliran darah ke jantung dan membersihkan pembuluh darah yang tersumbat. Mereka menawarkan manfaat anti-atherogenic dan mengurangi pertumbuhan formasi plak, berkat kandungan polifenolnya yang kaya.

Faktanya, menurut sebuah pemelitian di tahun 2005 yang digelar oleh University of Naples di Italia, menemukan bahwa jus delima hitam bisa membantu dalam pencegahan dan pengobatan atherosclerosis. Selain itu, penelitian yang diterbitkan di British Journal of Nutrition tahun 2010 menemukan bahwa meminum ekstrak minyak biji delima sebanyak 800 mg bisa membantu mengurangi kadar triglesirida dan menaikkan rasio kadar kolesterol baik (HDL). Jadi, untuk meningkatkan kesehatan jantungmu, minumlah 1 gelas jus delima segar setiap hari, atau 1 hingga 2 cup minyak biji delima.

Mengatur tekanan darah

Delima juga sangat bagus bagi orang yang sedang mengalami masalah tekanan darah tinggi (hipertensi). Kandungan antioksidannya yang tinggi, yakni vitamin C dan polifenol mampu merangsang produksi oksida nitrat, yang bisa menjaga darah tetap mengalir dan arteri tetap terbuka. Mereka juga bahkan bisa mengurangi pembentukan plak yang sudah ada di arteri, yang nantinya juga bisa mengurangi resiko terkena stroke dan serangan jantung. Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Complementary Therapies mengatakan bahwa konsumsi jus delima bisa mengurangi tekanan darah sistolik.

Mengatasi nyeri sendi dan artritis

Nyeri sendi dan artritis merupakan masalah besar di kalangan para orang-orang tua, khususnya perempuan. Untuk meredakan penyakit osteoarthritis, rheumatoid arthritis dan nyeri sendi secara keseluruhan, maka sertakan buah delima ke dalam dietmu. Delima memiliki sifat anti-inflamasi serta antioksidan yang membantu menghalangi enzim yang diketahui menyebabkan kerusakan sendi serta rasa sakit dan kekakuan. Sebuah studi 2005 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition melaporkan bahwa ekstrak buah delima mengandung senyawa tertentu yang bisa memblokir enzim yang dapat menyebabkan kerusakan sendi.

• Minum segelas jus delima setiap hari. Namun, jika kamu sedang memakai obat-obatan, selalu berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu.

• Juga, campur dengan jumlah yang sama dari minyak biji delima dan minyak pelarut dan gunakan untuk memijat nyeri sendi sekali atau dua kali sehari.

Melawan gejala animea

Buah super ini bahkan juga bermanfaat bagi seseorang yang menderita animea akibat kurang zat besi. Kandunagn zat besi dari delima bisa meningkatkan jumlah sel darah merah, sehingga meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah dan mendorong aliran darah yang sehat. Plus, kandungan vitamin C yang tinggi didalamnya juga membantu tubuh dalam menyerap zat besi.

Sebuah penelitian tahun 2005 yang terbit di Lifescience Global, menyorot pada potensi peranan delima sebagai suplemen bernutrisi dalam pengelolaan animea akibat defisiensi zat besi.

• Ketika kamu menderita animea, minumlah segelas jus delima setiap hari bersamaan sarapan.
• Opsi lain adalah dengan menambahkan dua sendok teh bubuk biji delima kering ke dalam segelas susu hangat dan minum satu atau dua kali sehari.

Membantu pencegahan dan pengobatan kanker

Manfaat lain dari delima adalah perlindungan terhadap serangan kanker. Khasiat anti inflamasi dan antioksidannya menawarkan pengaruh pencegahan kanker dalam tubuh. Mereka bisa mengerahkan efek antitumor pada berbagai jenis sel kanker, terutama untuk kanker prostat, payudara, paru-paru, dan kulit.

Banyak studi yang membuktikan adanya efek positif dari delima dalam rangka pencegahan dan pengobatan kanker payudara. Sebelumnya, sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food juga menekankan pada potensi antioksidan dari kulit buah delima yang membantu mengurangi proliferasi sel dan menginduksi apoptosis pada kanker payudara.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2