≡ Menu
werno-werno.com

Manfaat & Khasiat Daun Sukun Untuk Kesehatan

Mungkin Anda kaget jika saya mengatakan daun sukun bisa dimasak dan dijadikan sebagai obat tradisional. Memang, popularitas daun sukun untuk dijadikan sebagi obat tradisional di Indonesia sepertinya masih asing sekali. Hal ini mungkin karena mereka tidak tahu betapa banyak sekali manfaat daun sukun untuk kesehatan, seperti untuk mengobati penyakit stroke, asam urat dan penyakit ginjal.

Manfaat & Khasiat Daun Sukun Untuk Kesehatan

Manfaat tersebut berdasarkan atas kandungan yang terdapat dalam daun sukun, seperti polifenol, asam sionat, quercetin, tannin, artoindosionin yang berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. Sebagian dari kandungan-kandungan ini merupakan komponen dari obat-obatan.

Selain untuk megobati penyakit yang sudah disebutkan di atas, daun sukun juga bermanfaat untuk mengobati beberapa penyakit berikut ini;

1. Penyakit jantung

Rebusan daun sukun dipercaya mampu mengobati penyakit jantung. Hal ini dikarenakan daun sukun mengandung flavonoid dan sitosterol yang berperan dalam melancarkan pembuluh darah bagi si penderita penyakit jantung. Dada berdebar tidak teratur dan terasa nyeri di dada, ada baikanya konsumsi air rebusan tersebut sebelum mengambil tindkan medis dengan pengobatan obat kimia. Karena, ciri-ciri ini adalah indikasi dari penyakit jantung.

2. Menurunkan kolesterol

Selain untuk penyakit jantung, air rebusan daun sukun juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Lakukan pengobatan dengan daun sukun ini secara rutin sampai mencapai kadar kolesterol normal. Dan yang terpenting hindari penyebab utama kolesterol tinggi.

3. Mengobati sariawan

Di Negara India, daun sukun digunakan untuk mengobati penyakit sariawan. Caranya cukup sederhana, tumbuk halus daun sukun lalu gunakan untuk mengolesi luka atau sariawan pada bibir.

Itulah beberapa manfaat daun sukun untuk kesehatan, selamat mencoba dan semoga lekas sembuh..

0 comments… add one

Leave a Comment