≡ Menu
werno-werno.com

Manfaat & Khasiat Gandarusa Untuk Kesehatan

Gandarusa, daun rusa, kisi-kisi (justicia gendarussa burm.f.) merupakan tumbuhan tropis yang biasa kita jumpai di pekarangan rumah, baik sendiri atau dijadikan sebagai pagar hidup. Gandarusa sangat mudah tumbuh dan dapat diperbanyak dengan cara stek.

Tanaman yang berupa semak ini, biasa ditanam sebagai pagar hidup, tumbuh liar di hutan, tanggul sungai atau dipelihara sebagai tanaman obat keluarga (toga). Di Jawa, tanaman ini bisa tumbuh pada ketinggian 1-500 m di atas permukaan laut. Tanamannya tumbuh tegak, tingginya bisa mencapai 2 M, memiliki banyak cabang dimulai dari dekat pangkal batang.

Manfaat & Khasiat Gandarusa Untuk Kesehatan

Cabang-cabang yang masih muda berwarna ungu gelap, dan bila sudah tua warnanya berubah menjadi cokelat mengkilat. Letak daunnya berhadap-hadapan, berupa daun tunggal yang bentuknya lanset dengan panjang 5-20 cm, lebar 1-3.5 cm, tepinya rata, ujung daun meruncing, pangkalnya berbentuk biji bertangkai pendek antara 5-7.5 mm, warna daunnya hijau gelap.

Bunganya kecil berwarna putih dan berbentuk dadu, tersusun dalam rangkaian berupa malai/ bulir yang menguncup, berambut menyebar dan keluar dari ketiak daun atau ujung tangkai. Buahnya berbentuk bulat panjang. Buah yang berbatang hitam, lebih popular daripada yang berwarna hijau.

Gandarusa memiliki efek analgetik, diuretic, dan anti-spermatozoa. Daunnya mengandung alkaloid yang berpotensi racun bagi manusia. Tumbuhan ini dilaporkan telah digunakan sebagai alat kontrasepsi pria oleh beberapa penduduk asli pulau Papua. Selain itu dapat dimanfaatkan untuk mengobati memar, patah tulang, dan asam urat. Berikut ini adalah cara meramu herbal dari gandarusa :

  • Ramuan sebagai obat oles

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 40 gram daun gandarusa segar, 30 gram daun kemangi segar, 30 gram kencur segar, 30 gram jahe merah segar, 30 gram daun encok segar. 40 gram beras. Sedangkan cara meramu: Rendam beras selama 3-4 jam. Cuci semua bahan, lalu tumbuk sampai halus dan campur dengan beras yang telah ditumbuk. Setelah semua bahan tercampur dan lembut, tempatkan dalam wadah. Oleskan ramuan pada bagian yang sakit secukupnya. Lakukan pengobatan dua kali sehari, setiap pagi dan sore.

  • Ramuan sebagai jamu

Sediakan 15-30 gram gandarusa kering atau 30-60 gram yang basah. Rebus bahan tadi dengan 3 gelas air sampai tersisa setengahnya. Minum airnya untuk satu hari..

0 comments… add one

Leave a Comment