Manfaat & Khasiat Tomat Bagi Kecantikan

by Ummi on October 6, 2014

Apakah kamu termasuk orang  yang gemar memakan tomat?  Tahukah kamu, ternyata tanaman yang bisa dikategorikan ke dalam golongan sayur ataupun buah ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat & Khasiat Tomat Bagi Kecantikan

Tomat  biasa dikonsumsi dalam bentuk jus, saus, acar, atau dimakan langsung. Namun, tomat lebih popular diolah menjadi jus dengan ditambah gula atau madu agar rasanya lebih enak. Dari segi kesehatan, tomat berkhasiat sebagai antiseptik usus, obat pencahar ringan, dan bisa menambah nafsu makan dengan cara meperbanyak produksi air liur, merangsang keluarnya enzim lambung, serta melancarkan aliran empedu yang menuju usus.

Dari segi kecantikan, tomat banyak mengandung vitamin A, vitamin C, Lycopen, dan protein lain yang bermanfaat untuk kecantikan kulit. Berikut adalah manfaat buah tomat bagi kecantikan:Tomat mampu menjadikan wajah berseri dan cerah

Jika kamu ingin memiliki wajah yang tampak berseri dan cerah, maka perbanyaklah mengonsumsi jus tomat. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam tomat mampu mengubah kulit yang kusam terlihat lebih muda.

  • Tomat bermanfaat untuk mengobati jerawat

Jika kamu sedang mengalami masalah dengan timbulnya jerawat pada wajah, maka tomat merupakan solusi yang tepat. Kamu bisa meminumnya langsung dalam bentuk jus, atau dengan menjadikannya masker yang dioleskan pada wajah. Caranya, hancurkan buah tomat hingga halus, lalu gosokkan ke seluruh wajah  sambil dipijat-pijat dengan  lembut.tunggu selama kurang lebih satu jam, lalu bilas hingga bersih. Perlu diketahui, untuk mengatasi jerawat dengan tomat, tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Perlu kesabaran dan ketelatenan sampai hasilnya terlihat. Dan tentunya anda juga harus menghindari hal-hal yang menjadi penyebab munculnya jerawat.

  • Tomat mampu mengatasi iritasi kulit

Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif dan sering merasa  gatal-gatal dan kemerahan karena iritasi, maka rajinlah mengonsumsi jus tomat. Selain itu, tomat juga mampu mengatur tingkat keasaman kulit (pH) agar selalu dalam kondisi normal..