Manfaat Kopi Bagi Kecantikan

by Ummi on February 5, 2016

Kopi bisa memberikan kita efek pembangkit tenaga yang mengagumkan. Meminum secangkir kopi di waktu kita sedang tidak kuat menahan kantuk, langsung membuat mata kita menjadi ‘melek’ kembali. Namun meski begitu, banyak juga anggapan yang menyatakan tentang bahaya kafein bagi kesehatan, dan sangat disarankan agar kita bisa membatasi konsumsi kopi harian kita. Namun tahukah kamu? Dibalik efek negatif kafein yang ditimbulkan kopi, sebenarnya terdapat banyak sekali manfaat kopi bagi kecantikan, terutama untuk kulit dan rambut. Hal ini karena, biji kopi sangat kaya akan kandungan kafein dan polifenol, yang merupakan antioksidan potensial. Saat dioleskan di permukaan, kopi bisa berkhasiat untuk mencerahkan kulit, mengempeskan mata bengkak, dan meredakan inflamasi. Ingin tahu lebih banyak tentang kegunaan kopi bagi kecantikan? Berikut ini akan kami ulas tentang manfaat kopi bagi kecantikan :

manfaat kopi bagi kecantikan

Mengurangi mata bengkak

Di dunia yang dipenuhi dengan deadline pekerjaan yang membuat stres, atau masalah keluarga yang rumit, membuat kebanyakan dari kita akhirnya menjadi kurang tidur, yang mana itu bisa membuat mata kita bengkak dan meninggalkan bekas kehitaman di sekitar mata. Namun tahukah kamu, kopi bisa membantu mengempeskan mata bengkakmu. Caranya, simpan endapan biji kopi dari sisa seduhan kopi pagimu, dan biarkan dingin. Lalu, terapkan endapan kopi tersebut dibawah area mata dan kelopak mata. Tunggu selama sekitar 20 menit, lalu bilas dengan menggunakan air dingin.

Mengurangi selulit

Tak peduli seberapa keras kita berolahraga, atau kita hidup sealami mungkin, selulit adalah sesuatu yang tentu diributkan setiap orang. Scrub kopi bisa sangat membantu dalam meminimalkan tampilan selulit. Gunakan scrub serbuk kopi sebagai bahan eksfoliasi, dan pijat secara perlahan untuk merangsang aliran darah, dan mengencangkan kulit.

Mewarnai rambut

Caranya, campur 1-2 sendok teh kopi bubuk dengan sedikit air hingga menjadi segenggam conditioner rambut, aduk hingga merata. Oleskan solusi ini ke seluruh kulit kepala dan rambut, dan  biarkan tetap di rambutmu paling tidak selama 10 menit untuk meningkatkan warna rambut yang berwarna coklat.

Mengelupas sel kulit mati

Tentu hal ini tidak mengejutkan. Bubuk kopi merupakan salah satu bahan alami terbaik untuk eksfoliasi dengan konsistensi yang sempurna. Ditambah lagi, bubuk kopi juga mengandung asam kafein yang bisa membantu meningkatkan produksi kolagen.

Mencerahkan kulit

Selain secangkir kopi panas bisa membangkitkan tenaga di pagi hari, kopi juga bisa menyegarkan wajahmu. Caranya, campur dua sendok makan yogurt tawar dengan satu sendok makan bubuk kopi, dan terapkan langsung ke wajah yang telah dicuci terlebih dahulu. Biarkan ramuan ini selama sekitar 15 menit, kemudian bilas. Kandungan kafein dalam kopi bisa menstimulasi peredaran darah yang bisa membuat kulit tampak lebih bercahaya dan berseri-seri.

Eksfoliasi pada kulit kepala

Tidak hanya dengan wajah dan tangan saja, namun mengeksfoliasi kulit kepala juga bisa menjadi kunci untuk membersihkan limbah produk rambut dan kulit mati dari kepala. Bubuk kopi bisa menjadi scrub yang hebat guna untuk memenuhi tujuan tersebut, dan meninggalkan kemilau rambut yang menyehatkan. Terapkan 1/3 cangkir bubuk kopi, ke kulit kepalamu yang sudah basah, pijatkan dalam gerakan memutar selama 60 detik, lalu bilas. Setelah itu, ikuti dengan penggunaan shampoo dan conditioner rambut yang biasanya.

Meningkatkan sirkulasi darah

Ada dua kata kunci untuk mendapatkan khasiat tersebut. Yakni, es batu dari kopi. Simpan kopi di kulkas hingga menjadi balok es batu, yang berkhasiat untuk meremajakan kulit dan meningkatkan sirkulasi aliran darah ke wajah untuk mendapatkan wajah yang lebih cerah dan sehat. Kamu cukup mengambil satu balok es kopi dan perlahan-lahan oleskan ke area sekitar mata, begitu juga ke struktur tulang wajah setiap pagi untuk mengurangi bengkak dan membuat wajahmu kelihatan lebih bersinar.

Melembutkan kaki

Campuran scrub bubuk kopi yang kaya antioksidan dan minyak kelapa yang bisa mengunci kelembaban, akan membuat kombnasi yang sempurna dari bahan alami untuk menghilangkan dan memperbaiki kulit yang kasar. Untuk membuatnya, campurlah 1 cup minyak kelapa murni (virgin coconut oil), ½ cup bubuk kopi pilihan, dan satu hingga dua sendok teh ekstrak vanilla, lalu campur hingga merata. Siapkan seember air hangat kemudian rendam kakimu didalamnya selama 10 menit. Sembari merendam, oleskan satu sendok teh scrub kopi ke kaki dan pijat dalam gerakan melingkar untuk mengelupas sel kulit mati. Bilas kakimu dengan air hangat dan keringkan. Kamu juga bisa bebas mengaplikasikan scrub kopi ini ke bagian tubuh yang lain.