≡ Menu
werno-werno.com

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan & Kecantikan

Selama bulan puasa, kurma biasa dijadikan sebagai menu berbuka di kalangan masyarakat Indonesia. Selain dimakan langsung dalam bentuk buah kering, kurma juga bisa disajikan dalam berbagai menu lezat lain berbahan dasar kurma seperti kue, cookies atau smoothie. Memiliki rasa manis yang alami, kurma ternyata sangat kaya akan sumber vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tak heran jika orang Islam menyebut kurma dengan sebutan ‘buah ajaib’. Berikut adalah beberapa manfaat kurma bagi kesehatan dan kecantikan kita:

manfaat kurma

Bebas kolesterol dan lemak
Kurma bebas dari jenis kolesterol apapun, dan tidak mengandung lemak dalam jumlah yang berlebihan. Jadi, jika kamu ingin mengkonsumsi makanan yang tidak bisa membuatmu gemuk, maka kamu bisa memilih kurma.

Sumber protein yang tinggi
Protein sangat dibutuhkan bagi tubuh sebagai blok pembangunan otot yang utama. Protein sangat penting agar tubuh bisa berfungsi normal.

Kaya vitamin
Kurma juga kaya akan berbagai macam vitamin seperti B1, B2, B3 dan B5 serta vit A dan C.

Penambah energi
Kandungan gula alami dan kurma, membuatnya bisa dijadikan pilihan untuk meningkatkan energi tubuh dalam waktu sekejap. Jadi, sangat pas untuk dijadikan menu takjilan saat berbuka puasa, untuk mengembalikan stamina setelah lelah seharian berpuasa.

Mengatasi sembelit (susah BAB)
Untuk mengatasi sembelit, rendam beberapa buah kurma ke dalam air, selama beberapa menit. Lalu, minum air larutan kurma ini.

Mengobati kanker perut
Berhubung kurma tidak memiliki efek samping apapun, maka sangatlah aman untuk mengkonsumsi kurma dalam makanan sehari-harimu. Kurma juga ampuh untuk membantu menyembuhkan kanker perut.

Meningkatkan gairah seksual
Kurma sudah terkenal bisa meningkatkan stamina seksual seseorang dan digunakan sebagai bahan afrodiasik sejak zaman dahulu. Cara mengkonsumsinya adalah dengan cara direndam dalam susu kambing selama semalaman.

Meningkatkan elastisitas kulit
Kurma kaya vit C, yang merupakan antioksidan kuat untuk membantu meningkatkan elastisitas kulit.

Bahan anti aging
Vit C pada kurma juga bisa membantu melawan proses oksidasi dari serangan radikal bebas. Kurma juga bisa mencegah akumulasi melanin di dalam tubuhmu, sehingga bisa mengurangi garis halus dan kerutan.

Merawat masalah kulit
Kandungan vit B yang ada di kurma juga bermanfaat untuk mengatasi beberapa masalah kulit seperti stretch mark.

Menguatkan folikel rambut
Mengkonsumsi 2-3 buah kurma setiap hari akan memperkuat folikel rambut dan membuat rambutmu tumbuh lebih kuat dan sehat.

• Mengatasi rambut rontok
Kurma mengandung zat besi yang efektif menyembuhkan anemia, dan juga mengatasi rambut rontok. Makanlah kurma kering untuk menutrisi akar rambutmu dan membuatnya lebih kuat.

0 comments… add one

Leave a Comment