Manfaat Lada Hitam

by Ummi on June 16, 2016

Lada hitam sering dijadikan sebagai salah satu bumbu utama dalam berbagai aneka macam resep makanan pedas seperti kepiting lada hitam, ayam lada hitam, daging sapi lada hitam, dan masih banyak yang lainnya. Tidak hanya memberikan sensasi rasa pedas membakar, rempah-rempah yang masuk ke dalam keluarga Piperaceae ini juga ternyata menyimpan banyak manfaat lebih dari yang kamu pikir selama ini.

manfaat lada hitam

Sebenarnya, lada hitam berasal dari satu jenis tanaman yang sama dengan lada putih, yang membedakan adalah, lada hitam di ambil dari buah lada yang belum matang dan dimasak, sedangkan lada putih di ambil dari biji buah lada yang sudah benar-benar matang. Untuk mendapatkan manfaat masksimum dari lada hitam, maka penting untuk menyimpannya dengan cara yang tepat. Sebaiknya belilah lada hitam ynag masih berupa biji utuh (bukan bubuk), dan lalu baru dihancurkan di rumah. Hal ini tidak hanya akan mempertahankan cita rasa lada hitam, namun juga akan membuatnya lebih awet. Simpan lada hitam di toples kaca kedap udara, dan simpan di tempat yang kering dan sejuk. Penasaran dengan manfaat apa saja yang ditawarkan lada hitam ? berikut adalah ulasan lengkapnya :

Mencegah kanker

Kandungan zat piperine yang ada di dalam lada hitam telah dikaitkan dengan pencegahan kanker, dan akan dua kali lipat lebih manjur jika di kombinasikan dengan kunyit. Bumbu masak ini juga mengandung vitamin C, A, flavonoid, karoten, dan bahan antioksidan lain yang akan membantu menyingkirkan radikal bebas dan melindungi tubuh dari kanker dan penyakit. Cara terbaik untuk memakan lada hitam dengan tepat guna meraup manfaat maksimalnya adalah, dengan memakannya dalam bentuk serbuk yang ditaburkan di atas makanan, dan jangan memasaknya bersamaan dengan makanan lain.

Melancarkan pencernaan

Piperine dalam lada hitam juga berguna untuk memperlancar pencernaan dan merangsang perut, yang kemudian akan membantu untuk mencerna protein dalam makanan. Jadi, dengan menambahkan sedikit lada hitam dalam makanan akan membantumu mencerna makanan lebih cepat.

Meredakan batuk pilek

Lada hitam merupakan salah satu anti bakteri alami, sehingga bisa membantu menyembuhkan batuk dan pilek. Sesendok teh madu yang dicampur dengan lada hitam bubuk akan menjadi salah satu pilihan yang menarik untuk menyembuhkan batuk dan pilek. Lada hitam ini juga membantu untuk mengurangi sesak dada, yang sering disebabkan karena polusi, flu, atau infeksi virus. Kamu dapat menambahkannya ke air panas dan minyak kayu putih dan lalu hirup uapnya. Dan mengingat bahwa lada hitam kaya akan Vitamin C, ia juga bekerja sebagai antibiotik yang baik.

Membantu menurunkan berat badan

Kamu mungkin tidak percaya, namun lada hitam sangat brilian ketika difungsikan untuk mengekstrak nutrisi dari makanan. Dan lapisan terluar lada hitam mengandung fitonutrien, yang membantu untuk memecah sel-sel lemak, dan juga meningkatkan metabolisme. Jika kamu makan lada segar, dan mulai berkeringat, maka itu tandanya lada membantu tubuhmu untuk menyingkirkan kelebihan air dan toksin. Tapi kamu perlu untuk mengontrol konsumsi lada hitam-dengan  mengkonsumsi sejumput lada hitam dengan makanan (setiap satu kali makan) itu sudah cukup.

Menghaluskan kulit

Apakah kamu tahu? Lada yang digerus merupakan salah satu bahan eksfoliator terbaik yang telah disediakan alam bagi kita. Namun meski begitu jangan langsung menggunakan hanya lada hitam saja. Tambahkan lada hitam bubuk dengan sedikit madu atau krim segar kedalamnya. Scrub lada hitam juga akan melancarkan sirkulasi darah, dan memberikan kulit lebih banyak oksigen. Menambahkan lada hitam ke dalam makanan juga bisa mengatasi kerutan.  Lada hitam juga dikenal mampu memvbantu menyembuhkan Vitiligo, sebuah kondisi dimana kulit kehilangna zat warnanya (pigmen), dan menciptakan bercak-bercak putih.

Mengatasi depresi

Konon katanya, kandungan piperine dalam lada hitam mampu membantu mengatasi depresi. Piperine akan merangsang otak dan membantu otak untuk berfungsi dengan baik dengan cara membuat otak menjadi lebih aktif.