≡ Menu
werno-werno.com

Manfaat Lengkuas Merah

Sejak zaman dulu lengkuas sudah populer di kalangan kita. Selain sebagai salah satu pelengkap bumbu dapur, lengkuas bisa digunakan sebagai obat. Namun, pada umumnya yang dijadikan obat tradisional adalah lengkuas merah. Meskipun demikian, lengkuas biasa juga tidak menutup kemungkinan dijadikan sebagai obat tradisional. Panu, perut kembung, kurap, kulit bercak merupakan sebagian penyakit yang mampu dibasmi dengan lengkuas. Selain itu lengkuas juga dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual. Mau…?

Manfaat Lengkuas Merah

Kandungan lengkuas inilah yang meyebabkan tanaman tersebut sangat bermanfaat bagi pengobatan tradisional. Menurut pakar tanaman obat, Setiawan Dalimartha, pada lengkuas merah terdapat zat-zat yang dapat merangsang semangat, mencegah ejakulasi dini, membasmi jamur, analgesik. Hanya saja penggunaannya harus sesuai dosis dan bersifat kontinyu. Jika sembarangan, lengkuas justru akan menjadi racun. Sedangkan cara meracik lengkuas untuk obat penyakit adalah sebagai berikut;

  1. Gangguan Perut (Sebah/ Kembung)

Bahan: Lengkuas merah  satu jari diiris tipis-tipis. Cara membuat: rebus dengan tiga gelas air, biarkan sekira air rebusan tersisa dua gelas. Aturan pakai: Minum pagi dan sore masing-masing satu gelas.

  1. Panu/ Jamur Pada Kulit

Bahan: rimpang lengkuas segar satu jari. Cara membuat: lengkuas tersebut dipotong miring, lalu ujungnya dipukul hingga membentuk seperti kuas cat. Kemudian gosokkan pada kulit yang terkena panu atau jamur sampai hilang.

  1. Kurap

Bahan: rimpang lengkuas empat jari, satu suing bawang putih, dan cuka. Cara membuat: kedua bahan digiling hingga halus, lalu tambahkan satu sendok makan cuka, kemudian panaskan pada api kecil. Oleskan pada bagian yang terkena kurap sampai hilang.

  1. Eksim

Bahan: satu jari rimpang lengkuas. Cara membuat: cuci bersih lengkuas, parut, tambahkan satu kapur sirih satu sendok makan, aduk sampai adonan menjadi seperti bubur. Gunakan untuk kulit yang terkena eksim, setelah merata tutup dengan kain. Ganti kain atau pembalut yang baru setelah dua jam.

  1. Bintik Hitam/ Tahi Lalat

Bahan: dua jari rimpang lengkuas dan cuka satu sendok makan. Cara membuat: lengkuas dihaluskan kemudian tambahkan cuka dan aduk hingga menjadi seperti bubur. Kemudian tempelkan padi kulit yang berbintik hitam atau pada tahi lalat. Biarkan tahi lalat mengempes untuk kemudian akan hilang sama sekali.

  1. Demam Yang Disertai Pembesaran Limpa

Bahan: dua rimpang lengkuas dan garam secukupnya. Cara membuat: cuci lengkuas kemudian diparut, peras airnya, dan ambil sebanyak satu sendok. Setelah ditambahkan sedikit garam dapur, minum hingga demam reda.

  1. Radang Telinga

Bahan: satu jari rimpang lengkuas. Cara membuat: cuci lengkuas kemudian parut, tambahkan dua sendok makan air matang, diperas lalu saring. Teteskan perasan air tersebut pada telinga yang sakit, sehari 3×2 tetes. Ulangi sampai telinga sembuh.

  1. Meningkatkan Gairah Seksual

Bahan: dua rimpang legkuas merah, dua jahe merah, 3-4 gram bubuk merica dan madu. Cara membuat: rebus semua bahan kecuali madu dengan air sebanyak empat gelas, biarkan sekira air rebusan tersisa tiga gelas. Aturan pakai: minum sehari tiga kali masing-masing satu gelas. Jangan lupa tiap satu gelas ditambahkan dengan dua sendok makan madu..

1 comment… add one
  • ternyata lengkuas merah bisa menghilangkan tahi lalat ya,,,?hehehe baru tau saya,,, nice artikel ,,,terima kasih infonya

Leave a Comment

Next post:

Previous post: