Manfaat Menakjubkan Buah Semangka

by Ummi on April 4, 2016

Siapa yang tak suka dengan buah berwarna merah menyala yang sangat menyegarkan ini? Selain memiliki rasa yang manis dan segar, semangka ternyata juga memiliki segudang manfaat kesehatan. Manfaat kesehatan yang luar biasa dari semangka, bisa mencakup untuk segala sesuatu, mulai dari otak hingga ke sel-sel yang ada di kaki.

Buah yang paling cocok untuk dinikmati saat cuaca panas dan terik ini, juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Semangka juga tentu sangat mujarab untuk menghilangkan dahaga karena kandungan airnya mencapai hingga 92% dan secara alami rendah lemak. Jadi, jadikan semangka sebagai bagian dari diet sehari-harimu dan kamu akan meraup kehebatan manfaatnya, mulai dari meningkatkan kesehatan jantung, hingga menutrisi mata dan menaikkan daya tahan tubuh. Ingin tahu lebih lengkap tentang manfaat kesehatan dari buah tropis ini? Simak ulasannya berikut ini :

manfaat semangka

Meningkatkan kesehatan jantung dan tulang

Kandungan Lycopen dalam semangka, terutama sangat penting untuk kesehatan kardiovaskular kita dan juga merupakan faktor penting untuk meningkatkan kesehatan tulang. Mengkonsumsi sejumlah besar semangka juga telah dikolerasikan dengan peningkatan fungsi kardiovaskular karena semangka meningkatkan aliran darah melalui proses vasodialsi (relaksasi tekanan darah). Pola diet dengan Lycopen (yang diambil dari makanan seperti semangka dan tomat) juga bisa mengurangi stress oksidatif yang biasanya bisa mengurangi aktivitas osteoblast dan osteoclast (dua sel tulang utama yang terlibat dalam patogenesis osteoporosis). Hal ini berarti, orang yang mengkonsumsi makanan kaya lycopene akan memiliki tulang yang semakin kuat. Semangka juga kaya akan potassium yang membantu untuk mempertahankan kandungan kalsium dalam tubuh, sehingga menghasilkan tulang dan sendi yang lebih kuat.

Mengurangi lemak tubuh

Kandungan sitrulin dalam semangka telah terbukti mampu mengurangi akumulasi lemak dalam sel-sel lemak kita. Citrulline adalah asam amino yang diubah menjadi arginin dengan bantuan dari ginjal. Ketika tubuh kita menyerap citrulline, maka tubuh dapat mengambil langkah untuk mengkonversi menjadi arginin jika di kemudian hari diperlukan. Citrulline, ketika dikonsumsi, memiliki kemampuan (melalui serangkaian langkah-langkah) untuk memblokir aktivitas TNAP (jaringan-nonspesifik alkaline phosphatase) yang membuat sel-sel lemak kita menciptakan lemak yang lebih sedikit, dan dengan demikian membantu mencegah over-akumulasi lemak tubuh.

Dukungan anti inflamasi dan antioksidan

Semangka kaya akan senyawa fenolik seperti flavonoid, karotenoid, dan triterpenoid. Karotenoid lycopene dalam semangka sangat bermanfaat dalam mengurangi peradangan dan menetralisir radikal bebas. Triterpenoid cucurbitacin E juga hadir dalam semangka, yang menyediakan dukungan anti-inflamasi dengan menghambat aktivitas enzim siklooksigenase yang biasanya menyebabkan peningkatan dukungan inflamasi. Pastikan kamu telah memilih semangka yang matang, karena mengandung jumlah yang lebih tinggi dari senyawa fenolik yang menguntungkan ini.

Dukungan diuretik dan ginjal

Semangka adalah diuretik (peluruh kencing) alami yang membantu meningkatkan aliran urin, tapi tidak menyebabkan ketegangan ginjal (seperti halnya alkohol dan kafein). Semangka membantu hati memproses amonia (limbah dari pencernaan protein) sehingga akan memperingan ketegangan pada ginjal saat menyingkirkan kelebihan cairan.

Mendukung saraf dan otot

Kaya akan kalium, semangka adalah elektrolit alami yang hebat dan dengan demikian membantu mengatur aksi saraf dan otot dalam tubuh kita. Kalium menentukan derajat dan frekuensi dengan otot-otot kita yang sedang berkontraksi, dan mengontrol eksitasi saraf dalam tubuh kita.

Membentuk alkali

Semangka memiliki efek pembentuk alkali dalam tubuh ketika sepenuhnya dalam kondisi matang. Makan banyak makanan yang bersifat pembentuk alkali (buah dan sayuran yang segar dan matang) dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit dan kondisi yang disebabkan oleh diet tinggi asam (yaitu, daging, telur dan susu).

Meningkatkan kesehatan mata

Semangka merupakan sumber luar biasa dari beta-karoten (warna merah menyala dari semangka = beta karoten) yang diubah dalam tubuh menjadi vitamin A, sehingga sangat baik untuk menyehatkan mata. Ini membantu menghasilkan pigmen di retina mata dan melindungi terhadap degenerasi makula terkait usia begitu pula mencegah rabun senja. Vitamin A juga menjaga kesehatan kulit, gigi, jaringan tulang dan lunak, dan selaput lendir.

Mendukung daya tahan tubuh, penyembuhan luka, dan mencegah kerusakan sel

Kandungan vitamin C dalam semangka ternyata sungguhlah sangat tinggi. Vitamin C sangat bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita dengan menjaga integritas redoks dari sel dan dengan demikian melindungi mereka dari spesies oksigen reaktif (yang merusak sel-sel kita dan DNA). Peran vitamin C dalam penyembuhan luka juga telah diamati dalam berbagai studi karena sangat penting untuk pembentukan jaringan ikat baru. Enzim yang terlibat dalam pembentukan kolagen (komponen utama penyembuhan luka) tidak dapat berfungsi tanpa vitamin C. Jika Anda menderita luka yang proses penyembuhannya lambat, maka tingkatkan asupan akan buah yang kaya vitamin C.