Manfaat Menakjubkan Jus Mengkudu Bagi Kesehatan

by Ummi on September 8, 2017

Jus mengkudu berasal dari buah tanaman cemara kecil yang disebut mengkudu, yang juga dikenal sebagai murbei India yang biasanya ditemukan di daerah subtropis dan tropis. Memiliki nama botani Morinda citrifolia, mengkudu termasuk dalam keluarga Rubiaceae. Sampai akhir abad ke-20, tanaman mengkudu hanya digunakan untuk mewarnai pakaian sebelum nilai terapeutiknya yang menarik mengambil posisi di garis depan pengobatan alternatif. Sejak saat itu telah dikagumi sebagai fokus pengobatan konvensional Polinesia dan disengaja sebagai penyembuh suci di kalangan orang Hawaii untuk setiap ketidakseimbangan yang masuk akal. Dalam beberapa tahun terakhir, jus mengkudu telah menjadi bagian dari diskusi dan spekulasi yang secara global berkaitan dengan karakteristik penyembuhannya yang unik. Namun, potensi terapeutiknya yang sebenarnya belum ditemukan.

manfaat mengkudu

Sejak ribuan tahun, kekuatan penyembuhan alami dari jus ini telah dihargai karena kemampuannya menjaga kesehatan kulit, meningkatkan tingkat energi dan mencegah kelemahan tubuh secara umum, mempercepat penyembuhan luka dan menguatkan sistem pertahanan tubuh. Ingin tahu lebih dalam tentang kandungan gizi dan manfaat mengkudu bagi kesehatan ? simak ulasannya berikut ini :

Kandungan gizi jus mengkudu

Jus mengkudu menawarkan gamut yang mengesankan dari vitamin, mineral, dan fitonutrien sehat lainnya. Kandungan vitamin mengkudu meliputi vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6, vitamin B12, vitamin C (asam askorbat), folat, vitamin E (alfa -tokoferol) dan beta-karoten. Kandungan mineral yang ada dalam jus mengkudu meliputi kalsium, potassium, magnesium, besi dan fosfor. Seiring dengan ini, masih ada kelimpahan zat kimia alami dan rangkaian antioksidan yang menginspirasi seperti quercetin, vanillin, pinoresinol, prokseronin, kaempferol, isoskopin, bisdemethylpinoresinol dan scopoletin yang menonjolkan keseluruhan nilai gizi jus mengkudu.

Manfaat jus mengkudu bagi kesehatan

Bertindak sebagai Agen Antioksidan

Jus mengkudu memiliki potensi anti-oksidatif yang luar biasa yang mencari oksigen radikal bebas dan menetralkan efek negatifnya. Sebuah penelitian yang dilakukan pada pasien dengan kebiasaan merokok yang berat membuat mereka rentan terhadap banyak penyakit telah menganjurkan efek perlindungan jus mengkudu dalam meningkatkan potensi penyerapan radikal bebas tubuh mereka dan memberikan bantuan dari penyakit yang disebabkan oleh stres oksidatif.

Mencegah Kanker

Kualitas anti kanker jus mengkudu telah dipercaya secara tradisional dan dianjurkan oleh sains modern. Berbagai penelitian klinis dan laboratorium telah menyarankan khasiat pencegahan kemo dari jus mengkudu dalam pencegahan berbagai jenis kanker seperti kanker paru-paru, kanker hati dan kanker ginjal karena banyaknya antioksidan yang menyembuhkan. Karena didukung oleh temuan ilmiah lain, jus mengkudu efektif dalam mengurangi risiko atribut kanker terhadap kemampuannya untuk memblokir pengikatan DNA karsinogen dan mencegah pembentukan adduct. Selanjutnya bukti telah mengungkapkan khasiat jus mengkudu dalam memperlambat pertumbuhan tumor pada kelenjar susu dengan menurunkan secara signifikan berat dan volume tumor pada subjek.

Menyembuhkan asam urat

Jus mengkudu memperluas efek terapeutiknya dalam menyembuhkan asam urat. Efektivitas jus mengkudu dalam menyembuhkan penyakit semacam itu terkait pada tindakan penghambatannya pada enzim xanthine oxidase yang terlibat dalam asam urat dan masalah yang terkait dengannya. Penelitian ilmiah juga mendukung efek kuratif jus mengkudu yang telah di praktekkan sejak dari ribuan tahun yang lalu.

Memiliki Efek Antispasmodik pada Otot

Konsumsi jus mengkudu dapat membantu menciptakan efek relaksasi pada otot. Studi penelitian telah mengungkapkan sifat antispasmodik jus noni yang mungkin terkait dengan blokade saluran kalsium yang bergantung pada tegangan dan sekresi kandungan kalsium intraselular dalam tubuh. Ini membantu dalam menekan kejang otot dan menenangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terkait.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jus mengkudu mungkin terbukti berharga dalam menjaga kesehatan kardiovaskular. Ini memberi efek melebarkan pada pembuluh darah dengan menyamankan sel otot halus di dalam dinding sel sehingga menghasilkan aliran darah yang lebih baik di arteri. Efek vasodilatasi jus mengkudu ini membantu mengatur tekanan darah dan membantu menjaga kesehatan jantung. Selanjutnya, penelitian telah menunjukkan efek positif dari jus mengkudu pada profil lipid yang sekali lagi merupakan aspek utama dalam pemeliharaan kesehatan jantung. Ini mungkin bermanfaat dalam mengurangi kadar kolesterol LDL (buruk), kadar kolesterol total, homosistein dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) di tubuh.

Meredakan Kelelahan

Jus mengkudu adalah obat yang telah terbukti dan secara tradisional digunakan oleh orang Polinesia untuk mengatasi kelemahan tubuh secara umum dan meningkatkan kualitas hidup dan tingkat energi. Berbagai penelitian dan studi klinis telah menunjukkan kualitas ergogenik jus mengkudu yang membantu dalam meningkatkan toleransi, elastisitas dan keseluruhan kinerja fisik tubuh.

Melindungi Hati (liver)

Buah mengkudu juga dikenal efektif dalam melindungi terhadap penyakit liver. Karena didukung oleh penelitian, jus mengkudu menjalankan efek perlindungan hepato pada hati yang membantu melindungi organ dari eksposur terhadap bahan kimia eksogen kronis dan bertahan melawan penyakit utama seperti kerusakan hati.

Meringankan nyeri sendi (arthritis)

Kekuatan penyembuhan jus mengkudu membawa kelegaan pada kondisi inflamasi seperti artritis. Evaluasi ilmiah telah memberikan bukti kualitatif mengenai sifat analgesik jus mengkudu yang membantu dalam mengurangi rasa sakit dan sensitivitas sehingga mengurangi kerusakan sendi yang terlibat dalam arthritis yang menyakitkan. Studi ini juga menyarankan bahwa keefektifan penyembuhan jus mengkudu setara dengan beberapa obat analgesik komersial.

Menyembuhkan gangguan memori

Jus mengkudu bisa memberikan efek perlindungan dalam menyembuhkan masalah gangguan memori. Penelitian yang dilakukan pada subyek dengan fungsi memori yang lemah menunjukkan bahwa dengan konsumsi jus mengkudu mampu mendorong aliran darah serebral dan membantu memperbaiki fungsi memori.

Mengendalikan Diabetes

Individu penderita diabetes juga bisa mendapatkan keuntungan dari kekuatan penyembuhan ekstrak mengkudu atau noni. Hal ini telah dibuktikan dengan penelitian yang telah menunjukkan keefektifan jus mengkudu sebagai ramuan alami rumahan untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2. Bukti ilmiah telah memberi kesaksian bahwa konsumsi jus mengkudu membantu mengurangi kadar hemoglobin glikosilasi, serum trigliserida dan kolesterol LDL di tubuh. Selain itu, ia bekerja untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan merangsang serapan glukosa.

Bagus untuk Perawatan kulit

Jus mengkudu dapat dianggap sebagai bantuan alami dalam kecantikan dan perawatan kulit. Studi menunjukkan bahwa jus ini kaya akan unsur kimia pelindung, antrakuinon yang memberikan efek merangsang kolagen dan mencegah pembentukan keriput pada permukaan kulit. Khasiat anti bakteri dan antiinflamasi mengkudu bekerja pada tingkat sel dan bermanfaat dalam menyembuhkan berbagai gangguan kulit termasuk jerawat, luka bakar, reaksi alergi dan gatal secara holistik. Kehadiran asam lemak esensial dan konsentrasi proliferasi komponen biokimia yang tinggi, yang merupakan pelopor xeronine alkaloid dalam jus mengkudu mendukung berfungsinya membran sel yang efisien, cenderung menormalkan sel abnormal dan membantu mengembalikan kulit menjadi muda dan sehat.

Mengobati Masalah Lambung

Jus mengkudu juga mungkin berguna melalui pengaruhnya terhadap proses pengosongan lambung dimana makanan keluar dari perut dan memasuki duodenum. Hasil dari penelitian yang dilakukan pada jus mengkudu menunjukkan bahwa fitonutrien yang ada dalam jus mengkudu menunda pengosongan lambung yang memperlambat pencernaan sehingga menyebabkan pelepasan gula dalam aliran darah menjadi lambat. Studi ini juga menunjukkan bahwa jus mengkudu merangsang pelepasan enzim pencernaan, cholecystokinin tanpa mengubah volume urin, kotoran dan transit usus.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Jus mengkudu juga sangat efektif dalam mempercepat penyembuhan luka. Studi penelitian yang mengevaluasi sifat penyembuhan luka jus mengkudu telah menunjukkan hasil positif sehubungan dengan peningkatan berat jaringan granulasi, fungsi kadar kolagen dan hidroksiprolin dan protein. Seperti disebutkan di atas, mengkudu membantu dalam mengurangi kadar gula darah dalam tubuh yang juga bisa berkorelasi dengan proses percepatan penyembuhan luka.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan yang diperkuat merupakan keuntungan lain dari jus mengkudu yang menonjolkan kredibilitasnya. Sejak dulu jus mengkudu dinilai efektif untuk memerangi infeksi dan penyakit lainnya yang berkaitan dengan keberadaan polisakarida yang berharga. Komponen bermanfaat ini merangsang aktivitas sel darah putih yang berperan penting dalam mengerahkan efek perlindungan tersebut. Scopoletin yang hadir dalam jus mengkudu memiliki khasiat anti-bakteri, antimutagenik, anti-inflamasi, antijamur dan anti-histamin yang secara signifikan berkontribusi dalam mempertahankan mekanisme pertahanan tubuh.

Perhatian :

Penelitian yang mengevaluasi keamanan dan khasiat jus mengkudu telah memberikan hasil positif mengenai konsumsi tergantung berdasarkan dosis. Namun, kasus khusus dan kekhawatiran individu memerlukan kehati-hatian untuk dieksekusi. Beberapa dari keprihatinan tersebut disebutkan di bawah ini :

Kandungan potasium yang tinggi: Jus mengkudu mengandung konsentrasi potassium yang tinggi yang dapat mengganggu berbagai obat yang digunakan untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi seperti diuretik hemat-potasium dan penghambat reseptor angiotensin. Keduanya dapat secara kolektif menghasilkan tingkat potasium dalam tubuh yang sangat tinggi sehingga menimbulkan gejala seperti mual dan aritmia jantung.

Masalah ginjal: Dengan dasar alasan yang disebutkan di atas, jus mengkudu tidak boleh dikonsumsi oleh orang-orang yang sudah mengalami masalah ginjal karena cenderung memperburuk kondisi yang ada.

Meskipun beberapa penelitian telah menganjurkan mengenai keamanan jus mengkudu, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional medis sebelum mempertimbangkannya untuk tindakan pengobatan terutama selama kondisi khusus seperti kehamilan dan menyusui. Selain itu, hati-hati sebelum mencoba sesuatu untuk pertama kalinya selalu membuat Anda lebih baik terutama bila Anda tidak mengetahui adanya reaksi alergi.