Manfaat Mengejutkan Dari Activated Charcoal (Arang Aktif)

by Ummi on June 7, 2017

Mulai dari masker yang memurnikan wajah, hingga pasta gigi pemutih gigi, activated charcoal kini semakin populer di kalangan masyarakat. Namun, apakah ‘arang’ tersebut benar-benar ampuh dan aman digunakan? Dan apa sih sebenarnya activated charcoal itu?

manfaat arang aktif

Tidak seperti arang biasa yang dikenal sebagai karsinogen, arang aktif adalah obat. Ini adalah hasil sampingan dari kulit kayu bakar, gambut atau kelapa yang terbakar perlahan yang diolah dengan oksigen, sebuah proses yang membuatnya sangat berpori dan tidak berpolar, sehingga memungkinkan arang tersebut untuk menyerap (yaitu, mengikat, melawan, menyerap) racun hidrofobik dan bau dari gas atau cairan sampai 1.000 kali dari beratnya.

Karbon aktif hadir dalam berbagai bentuk : bubuk dan pil untuk ditelan, butiran dan kubus untuk memurnikan lingkungan, dan spons dan kain untuk pembersihan dan perawatan. Bahan “arang ini” – yang sebenarnya sudah digunakan selama ribuan tahun di pengobatan Ayurveda dan China – baru-baru ini bahkan mendapat status sebagai ‘superfood’ berkat sifat detoksifikasi alkali arang aktif dan manfaat kesehatan yang diakui.

Penasaran dengan manfaat apa saja dari arang aktif ? berikut adalah ulasan lengkapnya :

Memutihkan gigi

Tak ada hal yang baru tentang arang yang digunakan untuk membersihkan gigi. Bahkan, bubuk arang adalah metode pembersihan gigi asli di pedesaan Tanzania, di antara bagian lain Afrika dan Asia Selatan. Lalu apa yang baru? Yang baru adalah hadirnya pasta gigi arang aktif yang mengklaim bisa memutihkan gigi secara alami saat sebenarnya ada sedikit riset untuk mendukungnya.

Menurut Victoria Veytsman, DDS, “Meskipun ada beberapa bukti anekdot yang bisa membantu mencerahkan gigi, tidak ada bukti ilmiah. Saya tidak merekomendasikan hal ini sebagai cara utama memutihkan gigi dan akan menggunakannya dengan hati-hati dan moderat (sewajarnya) karena kualitasnya yang abrasif dan berpotensi merusak enamel dan gusi.

Memang tampak bahwa bila dioleskan ke gigi, arang aktif bisa mengangkat noda permukaan, mengikat dengan noda kopi dan anggur. Namun, karena sifat abrasifasinya bisa merusak email gigi, dokter gigi memperingatkan bahwa kamu sebaiknya tidak menggunakan arang aktif setiap hari, dan kamu seharusnya tidak menyikatnya. Alih-alih menggunakan pasta gigi arang aktif, lebih baik dengan hati-hati campurkan arang aktif dengan air hingga membentuk pasta, oleskan pada gigi, dan biarkan selama tiga menit sebelum membilasnya. Dan cobalah untuk tidak menelannya-terutama jika kamu minum jenis obat apapun.

Masker wajah arang aktif

Arang aktif juga bermunculan di semua jenis produk perawatan kulit – mulai dari detoksifikasi bar kecantikan hingga spons arang Konjac yang diaktifkan untuk membersihkan kulit. Untuk hasil terbaik, cobalah masker arang aktif, kata dokter bedah dermatologis Dr. Sejal Shah. “Penyerapan pada dasarnya bertindak seperti magnet untuk kotoran, minyak dan kotoran lainnya – tapi itu tergantung pada kontak fisik sehingga perlu menetap di atas kulit agar efektif. “Bonus lain, masker menyenangkan untuk dipakai, dan juga serbaguna.

Jangan bayangkan bahwa facial arang aktifmu juga mendetoksifikasi apa pun di bawah permukaan kulitmu: Ahli Dermatologi Dr. Janet Prystowsky, MD, mengatakan “Meskipun tidak membahayakan kulit mu, ini tidak terlalu efektif untuk mengeluarkan racun karena arang tidak larut dalam lemak: Di dalam perut, toksin memiliki lingkungan yang larut dalam air untuk mengikat arang. “Di kulit, di sisi lain, bakteri tersebut mengandung minyak licin.

Shampo arang aktif

Terganggu oleh kulit kepala gatal, berminyak dan bersisik? Arang aktif bisa membantu, kata pendiri Briogeo, Nancy Twine. Terinspirasi untuk memecahkan stigma seputar masalah kulit kepala, Nancy bekerja sama dengan seorang ahli kimia produk alami untuk mengembangkan pendekatan holistik terhadap penyembuhan dan menenangkan kulit kepala yang sederhana dan efektif. Seluruh koleksi tiga bagian – yang terdiri dari sampo pengelupas lembut, perawatan kulit kepala, dan sampo kering – diinfus dengan binchotan, arang aktif hiper-keropos dari Jepang.
Shampo arang aktif Briogeo pertama kali diluncurkan pada 4 April di Sephora.com; Sementara itu, ada beberapa shampo dan produk lain yang bisa kamu coba, seperti Sort of Coal, yang mengandung arang putih.

Menyerap bau kentut

Mampu menyerap bau busuk dan beracun dari gas dan cairan, arang aktif memiliki beberapa aplikasi untuk mengurangi bau badan. Sejumlah penelitian mengejutkan menunjukkan bahwa ini secara efektif mengurangi bau gas dalam perut : pakaian dalam yang terbuat dari serat karbon aktif telah terbukti menghilangkan bau dari kentut bau. (Salah satu penelitian di Denmark bahkan merekomendasikan untuk menanamkan arang aktif di bantalan kursi pesawat terbang, sehingga penumpang bisa buang gas tanpa mengalami “komplikasi sosial.”)

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2