≡ Menu
werno-werno.com

Manfaat Mengejutkan Dari Kulit Telur

Kamu mungkin sudah biasa menjadikan telur ayam sebagai menu sarapan pagimu. Entah itu dibuat omelet, telur ceplok, atau sekedar telur rebus. Dan kulit telurnya biasanya juga langsung kita buang begitu saja. Telur memang makanan tinggi nutrisi yang dikemas dengan protein, kalsium, dan mineral yang menjadi menu kesukaan orang di seluruh dunia. Namun , adakah yang pernah berpikir tentang nilai dari kulit telur?

manfaat kulit telur

Jika dilihat sekilas, kulit telur hanyalah pembungkus luar dari telur yang tampaknya tidak berguna sama sekali. Eits! Jangan keliru. Ternyata, kulit telur juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan lho. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini :

Dijadikan suplemen kalsium buatan sendiri

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Brazilian Journal of Poultry Science, 97% kandungan dari kulit telur yang kita buang begitu saja adalah kalsium karbonat. Banyak praktisi kesehatan merekomendasikan menggunakan kulit telur untuk mempersiapkan suplemen kalsium untuk memperkuat tulang dan mencegah gangguan yang terkait dengan tulang. Selain itu, kulit telur adalah alternatif murah meriah dibanding harus membeli suplemen kalsium yang mahal dari toko obat.

Bubuk yang diekstrak dari kulit telur mengandung pasokan yang kaya akan kalsium alami dan unsur-unsur lain seperti fluorin dan strontium yang memperkuat tulang rawan dan tulang manusia, serta mencegah dan mengobati osteoporosis, menurut sebuah studi tahun 2003 yang diterbitkan dalam International Journal of Clinical Pharmacology Research.

Kalsium dari cangkang telur juga berhasil mengurangi kerusakan tulang dan nyeri, dan mempromosikan kepadatan tulang dan pergerakan pada pasien dengan osteoporosis terkait usia yang ditandai dengan kekurangan kalsium dan tulang keropos, papar penelitian tersebut lebih lanjut. Kalsium kulit telur juga bahkan mungkin mampu mengurangi dan meredakan gejala dari syndrome pra menstruasi.

Untuk membuat suplemen kalsium buatan sendiri menggunakan bahan kulit telur, maka ikuti langkah sebagai berikut :
• Rebus kulit telur dari 12 butir telur dalam kondisi mendidih. Pastikan kamu memisahkan kepingan-kepingan kulit telur saat menaruhnya di panci agar mereka tidak saling menggumpal satu sama lain. Dengan merebus cangkang secara menyeluruh akan membersihkannya dari bakteri dan zat yang tidak diinginkan lainnya.
• Tekan cangkang ke dalam air dengan sendok saat mendidih untuk memastikan bahwa kulitnya tenggelam ke air secara total.
• Setelah 5-6 menit, kamu bisa melihat adanya busa yang terkumpul di permukaan panci. Saat busanya sudah mengendap, tetap rebus kulitnya selama 3 menit ke depan.
• Angkat panci dari kompor, saring airnya dan sisihkan kulit telurnya.
• Tata kulit telur di Loyang dan masukkan ke dalam oven pada suhu 200 % selama 10 hingga 15 menit untuk mengeringkannya sepenuhnya. Alternative lain, kamu bisa mengeringkannya di microwave selama beberapa menit.
• Remukkan kulit telur dengan tanganmu, lalu haluskan di food processor selama beberapa menit.

Tadaa ! sekarang suplemen kalsiummu sudah siap digunakan. Konsumsilah 1 sendok teh suplemen kalsium ini setiap hari. Kamu bisa meneggaknya langsung dengan sedikit air atau mencampurnya dengan setengah gelas air putih atau jus buah segar, lalu minum.

Dijadikan sebagai pasta gigi

Lapisan berkilau dan keras yang menutupi bagian luar gigi disebut dengan enamel. Enamel tersusun dari mineral dan akan melindungi gigimu dari kelemahan dan keropos. Saat kamu doyan mengkonsumsi minuman yang manis dan mengandung kafein atau junk food terlalu sering, bakteri di mulut akan berekasi dengan karbohidrat dan gula sehingga menghasilkan zat asam, yang secara bertahap akan mengikis enamel dan semua mineral esensial didalamnya.

Solusi yang dibuat dari bubuk kulit telur ayam, telah berhasil me-remineralize enamel bagi orang yang menderita lesi gigi, menurut penelitian 2015 yang terbit di the Journal of Clinical and Diagnostic Research. Untuk itu, ikuti langkah berikut untuk membuat sendiri pasta gigi remineralizing menggunakan kulit telur berikut ini;
• Rebus, keringkan, lalu giling cangkang dari 12 telur seperti cara yang sudah dijelaskan sebelumnya.
• Dalam mangkuk kecil, campur hingga marata bubuk kulit telur dengan 1 sendok makan baking soda, 1-3 minyak kelapa, dan 10 tetes minyak esensial peppermint (opsional).
• Simpan ramuan ini ke dalam botol kecil, lalu gunakan setiap pagi seperti biasanya kamu menyikat gigimu.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

0 comments… add one

Leave a Comment