Manfaat Minyak Biji Anggur Untuk Kulit & Rambut

by Ummi on March 19, 2017

Minyak biji anggur diekstrak dari biji buah anggur, biasanya berasal dari anggur merah. Meskipun anggur adalah salah satu buah paling populer di dunia, hanya saja kebanyakan orang malah membuang bijinya begitu saja, padahal para pakar berkata bahwa biji ini sebenarnya dapat menjadi bagian paling menyehatkan dari anggur. Bijinya dipenuhi dengan antioksidan powerful dan senyawa nabati alami yang dikenal sebagai oligomeric proanthocyanidin complexes atau disingkat OPC.

OPC telah diteliti secara ekstensif dan terkenal karena aktivitas antioksidan kuat mereka, yang berarti bahwa mereka dapat membantu memerangi radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini dan / atau sejumlah penyakit kronis. Senyawa ini juga telah menunjukkan segala macam khasiat yang bermanfaat lainnya bagi tubuh, termasuk menjadi anti-inflamasi, anti-karsinogenik, antivirus dan antibakteri.

Minyak ini memiliki dua kegunaan utama, termasuk kosmetik dan aplikasi kuliner. Ketika membeli minyak biji anggur untuk digunakan sebagai makanan, maka kamu harus memeriksa untuk memastikan itu ditandai sebagai ‘food grade’. Ada banyak cara untuk menggunakannya sebagai makanan – minyak biji anggur kuliner memiliki titik asap yang sangat tinggi, sehingga sangat baik untuk menggoreng makanan tanpa mengalahkan rasa lain, dan juga dapat digunakan dalam dressing dan saus.

Minyak biji anggur juga sangat populer untuk penggunaan kosmetik. Bahkan, kamu mungkin melihatnya sebagai bahan dalam produk yang berjajar di rak-rak toko, seperti tabir surya, krim pelembab dan sejumlah item terkait kecantikan lainnya. Ini diyakini membantu perbaikan kulit dan menawarkan sifat antiseptik serta astringent ringan. Kali ini akan kami ulas secara lengkap tentang manfaat biji anggur bagi kecantikan kulit & rambut :

Manfaat minyak biji anggur untuk kecantikan

Banyak perusahaan kecantikan menggunakan minyak biji anggur dalam produk perawatan kulit dan rambut mereka. Banyak juga orang-orang yang menggunakan minyak ini sebagai ramuan kecantikan alami yang digunakan di rumah :

Manfaat minyak biji anggur untuk kulit yang sehat

Banyak dari manfaat kecantikan minyak biji anggur mungkin berkat kandungan vitamin E dan asam lemak Omega 6 nya yang cukup tinggi. Radikal bebas dan factor lingkungan seperti matahari, angin, dan polusi bisa memberikan pengaruh buruk pada kulitmu. Mereka dapat meningkatkan tanda-tanda penuaan dan menyebabkan kulit kering dan warnanya tidak merata.

Vitamin E membantu melawan radikal bebas, sehingga dapat membantu meningkatkan kulitmu saat dikonsumsi dalam dietmu. Manfaat yang sama juga mungkin bisa didapat saat diterapkan secara langsung kek kulitmu dalam bentuk minyak oles.

Menurut Linus Pauling Institute, asam lemak Omega-3 dan Omega-6 penting bagi fungsi dan penampilan kulit. Dan asam lemak omega-6 penting untuk fungsi penghalangan kulit. Kandungan omega-6 utama dalam minyak biji anggur adalah asam linoleat. Asam lemak ini membantu mengurangi peradangan di lapisan tengah dan luar kulit.

Selain itu, minyak biji anggur juga berfungsi untuk :

  • Melembabkan kulit
  • Menyembuhkan jerawat
  • Mencerahkan kulit
  • Mengecilkan pori-pori
  • Mengurangi tampilan bekas luka
  • Menghilangkan makeup

Minyak biji anggur bisa memenetrasi kulitmu dengan cepat dan tidak menjadikan kulitmu terasa berminyak. Untuk menggunakan minyak biji anggur pada wjahmu, pijatkan beberapa tetes minyak pada kulit yang bersih sebelum berangkat tidur. Kamu bisa mengulangi proses ini di pagi hari jika ingin. Berhubung minyak biji anggur juga tidak menyumbat pori-pori, minyak ini ideal untuk segala jenis kulit, termasuk kulit berminyak yang membutuhkan kelembaban.

Manfaat minyak biji anggur untuk rambut yang sehat

Minyak biji anggur dapat memperbaiki kondisi rambut dan kulit kepala. Jika kamu memiliki ketombe, yang sering disebabkan oleh kulit kepala kering, menerapkan emolien minyak biji anggur untuk kulit kepala dapat membantu melonggarkan kulit mati dan mengembalikan kelembaban.

Beberapa minyak alami termasuk minyak zaitun dan minyak kelapa memang baik untuk rambut mu, tetapi mereka membuat rambut terasa berminyak dan terbebani. Minyak biji anggur ringan dan tidak memiliki efek itu. Ketika diterapkan pada rambutmu, minyak biji anggur menambah kelembaban, kekuatan, dan kilau.

Cobalah memijatkan beberapa sendok makan minyak biji anggur (menggunakan lebih atau kurang tergantung pada panjang rambutmu) ke rambut dan kulit kepala sebelum keramas.
Minyak biji anggur juga digunakan sebagai obat alami untuk kebotakan. Asam linolenat diperkirakan berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut. Minyak ini mengandung flavonoid yang disebut procyanidin oligomer. Ini adalah antioksidan kuat. In vitro dan in vivo menunjukkan oligomer procyanidin dapat menyebabkan pertumbuhan rambut, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan.