Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan & kecantikan

by Ummi on October 17, 2014

Minyak zaitun atau yang biasa dikenal dengan istilah olive oil merupakan lemak yang diperoleh dari pohon zaitun. Minyak zaitun yang asli (virgine olive oil) memiliki kadar asam yang rendah dan merupakan ekstrak pertama dari perasan buah zaitun tanpa campuran bahan kimia dan memiliki kualitas terbaik didunia. Selain virgine olive oil, terdapat juga jenis minyak zaitun biasa dan extra virgine oil. Minyak yang berasal dari Negara Mediterania ini biasa digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari memasak, pengobatan, sabun, kosmetik, hingga bahan bakar untuk lampu minyak tradisional.

Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan & kecantikan

Kandungan yang terdapat pada minyak zaitun adalah vitamin A, B1,B2, C D, E, K, dan berbagai macam mineral penting seperti kalsium, Omega 9, asam oleat, zat besi, sodium dan potassium. Oleh sebab itu, minyak zaitun disebut juga sebagai The Liquid Gold (cairan emas) karena memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari minyak zaitun:

  • Mencegah kanker kulit

Dr. Niva Shapira dari Tel Aviv University di Israel dan Bob Kuklinski dari Rockstock University di Jerman telah melakukan sebuah studi yang menyatakan bahwa dengan mengonsumsi minyak zaitun bersama komponen lain dari program diet Mediterania sangat berperan penting dalam mencegah Melanoma Maligna yang merupakan salah satu jenis kanker kulit yang paling berbahaya.

  • Mencegah dari depresi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari universitas Navarra menyebutkan bahwa melakukan diet yang kaya akan minyak zaitun dapat mencegah terjadinya penyakit mental. Asupan tinggi  minyak zaitun dan lemah tak jenuh ganda yang biasanya terdapat pada minyak ikan dan sayuran menjadi faktor penting yang dapat mengurangi resiko depresi.

  • Menghaluskan dan membuat kulit tampak awet muda

Minyak zaitun kaya akan vitamin E yang sangat penting bagi kesehatan kulit. Minyak zaitun juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat, melembabkan, dan menghaluskan kulit. Cara pemakaiannya pun cukup mudah, tinggal mengoleskannya ke kulit wajah selain daerah mata. Bahkan, sebuah studi yang dipublikasikan oleh majalah Lanst menyatakan bahwa di Negara Alabania yang mayoritas warganya rajin mengonsumsi minyak zaitun, memiliki tingkat kematian yang lebih rendah dibanding Negara yang lain.

  • Menurunkan berat badan

Minyak ini juga berkhasiat untuk menurunkan berat badan jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Minumlah 2-3 sendok makan minyak zaitun 2 jam sebelum makan setiap harinya, untuk membantu menurunkan berta badan. Dan jangan lupa untuk memenej berat badan anda agar selalau dalam kondisi normal.

  • Menyuburkan dan mencegah rambut rontok

Tidak hanya bermanfaat bagi kulit, minyak zaitun juga bermanfaat untuk menyuburkan rambut dan mencegah dari kerontokan. Cara perawatannya juga mudah, tinggal campurkan 2 sendok makan minyak zaitun untuk keramas dan oleskan ke seluruh kulit kepala. Lakukan pemijatan selama lima menit agar minyak lebih meresap. Bungkus rambut dengan shower cap, lalu diamkan selama 20 menit. Lalu keramaslah dengan shampoo seperti biasa..