≡ Menu
werno-werno.com

Manfaat Nanas Bagi Kesehatan

Nanas merupakan salah satu buah tropis yang rasanya lezat. Nanas bisa dikonsumsi langsung dalam kondisi segar, dimasak, dijadikan jus, atau di awetkan (kalengan). Selain menjadi bahan popular di berbagai jenis menu masakan, daun nanas juga digunakn untuk memproduksi serat kain yang disebut ‘pina’ di Filipina. Selain enak, nanas juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Penasaran apa saja manfaat nanas bagi kesehatan? Berikut ulasan lengkapnya :

Menguatkan kuku & mencegah rambut rontok

Untuk melembutkan dan memperkuat kuku-kukumu, kamu bisa membuat losion butatan sendiri dengan menggunakan 1 sendok makan jus nanas segar, 1 kuning telur, 1 sdt jus lemon, dan 2 tetes lemon oil. Campur semua bahan tadi hingga merata, dan oleskan pada kuku dan kutikulamu (yang paling baik adalah dengan bantuan cutton buds atau bola kapas). Krim ini aman dan bisa digunakan setiap hari.

Bukan hanya vitamin C bagus bagi kulit, vitamin C juga adalah elemen penting yang membantu mencegah rambut rontok. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang melawan pengrusakan radikal bebas. Nanas merupakan sumber yang kaya akan vitamin yang larut dalam air ini. Makanlah nanas langsung atau membuatnya menjadi jus segar untuk meraup manfaat dari vitamin C serta membantu menebalkan rambut dan mencegah rambut rontok.

Mengencangkan kulit

Vitamin C pada nanas, bisa digunakan baik secara internal ataupun eksternal, sebagai obat untuk mengatasi jerawat dan kondisi peradangan kulit yang lain. Bromelain, enzim anti inflamasi yang terdapat pada nanas, akan meningkatkan kekuatan menyembuhkan dari vitamin C.

Juga, nanas memberikan dorongan pada sintesis kolagen dalam tubuhmu. Semakin tinggi sintesis kolagen, maka semakin kencang dan lebih fleksibel pula kulit nantinya. Nutrisi tambahan ini berasal dari adanya asam amino dan vitamin C, yang menjamin bahwa sel-sel dan jaringan yang rusak akan diperbaiki dengan cepat.

Cara menggunakan: Oleskan jus nanas segar pada wajah. Cuci menggunakan air hangat setelah 10 menit. Atau cobalah scrub nanas segar yang dilumatkan untuk mengelupaskan sel kulit mati di kulitmu dan buatlah kulitmu terlihat lebih sehat! Hal ini akan menghilangkan kulit mati dan melancarkan aliran darah.

Mengurangi gejala rematik

Salah satu manfaat paling terkenal dari nanas bagi kesehatan adalah kemampuannya untuk mengurangi peradangan sendi dan otot, terutama yang berhubungan dengan arthritis, yang merupakan penyakit yang benar-benar melemahkan dan telah menjangkiti jutaan orang di seluruh dunia. Nanas mengandung Bromelain, yang terutama telah dikaitkan dengan pemecahan protein kompleks, tetapi juga memiliki efek anti-inflamasi yang serius, dan secara positif telah dikorelasikan dengan berkurangnya tanda-tanda dan gejala arthritis di banyak subjek tes.

Membantu mengobati batuk, pilek, dan sinusitis

Kekuatan meningkatkan Sistem kekebalan tubuh yang normal dari vitamin C sudah sangat kondang, tetapi enzim Bromelain, juga terhubung dengan pengurangan dahak dan lendir yang menumpuk di saluran pernapasan dan rongga sinus. Oleh karena itu nanas bisa mencegah segala macam penyakit yang disebabkan oleh penumpukan dahak dan lendir, sembari juga mengobati mereka dengan cara melonggarkan dahak dan lendir dan membantu menghilangkan mereka dari tubuhmu jika kamu sudah terjangkit penyakit atau infeksi. Makan nanas bersama dengan obat yang diresepkan dapat membantu proses penyembuhan flu dan batuk!

Menangani masalah pencernaan

Seperti kebanyakan buah-buahan yang lain, nanas merupakan sumber yang kaya serat, tetapi mereka khusus menjadi buah yang mengandung baik serat larut maupun yang tidak larut. Ini berarti bahwa makan jumlah nanas yang sehat dapat melindungimu dari sejumlah besar kondisi kesehatan pencernaan, termasuk sembelit, diare, sindrom iritasi usus, aterosklerosis, pembekuan darah, dan tekanan darah tidak teratur.

Menjaga kesehatan gigi

Seiring dengan senyawa antioksidan yang melindungi terhadap kanker mulut, nanas juga memiliki sifat astringent, yang memperkuat gusi dan memastikan bahwa gigimu tidak menjadi longgar. agen astringent membantu untuk mengencangkan jaringan dan membentuk tubuh sehingga hal-hal seperti gigi tanggal, rambut rontok, dan kelemahan otot atau kulit kendor akan berdampak positif dengan mengonsumsi nanas. Nanas adalah astringents sangat kuat dan sering diresepkan sebagai obat alami untuk memperbaiki gigi longgar atau pencabutan gusi.

0 comments… add one

Leave a Comment