≡ Menu
werno-werno.com

Manfaat Pemijatan Kaki Sebelum Tidur

Setelah melewati hari yang panjang dan sibuk dengan berdiri, berjalan, atau berkeliling, sebuah pijatan di kaki yang nyaman adalah sesuatu yang sebaiknya dinikmati oleh setiap orang. Selain membantumu untuk rileks, pemijatan kaki juga memiliki banyak manfaat therapetik baik untuk kesehatan mental ataupun fisik. Dalam dunia refleksologi (sebuah metode pengobatan alternatif), pemijatan kaki merupakan komponen yang penting. Kakimu memiliki beberapa ujung saraf yang disebut dengan refleks yang berkorespondensi dengan sistem dan organ yang berbeda didalam tubuh. Refleks ini akan memiliki efek terapi ketika diaktifkan melalui pemijatan.

Close up of a foot massage at the spa

Dalam studi 2002 yang terbit di Nursing & Health Sciences, menyorot terhadap efek positif dari pemijatan kaki, dan menyatakan bahwa hal itu bisa mendorong gaya hidup yang sehat bagi semua golongan umur dan terutama bisa meningkatkan sirkulasi darah, relaksasi, dan memiliki kekuatan menyembuhkan. Untuk melakukan pijat kaki sederhana, kamu pun tidak harus membutuhkan tukang pijat profesional. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah, dan waktu terbaik untuk melakukan pijat kaki adalah sebelum tidur. Mengapa harus sebelum tidur? Berikut akan kami ulas tentang manfaat pemijatan kaki sebelum tidur ;

manfaat pijat kaki

Close up of a foot massage at the spa

Meningkatkan sirkulasi darah

Sirkulasi darah di kaki sering kali terganggu oleh sepatu yang ketat dan tidak nyaman yang kamu pakai sepanjang hari. Juga, otot-otot di kaki hampir tidak mendapatkan latihan apapun, sehingga memberikan kontribusi untuk sirkulasi yang buruk.

Untuk meningkatkan sirkulasi ke bagian bawah kaki, pijat adalah salah satu pilihan terbaik. Sebuah pemijatan selama 10 sampai 20 menit sebelum tidur dapat meningkatkan sirkulasi di bagian bawah kaki. Hal ini sangat penting bagi penderita diabetes, yang berada pada risiko yang lebih tinggi mengalami neuropati perifer. Masalah ini terjadi ketika jaringan dan saraf di tubuh bagian bawah, seperti tangan dan kaki, tidak mendapatkan cukup nutrisi dan oksigen karena sirkulasi yang buruk. Hal ini dapat menyebabkan mati rasa, kesemutan dan sensasi terbakar.

Sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam the Archives of Physical Medicine and Rehabilitation menunjukkan bahwa pijat bisa meningkatkan fungsi pembuluh darah pada orang yang tidak pernah olahraga. Aliran darah yang tertahan juga dapat menyebabkan masalah jantung dan ginjal, tekanan darah tinggi, varises dan kerusakan organ dalam jangka panjang.

Membuat tidur menjadi nyenyak

Banyaknya tantangan hidup sehari- hari membuat pikiran kita terlalu aktif di penghujung hari, sehingga mencegah kita untuk bisa menikmati tidur yang nyenyak. Untuk membantu tubuh melepas lelah dan mendorong tidur nyenyak, sebuah pemijatan kaki yang sebentar sudah sangat membantu.

Keseluruhan proses pemijatan ini akan menstimulasi refleks bersamaan dengan meridian dan menambah aliran energi yang lancar. Hal ini menawarkan relaksasi mendalam dan membuatmu tidur dengan pulas. Sebuah studi 2014 yang terbit dalam the Iranian Journal of Critical Care Nursing melaporkan bahwa pijat kaki bisa meningkatkan kualitas tidur, dan ini sangat direkomendasikan untuk menaikkan kualitas tidur dari pasien dengan penyakit jantung isemik.

Melawan stress dan kecemasan

Sebagian besar dari kita merasa stress atau cemas dari waktu ke waktu. Pemijatan kaki bisa membantu mengurangi strees dan kecemasan. Menerapkan tekanan ke refleks tertentu di kaki bisa menciptakan respon di sistem saraf dan mempromosikan relaksasi yang nantinya juga akan mengurangi stress dan kecemasan. Sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam BMC Nursing menunjukkan bahwa pijat kaki bisa meningkatkan suasana hati, mengurangi kecemasan dan menurunkan tekanan darah pada staf perawat jangka panjang yang bekerja dengan orang yang tua dengan kondisi demensia. Untuk menghadapi hari-hari yang penuh stres dan kecemasan, pijat kaki bisa bertindak sebagai obat yang efektif dan mudah.

Mengurangi sakit punggung

Bagi kamu yang menderita sakit punggung, sebaiknya rajin melakukan rutinitas memijat kaki sebelum tidur. Pemijatannya dilakukan dengan menggunakan jempol kaki untuk menekan sepanjang lengkungan kaki selama sekitar 5 menit. Sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam the Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research melaporkan bahwa refleksi kaki akan efektif dalam mengurangi keparahan dari sakit punggung kronis. Ini menawarkan hasil yang lebih baik daripada memijat punggung bawah itu sendiri. Nyeri punggung dapat membuatmu sulit untuk menikmati tidur nyenyak. Setelah sakitnya berkurang dengan pijatan di kaki, kamu dapat menikmati tidur nyenyak dan bebas rasa sakit.

Mengurangi nyeri kaki dan nyeri kronis lainnya

Sebuah pijat kaki yang baik dapat membuat kakimu rileks, meregangkan dan menenangkan otot-otot, dan mengurangi pembengkakan yang menyebabkan rasa nyeri. Sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam Complementary Therapies di Clinical Practice menemukan bahwa refleksologi efektif mengurangi rasa sakit dan mendorong relaksasi pada orang dengan kondisi termasuk cedera whiplash dan nyeri kronis. Studi 2014 lain yang dilakukan oleh American Society for Pain Management Nursing melaporkan bahwa pijat kaki pada pasien yang pasca menjalani operasi payudara efektif dalam mangendalikan nyeri pasca operasi.

Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lain. Pemijatan kaki secara rutin dapat membantu menurunkan tekanan darahmu, yang pada gilirannya juga akan mengurangi resikomu terkena kondisi kesehatan yang lain. Studi 2016 yang diterbitkan di PLOS One melaporkan bahwa pijat kaki beraroma yang dikerjakan sendiri secara signifikan bisa menurunkan rata-rata tekanan darah sistolik dan diastolik. Hal ini juga mengurangi skor kecemasan dan cenderung meningkatkan kualitas kesehatan mental yang berhubungan dengan nilai hidup.

Mencegah edema (bengkak) kaki bagian bawah

Edema kaki bagian bawah terjadi karena akumulasi cairan di kaki, yang menyebabkan kaki bengkak, nyeri dan kaku. Kehamilan dan sirkulasi darah yang buruk adalah beberapa penyebab umum dari edema. Edema dapat membuat sulit dan menyakitkan untuk bergerak dan bahkan menyebabkan gangguan tidur.

Sementara olahraga ringan seperti berjalan, berenang atau peregangan dapat membantu banyak, pemijatan kaki juga akan memberikan bantuan cepat untuk meringankan gejala. Sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam International Journal of Nursing Practice melaporkan bahwa pijat kaki efektif dalam mengobati edema pada wanita hamil.

Cara memijat kaki sendiri

Tidak seperti bagian tubuh yang lain, kamu bisa dengan mudah melakukan sendiri pijat kaki tanpa harus mengandalkan orang lain. Kamu hanya perlu waktu kurang dari setengah jam untuk meraup manfaat dari pijat kaki secara rutin. Caranya adalah :

  • Isi mangkuk besar dengan air hangat dan tambahkan 2 sampai 5 tetes setiap minyak esensial favoritmu.
    Rendam kakimu di dalamnya selama 10 sampai 20 menit, kemudian lap kering kakimu dengan handuk lembut.
    Sekarang, duduk di kursi yang nyaman.
  • Istirahatkan telapak kaki kananmu pada lutut kiri.
    Oleskan beberapa minyak hangat pada kaki kananmu. Kamu dapat menggunakan minyak kelapa, zaitun atau mustard.
  • Gosok minyak ke area sekitar sembari memberikan kakimu pijatan yang nyaman. Pastikan untuk menggerakkan jari mu bolak-balik di sepanjang bagian bawah kakimu.Setelah kamu memijat telapak kaki, lalu fokus pada jari-jari kaki. Remas, perlebar dan lenturkan jari-jari kaki Anda untuk meningkatkan fleksibilitas mereka.
  • Ulangi pijatan pada kaki sebelah kiri.
0 comments… add one

Leave a Comment