Manfaat penting dari membaca yang harus kamu tahu

by Ummi on October 29, 2014

Membaca! Mungkin kata-kata tersebut terdengar sedikit kuno di era serba gadget sekarang ini. Orang-orang akan lebih memilih bermain game atau melakukan chatting di jejaring sosial ketimbang menghabiskan waktu seharian untuk membaca buku di perpustakaan. Bahkan, kutu buku sekarang dicap sebagai orang yang tidak gaul dan ketinggalan zaman. Namun, tahukah Anda? Ada banyak sekali manfaat menakjubkan yang bisa kita dapatkan dari membaca? Untuk lebih jelasnya, simak beberapa manfaat dari membaca berikut ini:

Manfaat penting dari membaca yang harus kamu tahu, baik membaca buku ataupun membaca pelajaran

  • Membaca bermanfaat untuk menstimulasi mental

Beberapa studi membuktikan bahwa dengan mental yang terus terstimulasi dengan membaca mampu memperlambat perkembangan bahkan mencegah resiko terkena penyakit Alzhemeir dan Dementia, karena dapat merangsang otak untuk selalu aktif dan tidak kehilangan kekuatannya. Seperti halnya anggota tubuh yang lain,otak juga butuh latihan agar menjaganya tetap kuat dan sehat. Jadi benar apa kata pepatah bilang, ‘gunakan atau kamu akan kehilangan hal tersebut’.

  • Mengurangi stress

Tidak peduli seberat apapun stress yang kamu hadapi, baik ditempat kerja, dalam hubungan cinta, atau berbagai masalah lain yang kamu temui dalam kehidupan sehari-hari, akan segera terlupakan saat kamu mulai tenggelam dalam sebuah cerita yang hebat. Novel bagus best seller bisa membawamu memasuki alam lain yang penuh dengan hal-hal menakjubkan, sementara terlibat dalam membaca sebuah artikel yang menarik, akan mengalihkan perhatianmu dan membuatmu untuk selalu up to date. Jadi, biarkan ketegangan yang kamu hadapi sirna dan buatlah dirimu merasa santai dengan membaca.

  • Menambah ilmu pengetahuan dan wawasan

‘Buku adalah jendela dunia’. Pernahkah kamu mendengar pepatah ini? Semua hal yang kamu baca akan memberimu banyak informasi baru, meski kamu tidak akan pernah tahu kapan informasi itu akan berguna bagimu. Semakin banyak pengetahuan yang kamu miliki, maka semakin banyak pula alat yang bisa kamu jadikan senjata untuk mengatasi berbagai tantangan hidup yang kelak kamu hadapi suatu hari nanti.

  • Memperkaya kosakata (vocabulary)

Semakin banyak yang kamu baca, maka akan semakin banyak pula kata-kata baru yang bisa kamu mengerti penjelasannya dan pasti akan kamu gunakan dalam pergaulan sehari-hari. Memiliki banyak wawasan dan kemampuan berbicara yang baik akan sangat membantumu dalam profesi apapun yang kamu jalani dan mampu menambah rasa percaya diri. Ini bisa memberi nilai tambah tersendiri dalam karirmu dan mempermudah untuk mendapatkan promosi dengan cepat. Selain itu, membaca juga sangat penting untuk mempelajari bahasa baru.

  • Meningkatkan daya ingat

Saat kamu membaca buku, kamu akan mengingat berbagai macam karakter, latar belakang, ambisi, dan sejarah berbagai tokoh yang berbeda-beda disetiap cerita. Otak adalah organ yang luar biasa yang mengingat hal-hal tersebut dengan mudah. Yang mengagumkan adalah, setiap memori baru yang kamu ciptakan, akan membentuk jalur otak baru dan akan memperkuat jalur otak yang telah ada, sehingga akan membantu menguatkan memori jangka pendek dan menstabilkan suasana hati.

  • Meningkatkan fokus & konsentrasi

Di zaman yang serba internet saat ini, perhatian kita menjadi tertuju ke jutaan hal yang berbeda salam satu waktu yang sama. Dalam setiap lima menit misalnya, rata-rata orang akan menggunakan waktu mereka untuk mengetik pesan, mengecek email, chatting dengan beberapa orang, melihat status terbaru di jejaring sosial, memantau notifikasi smartphone, dan lain sebgainya. Perilaku yang seperti ini bisa membuat tingkat stress melonjak tinggi, dan menurunkan produktivitas kita. Saat kamu membaca buku, perhatian kita akan tertuju hanya pada cerita yang kita baca, dan akan mengabaikan hal yang lain karena kita akan melibatkan diri dalam setiap detil bacaan yang kita cerna. Cobalah untuk membaca selam 15-20 menit sebelum berangkat kerja, maka kamu akan trekejut betapa membaca bisa meningkatkan fokusmu saat berada di tempat kerja..