≡ Menu
werno-werno.com

Manfaat penting dari sarapan pagi

Untuk menjaga pola makan sehat setiap hari, anda harus melakukan sarapan pagi setiap hari. Sebagian dari kita, mungkin merasa malas atau tidak berselera melakukan sarapan dipagi hari. Apalagi kalau sudah keburu-buru masuk skul atau kantor. Namun, pernahkah kamu mendengar, ada pepatah yang mengatakan bahwa ‘sarapan adalah waktu makan yang paling penting setiap harinya’. Lalu, benarkah isi dari pepatah tersebut? Mengapa hanya sarapan yang dianggap penting, sedang makan siang atau makan malam tidak? Ketahui penjelasan selengkapnya mengenai manfaat penting dari sarapan berikut ini:

Manfaat penting dari sarapan pagi

  • Sarapan bisa membuat selera makanmu bertambah baik dalam sepanjang hari

Orang-orang yang makan sarapan bergizi menyadari bahwa mereka telah membuat pilihan makanan yang lebih sehat sepanjang hari. Dimulai dengan menu sarapan yang bergizi, dan kaya protein seperti orak-arik telur (omelet), salad, sereal, atau roti isi gandum adalah cara yang bagus untuk menjaga metabolisme Anda tetap berpacu sepanjang hari. Ahli gizi menyarankan, sebaiknya lakukan sarapan minimal dua jam setelah bangun pagi.

  • Sarapan bisa membantu meningkatkan konsentrasi

Di pagi hari, setelah kita tidak makan minum selama tidur, tentu otak dan tubuh kita membutuhkan energi dan nutrisi dari makanan untuk membuat Anda kuat menjalani aktivitas. Sarapan bisa mengembalikan kembali asupan glukosa yang dibutuhkan untuk membuat otak berfungsi dengan baik. Tanpa sarapan, tubuh kita seperti mobil yang berjalan tanpa adanya bahan bakar. Pasti akan mogok bukan? Makan sarapan bergizi bisa menimbulkan efek yang menguntungkan untuk meningkatkan konsentrasi dan memori sepanjang hari. Disamping itu, juga bisa membantu meningkatkan mood dan menurunkan tingkat stress. Alasan lain mengapa sarapan dengan omelet telur sangat penting adalah: telur mengandung kolin, yang dapat membantu meningkatkan kekuatan otak!

  • Sarapan dapat membantu Anda agar tetap fit

Kebutuhan energi setiap orang berbeda-beda, tergantung dengan seberapa banyak aktivitas yang dilakukan dan gaya hidup yang dijalani. Namun, pada umumnya pria lebih banyak membutuhkan energi daripada wanita. Tidak peduli berapa jam dalam sehari waktu yang dibutuhkan untuk berolahraga, Anda tetap membutuhkan makanan sebagai pengisi bahan bakar latihan Anda. Menyantap sarapan ringan sebelum latihan pagi – atau jika Anda berencana untuk berolahraga di malam hari, maka santaplah sarapan untuk membantu Anda meningkatkan kekuatan Anda dalam menjalani hari.

  • Sarapan bisa membantu menjaga kesehatan jantung Anda

Menjalani pola makan yang mengandung lemak jenuh yang tinggi bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung koroner. Makan sarapan yang bergizi yang mengadung protein ramping dengan lemak yang baik seperti telur, susu rendah lemak, sereal tinggi serat, buah-buahan dan sayuran, dan minyak sayur yang digunakan untuk membuat margarine bisa menyebar dengan lembut adalah cara yang bergizi untuk memulai hari. Sarapan yang seimbang membantu mengontrol rasa lapar sepanjang pagi sehingga Anda tidak akan memiliki keinginan untuk makan makanan ringan yang mengadung lemak jenuh yang tinggi seperti Fast food sebagai pengganjal perut selama merasa lapar di pertengahan pagi.

  • Sarapan membantu menjaga kesehatan Anda dalam waktu yang lama

Sarapan bisa memberikan efek yang baik bagi kesehatan Anda untuk jangka waktu yang panjang. Sarapan bisa membantu mengurangi sakit pinggang, menurunkan resiko obesitas (kelebihan berat badan), menurunkan tekanan darah tinggi, dan penyakit diabetes. Bahkan sebuah penelitian menyebutkan, bahwa orang yang biasa melakukan sarapan lebih terhindar dari bahaya obesitas daripada orang yang tidak melakukannya. [Baca juga; Cara tepat & aman atasi obesitas]
Maka dari itu, biasakan untuk melakukan sarapan setiap pagi dan lakukan itu bersama keluarga, terutama anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Dengan sarapan, maka kebutuhan energi dan dan nutrisi yang diperlukan oleh anak-anak bisa terpenuhi. Saat hari sudah siang, jangan lupa untuk makan siang dengan menu yang sehat dan bergizi..

2 comments… add one

Leave a Comment