Manfaat penting di balik lezatnya Coklat Pekat

by Ummi on November 26, 2014

Selain bermanfaat penting bagi kecantikan dengan dijadikan sebagai masker, Dark Chocolate atau yang biasa disebut coklat pekat ternyata juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Coklat pekat ini terbuat dari campuran biji kakao yang dipanggang, lemak, dan gula. Tidak seperti coklat susu (Milk chocolate), coklat pekat hampir tidak memiliki kandungan susu sama sekali. Rasanya juga tidak terlalu manis. Bahkan, coklat pekat yang berkualitas baik (yang memiliki kandungan kakao 70-99 %), rasanya jauh lebih pahit.

Manfaat & Khasiat Coklat Pekat Bagi Kesehatan & Kecantikan

Karena coklat pekat memiliki rasa yang lezat, dan menawarkan sensasi kenikmatan, tak heran jika coklat jenis ini memiliki banyak penggemar. Kita bisa menikmatinya dalam bentuk sebatang permen coklat, menambahkannya ke dalam smoothies, atau sebagai campuran bahan kue atau muffin bikinan sendiri. Coklat pekat bisa menjadi obat yang mujarab selama kamu bisa menggunakannya dengan bijak dan tidak berlebihan dalam memakannya.

Terbuat dari biji buah pohon kakao, coklat merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik yang ada di dunia ini. Selain antioksidan, nutrisi lain yang terkandung dalam coklat pekat adalah, serat larut, potassium, seng, magnesium, selenium, mangaan, dan zat besi. Perlu juga diwaspadai, disamping mengandung banyak nutrisi, terdapat pula kandungan kalori yang cukup banyak dan gula dalam coklat pekat. Namun, jika kita bisa mengonsumsinya dengan tepat dan tidak berlebihan, coklat pekat bisa memberi dampak positif bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat penting yang bisa kita peroleh dari lezatnya coklat pekat ini:

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Kakao yang terkandung dalam coklat pekat, terbukti mampu mengurangi kadar LDL (kolesterol jahat)  dalam darah yang menjadi pemicu penyumbatan pembuluh darah dan dinding bagian dalam arteri serta menghambat arteri berfungsi dengan baik. Selain itu, antioksidan kuat yang terdapat dalam coklat pekat juga mampu mencegah oksidasi LDL sehingga bisa mengurangi resiko terkena serangan jantung atau stroke. Beberapa bukti dari berbagai studi juga menunjukkan bahwa kakao juga mampu meningkatkan kadar HDL(kolesterol baik). Jadi, dengan rendahnya kadar LDL dan tingginya kadar HDL bisa mengurangi resiko penyakit cardio terutama jantung koroner dan serangan jantung. [Baca juga; Penyebab utama kolesterol tinggi]

  1. Menghilangkan stress

Untuk dapat menghilangkan stress atau meningkatkan mood, kamu bisa mengandalkan coklat pekat yang dapat membantu menaikkan kadar neuro transmitter Serotonin, yang berfungsi sebagai antidepressant alami. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh beberapa ilmuwan dari Nestle Research Center di Swiss menyatakan bahwa zat kimia yang terdapat dalam coklat pekat, berperan penting dalam meningkatkan kecenderungan sesorang yang mengalami tingkat stress yang tinggi.

Mereka menemukan bahwa dengan memakan 1,4 ons coklat pekat setiap hari selama 2 minggu yang memiliki kadar kakao lebih dari 85%, bisa mengurangi tingkat hormon stress dalam diri sesorang yang sedang mengalami stress berat. Apalagi, coklat pekat juga mengandung magnesium yang bisa melawan stress, kepenatan, depresi, dan gampang marah.

  1. Menurunkan berat badan

Percayakah kamu? Memakan 1 ons coklat pekat dengan kandungan kakao sebesar 70-85 % tiga kali seminggu , mampu membantumu menurunkan berat badan berlebih. Coklat pekat yang kaya akan serat, bisa membantumu tetap merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Copenhagen University, memakan coklat pekat secara wajar bisa memberimu perasaan kenyang lebih lama dan menekan keinginanmu untuk memakan makanan yang berlemak, manis, ataupun asin yang umumnya memicu kenaikan berat badan. Selain itu, coklat juga bisa memperlambat proses pencernaan sehingga kamu tidak akan merasa cepat lapar dan akan makan dengan porsi yang sedikit pada waktu makan selanjutnya. Bahkan juga bisa mendorong metabolisme tubuhmu untuk lebih membakar lemak dan kalori.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2