≡ Menu
werno-werno.com

Manfaat Penting Penggunaan Tabir Surya

Saat ini banyak masyarakat yang telah menghabiskan dana besar secara rutin hanya untuk membeli serum anti aging, krim pencegah kerutan yang mahal, dan produk perawatan kulit yang mahal lainnya, hanya demi agar mereka tetap terlihat awet muda. Namun, yang banyak orang tidak sadari adalah, bahwa salah satu rahasia kecantikan anti penuaan terbaik bisa didapat dengan biaya yang terjangkau dan sudah banyak tersedia di toko-toko obat. Apakah itu? Sunscreen alias tabir surya!

manfaat penting tabir surya

Tidak hanya tabir surya membantu mencegah kemunculan tanda-tanda penuaan yang diakibatkan oleh paparan matahari, namun tabir surya juga bisa membantu melindungimu dari kanker kulit, salah satu jenis kanker yang paling banyak diderita. Disamping menyebabkan kerutan dan bintik-bintik hitam/ coklat, radiasi sinar UV dari matahari juga bisa meruska DNA pada sel kulit, yang berpotensi menyebabakn kanker kulit. Melanoma, salah satu jenis kanker kulit yang paling serius, mampu menyebar ke seluruh tubuh dan diderita oleh sebagian besar orang dengan usia 25-29 tahun, dan di Amerika, kanker ini merupakan penyebab kematian dari hampir 10.000 jiwa di tahun 2015.

Kabar baiknya, dengan menggunakan tabir surya sebagai bagian dari rencana perlindungan dari mataharai secara menyeluruh, bisa membantu meminimalisir paparan sinar UV, salah satu faktor resiko kanker yang bisa kita kendalikan. Namun, menghadapi bergaam produk tabir surya yang dijual di pasaran, bisa jadi memusingkan. Produk mana yang tepat untukmu? Berikut adalah beberapa panduan dalam memilih dan menggunakan tabir surya yang perlu kamu tahu :

• Rencanakan perlindungan terhadapa sinar matahari secara menyeluruh
Tabir surya hanyalah salah satu strategi perlindungan matahari yang efektif. Selain itu, rencanakan pula untuk membatasi terkena paparan sinar matahari mulai dari jam 10 pagi hingga 4 sore setiap harinya. Carilah tempat yang teduh saat berada di luar ruangan (outdoor),serta gunakanlah pakaian yang bisa melindungi kulit sepereti baju lengan panjang dan topi berukuran lebar. Ini akan membantu menurunkan peluangmu terkena penuaan kulit dan kanker kulit lebih dini.

• SPF
Riwayat pernah terkena luka sengatan matahari (sunburn), bisa menaikkan resikomu terkena kanker kulit. Muatan SPF (Sun Factor Protection) dari sebuah tabir surya akan memberitahumu tentang berapa banyak perlindungan yang diberikan dari radiasi sinar UV B, jenis sinar matahari yang menyebabkan kulit melepuh. SPF merupakan ukuran berapa lama lagi kamu bisa berada di bawah terik matahari sebelum sinar UV B akan membakarmu saat kamu tidak memakai tabir surya. Jika normalnya, butuh waktu 10 menit untuk terbakar tanpa memakai tabir surya, menggunakan SPF 30 secara teori mestinya memungkinkamu untuk tetap berada dbawah sinar matahari selama 300 menit. Bagaimanapun, juga, jika kamu menggunakan tabir surya lebih sedikit daripada jumlah yang dioleskan pabrik dalam rangka mencoba/ menguji SPF, kamu kemungkinan tidak akan mencapai maskimal dari perlindangan yang kamu kira. Agar bisa berada di jalur aman, gunakankah tabir surya yang setidaknya mengandung SPF 30.

• Tabir surya berspektrum luas (board spectrum)
Sementara SPF hanya berkaitan dengan perlindungan radiasi sinar UV B saja, namun penting juga untuk melindungi dirimu dari sinar UV A, jenis sinar matharai yang akan mempercepat penuaan kulit dan bisa berkontribusi pada kanker kulit. Carilah kalimat ‘board spectrum’ pada label tabir surya yang akan kamu beli, yang berarti tabir surya tersebut telah memenuhi persyaratan baru yang menganjurkan untuk melindungi kulit dari kedua jenis sinar matahari, yakni UVA dan UV B.

• Tahan air dan klaim lain dari produk tabir surya
Dibawah peraturan baru dari FDA (BPOM-nya Amerika), para produsen tidak boleh lagi mendefinisikan produknya sebagai ‘sun block’, ‘water proof’, ataupun ‘sweat proof’ karena hal itu melebih-melebihkan keefektifannya. Missal saja, tabir surya dengan embel-embel ‘tahan air’ harus mengatakan apakah produknya tetap bisa efektif selama 40 / 80 menit selama berenang atau berkeringat.

• Bahan baku
Bahan aktif dalam tabir surya masuk ke dalam dua kategori ; kimiawi (speerti avobenzone / oxybenzone) dan fisik (seperti zinc oxide, titanium dioxide). Jika kamu khawatir denagn bahan kimia, terutama karena memiliki jenis  kulit sensitif, maka pilihlah tabir surya fisikal yang akan memberimu perlindungan menyeluruh yang baik.

• Anjuran
Pastikan kamu benar-benar memilih produk tabir surya yang memang kamu sukai, sehingga pasti nantinya akan kamu gunakan. Jika kamu tidak suka baunya, atau rasa saat menggunakannya (karena terasa lengket), maka selanjutnya nanti pasti produk tersebut akan terbengkalai di kotak obat, di mana hal itu tidak akan berdampak baik sama sekali.

• Cara penggunaan yang tepat
Menggunakan tabir surya secara efektif sangatlah penting. Untuk itu:

  • Terapkan tabir surya sebelum kamu pergi ke luar ruangan, minimal 30 menit sebelumnya agar tabir surya bisa meresap ke daam kulitmu.
  • Jangan pelit! Saat digunakan untuk seluruh tubuh, takaran praktis dari jumlah tabir surya adalah satu ons (seukuran gelas seloki).
  • Hati-hati untuk tidak melewatkan setiap bagian kulit yang terbuka.
  • Oleskan lagi tabir surya setipa dua jam atau sgera setelah berenang atau banyak berkeringat.
1 comment… add one

Leave a Comment