≡ Menu
werno-werno.com

Manfaat Pentingnya Makan Sahur

Sahur adalah ritual khas yang rutin kita lakukan di setiap bulan puasa Ramadhan. Makan sahur biasa dilakukan menjelang terbitnya fajar, yang bertujuan untuk mempersiapkan tubuh agar kuat dan fit selama berpuasa. Sayangnya, banyak orang malas melakukan sahur karena malas harus bangun dini hari. Padahal, sahur bukanlah sekedar tradisi turun temurun yang ada di bulan Ramadhan, namun merupakan kunci penting bagi kelancaran dari puasa yang kita jalani. Berikut adalah beberapa alasan mengapa sahur sangat penting saat menjalani puasa:

pentingnya makan sahur

  • Sahur akan memberikan kita kekuatan dan vitalitas. Sahur merupakan sumber energi tubuh utama selama kita menjalani puasa seharian, terutama jika makanannya kaya akan karbohidrat yang bisa diserap secara perlahan.
  • Sahur bisa mencegah rasa mual dan sakit kepala selama jam-jam berpuasa, dengan cara meregulasi kadar gula dalam darah.
  • Dengan menjalani sahur bisa mengurangi rasa lapar selama berpuasa.
  • Sahur juga membuat proses pencernaan kita lebih mudah dan efisien.
  • Sahur juga membantu memenuhi kebutuhan nutrisi di bulan puasa, saat kita sahur dengan makanan yang bervariasi dan bergizi seimbang.

Agar acara makan sahurmu lebih sehat dan bergizi, berikut adalah tips-tips yang bisa kamu ikuti :

  • Menu makan sahur sebaiknya mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti protein, karbohidrat, vitamin dan mineral, dan berupa makanan yang bisa dicerna dengan mudah sehingga tidak menyebabkan rasa tidak nyaman di perut.
  • Minumlah cukup air saat sahur untuk menghindari rasa haus selama menjalani puasa.
  • Hindari sahur menggunakan makanan yang asin seperti makanan kaleng, asinan atau daging olahan serta makanan yang berlemak, gorengan dan makanan pedas. Karena semua tadi bisa meningkatkan rasa haus.
  • Makanan manis yang ringan seperti pudding / roti bisa dikonsumsi saat sahur karena bisa memberimu rasa kenyang dan memberikan tubuh energi serta gula yang diperlukan saat berpuasa, sehingga mencegahmu merasa lelah dan lemas di siang hari.
  • Contoh menu sehat saat sahur, bisa setara dengan semangkuk nasi atau spaghetti, 2 lembar roti atau semangkuk sereal gandum untuk sumber karbohidrat kompleksnya. Sedangkan untuk protein, bisa berupa 4 lembar keju, 60 gram daging atau 2 butir telur. Lengkapi pula dengan sayuran dengan jenis dan warna yang berbeda-beda, buah-buahan segar dan segelas susu atau yoghurt.
0 comments… add one

Leave a Comment