Manfaat Probiotik & Prebiotik Bagi Tubuh

by Ummi on May 22, 2015

Lagi dan lagi, para peneliti telah menggambarkan hubungan antara kesehatan kita dengan keseluruhan bakteri yang hidup di tubuh kita, terutama yang ada di perut. Dunia ini penuh dengan mikrorganisme, dan begitu pula dengan tubuh kita. Ada lebih dari 100 milyar mikroorganisme hanya ada di saluran pencernaan kita saja! Ada yang menyehatkan, yang disebut dengan ‘bakteri baik’, yang membantu lambung mencerna makanan dan mensintesis vitamin dan asam lemak esensial.

manfaat probiotik & prebiotik

Saat kita mengalami ketidakseimbangan jumlah antara bakteri baik versus bakteri jahat dalam tubuh kita (yang sering kali sebagai akibat dari suatu penyakit, diet, atau pengobatan/ antibiotik), kita bisa mengalami gejala dan bahkan kondisi kronis yang mungkin bisa saja kebal terhadap perawatan obat-obatan biasa.

Untuk menghindari hal tersebut, diperlukan adanya tambahan asupan akan jumlah probiotik & prebiotik. Lalu apa itu probiotik & prebiotik? Dan apa manfaatnya bagi tubuh kita? Berikut adalah ulasan lengkapnya :

Probiotik

Probiotik adalah organisme hidup (bakteri) yang mirip dengan karakter mikroorganisme bermanfaat yang ada di lambung manusia. Mereka tersedia terutama dalam bentuk suplemen dan makanan seperti yogurt, keju cottage, kefir, dan kimchi. Berdasarkan penelitian, manfaat mengkonsumsi probiotik biasanya berpusat disekitar gangguan pencernaan. Selain itu, Probiotik juga berguna dalam mensintesisvitamin, terutama vitamin B, menurunkan resiko alergi, mengurangi resiko karies gigi, dan bahkan mengatasi intoleransi laktosa. Berikut adalah beberapa kondisi yang bisa disembuhkan dengan beragam jenis probiotik :

  • Diare

Jenis probiotik : Lactobacillus rhamnosus GG, Saccharomyces boulardi, Enterococcus faecium, Lactobacillus acidophilus, Lactobacillus casei.

  • Sindrom iritasi usus (IBS) :

Jenis probiotik : Lactobacillus plantarum, Lactobacillus rhamnosus GG, Bifidobacterum infantis.

  • Infeksi jamur di vagina :

Jenis probiotik : Lactobacillus acidophilus, Lactobacillus reuteri RC-14, Lactobacillus rhamnosus GR-1.

  • Dukungan system imun :

Jenis probiotik : Lactobacillus plantarum, Lactobacillus salivarius, Lactobacillus reuteri, Lactobacillus casei, Bifidobacterum bifidum, bifidobacterum lactis.

  • Konstipasi / sembelit :

Jenis probiotik : Bifidobacterum animalis, Lactobacillus casei, Inulin (prebiotic), lactulosa (prebiotic).

Prebiotik :

Kita tidak bisa membahas probiotik tanpa menyertakan rekan kerjanya, prebiotik. Prebiotik adalah karbohidrat tidak tercena yang akan memberi makan probiotik. Mereka biasanya ditemukan dalam maknan seperti asparagus, pisang, oatmeal, dan artichoke. Beberapa manfaat kesehatan yang umumnya diasosiasikan dengan prebiotik meliputi pengurangan kadar kolesterol dan triglesirida, mengurangi resiko kanker usus, dan meningkatkan penyerapan mineral dan mungkin saja mengurangi efek dari bakteri yang berbahaya.

Secara umum, jika kamu ingin mempertahankan keseimbangan yang baik dari bakteri di usus, cukup dengan makan makanna yang sehat, tingkatkan diet kaya buah dan sayur, serta produk fermentasi. Kamu juga mungkin bisa mempertimbangkan menggunakan suplemen probiotik untuk kondisi tertentu, setelah berkonsultasi lebih dulu dengan tenaga professional.