≡ Menu
werno-werno.com

Manfaat Rivanol

Apakah kamu pernah mendengar istilah rivanol? Yap, rivanol merupakan salah satu jenis obat yang wajib ada di dalam kotak P3K di rumahmu. Kenapa rivanol penting bagi kita? Rivanol bisa jadi sangat bermanfaat saat kita sedang terluka. Rivanol bersifat bakteriostatik yang bisa membunuh dan menghambat pertumbuhan kuman.

pengertian dan kegunaan rivanolRivanol biasanya tersedia dalam kemasan botol kecil seperti betadine, jadi selain bisa menjadi persediaan dalam kotak P3K kamu juga bisa membawanya untuk keperluan darurat saat kamu sedang berpergian. Nah, sebenarnya apa saja sih manfaat rivanol itu sehingga kamu wajib memiliki obat ini dalam kotak P3K milikmu? Simak ulasan berikut ini,

Rivanol Menghambat Pertumbuhan dan Perkembangan Kuman

Jika anggota tubuhmu terluka dan mengalirkan darah sebaiknya kamu segera bersihkan agar tidak terjadi infeksi. Untuk mencegah infeksi, luka terbuka tidak bisa hanya dibersihkan saja, kamu perlu mengompres luka dengan rivanol. Bersihkan debu serta kotoran yang menempel pada luka baru kemudian luka bisa kamu kompres dengan rivanol. Rivanol bisa menghambat pertumbuhan serta perkembang biakan kuman jadi lukamu akan aman dan cepat kering. Rivanol bukan hanya bisa digunakan pada luka kecil, namun luka yang cukup parah atau bernanah pun bisa kamu atasi dengan rivanol.

Rivanol Dapat Membunuh Kuman

Selain menghambat pertumbuhan serta perkambangan kuman, rivanol juga mampu membunuh kuman sehingga kamu tidak perlu takut lagi terkena infeksi saat kamu terluka. Rivanol merupakan salah satu jenis obat yang sangat efektif untuk membunuh kuman pada luar kulit.

Rivanol Dapat Membantu Menyembuhkan Luka

Selain dapat mencegah infeksi karena mampu membunuh serta menghambat perkembangan kuman, rivanol juga mampu membantu menyembuhkan luka juga membantu mempercepat pengeringan luka. Jadi, rivanol merupakan salah satu obat yang bagus untuk mengompres luka. Luka bernanah atau borok juga bisa cepat kering apabila kamu mengkompresnya dengan rivanol.

Rivanol Bisa Menyembuhkan Bisul

Seperti manfaat daun sirih, rivanol juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan bisul. Bisul merupakan salah satu jenis infeksi kulit yang diakibatkan oleh bakteri berbentuk benjolan yang memunculkan nanah. Rivanol mampu membersihkan bisul juga membuat bisul cepat kering hingga mempercepat proses penyembuhan bisul.

Nah, itu dia tadi beberapa contoh manfaat rivanol. Di masyarakat, rivanol dianggap sebagai obat antiseptic karena kemampuannya membunuh kuman, namun sebenarnya rivanol bukanlah jenis obat antiseptic. Jika kamu butuh antispetik maka pergunakanlah alcohol atau yang lainnya untuk membersihkan lukamu, baru kemudian pergunakan rivanol untuk mengompres lukamu. Yang perlu diingat dari penggunaan obat ini adalah rivanol jenis obat luar jadi jangan sampai tertelan dan jauhkan dari jangkaian anak-anak ya!

0 comments… add one

Leave a Comment