≡ Menu
werno-werno.com

Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan & Kecantikan

Rumput laut merupakan sekelompok alga atau ganggang laut yang bisa dikonsumsi dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegunaan baik di bidang kecantikan atau sebagai makanan. Rumput laut mengandung sebagian besar komponen yang mempromosikan kesehatan dibandingkan dengan mayoritas tanaman lain dan makanan hewani yang tersedia di darat.

manfaat rumput laut

Rumput laut adalah sumber makanan yang kaya mineral penting seperti magnesium, kalsium, tembaga, kalium, selenium, seng, yodium, dan zat besi, sementara juga mengandung jumlah lemak yang sangat rendah. Rumput laut juga merupakan harta karun berupa antioksidan, fitonutrien dan serat yang kaya yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin yang hadir dalam rumput laut adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E dan vitamin K. Rumput laut juga mengandung asam lemak omega-3 dan semua asam amino penting yang diperlukan untuk tubuh sesuai dengan pedoman WHO & FAO.

Tanaman yang populer disebut nori di Negara Jepang ini, bisa diolah sebagai bahan es campur, sushi, sup, bahkan urap-urap. Tak hanya sebagai makanan, rumput laut juga dimanfaatkan dalam dunia kecantikan berkat kandungan antioksidan fucoxanthin, vitamin E dan vitamin C nya yang bermanfaat bagi kulit. Ingin tahu lebih dalam tentang manfaat rumput laut? Simak ulasannya berikut ini :

Manfaat rumput laut bagi kesehatan

Mengobati kanker

Rumput laut mengandung agen pelawan kanker yang mungkin ampuh dalam menyembuhkan tumor dan kondisi kanker lainnya seperti kanker usus besar dan leukemia. Rumput laut coklat seperti jenis kelp, wakame, dan kombu mengandung glikoprotein dan polisakarida sulfat disebut fucoidans yang memiliki immuno-stimulan, anti-virus, dan anti-kanker. Studi penelitian tentang efektivitas makanan rumput laut pada kanker payudara telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam mengurangi produksi hormon pemicu kanker, termasuk estrogen, dan memiliki kemampuan untuk menghambat proliferasi sel kanker ganas.

Sumber yodium

Rumput laut merupakan sumber yang kaya yodium, yang menyerap dalam jumlah yang cukup dari air laut. Yodium merupakan nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan yang tepat untuk semua kelompok umur. Hal ini penting untuk pengaturan normal fungsi tiroid, yang juga melibatkan otak dan kelenjar hipofisis.

Hormon tiroid juga memainkan peran penting dalam proses mielinasi sistem saraf pusat pada bayi baru lahir. Kekurangan yodium dalam tubuh dapat mengakibatkan kelainan seperti pembesaran tiroid atau gondok, hipotiroidisme, dan keterbelakangan mental. Yodium sangat penting dalam kehamilan dan menyusui untuk perkembangan normal dari sel-sel otak bayi. Kekurangan yodium selama periode ini atau awal masa kanak-kanak dapat menyebabkan pertumbuhan intelektual lemah dan perkembangan abnormal dari otak.

Membantu mengatasi obesitas

Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa memakan rumput laut memiliki efek anti-obesitas. Senyawa fucoxanthin yang hadir dalam rumput laut dapat membantu dalam mengurangi akumulasi lemak dan membantu penurunan berat badan. Karena kemampuannya untuk mempromosikan oksidasi lemak, rumput laut digunakan dalam pembuatan resep pil diet. Pil ini harus selalu dipertimbangkan terlebih dulu setelah berkonsultasi dengan tenaga medis profesional.

Bagus untuk kesehatan pencernaan

Rumput laut memiliki efek pencahar ringan dan cukup berguna dalam menjaga pencernaan yang sehat. Hal ini membantu dalam merangsang pelepasan enzim pencernaan, mendukung penyerapan nutrisi, dan memfasilitasi metabolisme lemak. Penelitian telah menunjukkan bahwa polisakarida memberi efek prebiotik pada usus, yang membantu dalam menormalkan fungsi dari bakteri perut yang menguntungkan dan melindungi dinding lambung terhadap bakteri berbahaya.

Mengontrol diabetes

Senyawa Fucoxanthin yang hadir dalam ganggang coklat telah terbukti efektif dalam mengerahkan efek anti-diabetes. Seiring dengan ini, penyerapan trigliserida dari rumput laut Laminaria japonica, yang juga dikenal sebagai ‘kombu’, telah dipuji karena efeknya pada diabetes. Seperti yang dinyatakan oleh penelitian, efek anti-diabetes dapat dikaitkan dengan kehadiran asam alginat dalam rumput laut kombu.

Merawat kesehatan gigi

Ekstrak rumput laut telah lama diapresiasi untuk efek pencegahan mereka dalam pertumbuhan gigi berlubang. Sifat anti-inflamasi bertanggung jawab untuk perbaikan dalam fungsi kelenjar ludah dan membuat jaringan mulut lebih tahan terhadap kerusakan. Alginat, garam dari asam alginik yang diekstraksi dari rumput laut, sangat berguna dalam pembuatan cetakan gigi.

Berfungsi sebagai anti koagulan

Penelitian laboratorium telah membuat jelas bahwa rumput laut memiliki sifat antioksidan dan anti-koagulan. Anti-koagulan, juga dikenal sebagai pengencer darah, mencegah pembentukan pengentalan darah dan mengurangi ancaman stroke, gagal jantung, dan obstruksi pada pembuluh darah dan arteri. Polisakarida yang disebut fucoidans, yang hadir dalam ganggang coklat, seperti jenis Turbinaria ornate, kelp, dan bladderwrack mengerahkan efek yang menguntungkan ini.

Alat Detoksifikasi

Rumput laut memiliki kemampuan untuk detoksifikasi dan membersihkan tubuh dan memfasilitasi ekskresi limbah beracun. Properti pengikat dari penyerap alami, alginat, yang hadir dalam rumput laut, membuat bahan beracun, termasuk logam berat seperti timbal, merkuri, dan polutan lainnya dicerna dan dihilangkan mereka dari tubuh melalui buang air besar.

Mengobati influenza

Rumput laut memiliki sifat anti-virus yang telah terbukti menjanjikan dalam memberikan efek perlindungan terhadap virus Influenza B. Ekstrak rumput laut menghalangi penyerapan partikel virus berbahaya dalam sel-sel dan mencegah tubuh dari terkena infeksi.

Mendukung kesehatan jantung

Rumput laut telah berguna dalam mempertahankan tingkat trigliserida dan kolesterol dalam tubuh yang lebih rendah. Hal ini membantu dalam menjaga kesehatan jantung, sirkulasi halus dalam pembuluh darah, dan mencegah kondisi yang fatal seperti gagal jantung, aterosklerosis, dan penyakit arteri perifer.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

0 comments… add one

Leave a Comment