Manfaat Senam Kegel Bagi Pria dan Wanita

by Ummi on October 18, 2017

Jika ada satu jenis latihan yang harus dilakukan oleh wanita dari segala usia, salah satunya pasti adalah latihan Kegel. Bukan hanya wanita, pria juga bisa mendapatkan keuntungan dari melakukan latihan ini. Latihan kegel, juga dikenal sebagai latihan dasar panggul, terdiri dari kontraksi berulang kali dan relaksasi otot dasar panggul agar lebih kuat. Diantara fungsi lainnya, otot-otot ini adalah kunci untuk mengendalikan aliran buang air kecil dan berperan dalam respons seksual saat bersenggama.

Manfaat senam Kegel

Seiring waktu, banyak faktor yang bisa melemahkan otot dasar panggul Anda. Beberapa faktor ini meliputi kehamilan, persalinan, operasi, penuaan, ketegangan yang berlebihan dari konstipasi atau batuk kronis, dan kelebihan berat badan. Memperkuat otot dasar panggul Anda akan menguntungkan Anda dalam banyak hal. Untuk itu, kamu perlu secara rutin melakukan latihan Kegel.

Cara melakukan latihan kegel :

Terlepas dari berapa usiamu sekarang ini, kamu selalu bisa mulai melakukan latihan Kegel dan ini akan membantumu bila dilakukan dengan benar. Latihannya mudah dilakukan dan bisa dilakukan dimana saja tanpa ada yang tahu. Anda bisa melakukannya secara diam-diam kapanpun kamu bisa – sambil duduk di mejamu, menunggu di lampu merah atau bersantai di sofa.

Untuk melakukan latihan Kegel:
1. Sementara Anda bisa melakukan ini di mana saja, jika kamu berada di rumah, temukan tempat yang sepi untuk duduk atau berbaring.
2. Cari dan temukan otot Kegel mu. Otot-otot inilah yang kamu gunakan untuk menghentikan aliran urine saat buang air kecil.
3. Sebaiknya kosongkan kantung kemih terlebih dulu sebelum kamu melakukan latihan ini. Ambil posisi berbaring. Kencangkan otot kegel mu, tahan hingga 5 detik, kemudian lepaskan.
4. Kemudian, rileks selama 5 detik dan ulangi lagi. Otot perut, punggung, bokong, dan paha Anda seharusnya tidak dikencangkan saat Anda melakukan ini.
5. Ulangi 10 sampai 20 kali per sesi.
6. Lakukan ini minimal 3 kali sehari.

Untuk mulai bisa merasakan efeknya, Anda harus melakukan latihan ini secara teratur selama beberapa bulan – beberapa kali sehari selama beberapa menit setiap kalinya.

Manfaat Rajin Melakukan Senam Kegel

Memberikan dukungan pada beberapa organ

Latihan ini menargetkan otot dasar panggul agar tetap kuat dan sehat. Otot panggul yang kuat sangat penting, karena membantu menahan semuanya di tempat semula, seperti kandung kemih, usus halus, rektum dan bahkan rahim. Bahkan, otot ini berfungsi sebagai semacam tempat tidur gantung untuk organ tersebut. Melakukan latihan Kegel secara teratur akan menjaga organ internal tetap pada tempatnya dan juga memastikan organ tubuh bekerja sebagaimana mestinya. Otot dasar panggul yang kuat juga mendukung tulang belakang Anda untuk postur tubuh yang lebih baik, mengurangi rasa sakit dan membantu mencegah cedera.

Mencegah atau Mengontrol Inkontinensia urin

Melatih otot dasar panggul dapat membantu mengobati serta mencegah inkontinensia urin, yang merupakan kebocoran urin tanpa disengaja atau kehilangan kontrol kandung kemih. Hal ini menyebabkan kecelakaan dan keluarnya kencing tanpa disadari. Berhubung latihan kegel dapat memperkuat otot panggul, ini akan membantu memperbaiki kontrol kandung kemih dan mengurangi kebocoran urin pada pria dan wanita. Bahkan, melakukan latihan kegel setelah buang air kecil bisa membantu menghentikan inkontinensia setelah kencing. Hal ini juga bermanfaat untuk mengurangi stres inkontinensia.

Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam laporan Advances in Nursing melaporkan bahwa latihan kegel dapat membantu wanita mengatasi masalah inkontinensia urin. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan. Sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan di Global Journal of Health Science menemukan bahwa latihan otot panggul adalah mekanisme pemberdayaan bagi wanita yang tidak mampu dalam meningkatkan kualitas hidup dan harga diri mereka. Studi ini merekomendasikan latihan ini untuk orang tua yang menderita inkontinensia urin.

Memfasilitasi Kelahiran Secara Normal

Melakukan latihan kegel sepanjang kehamilan dapat mempersiapkan tubuh Anda untuk persalinan normal. Latihan ini akan memperkuat otot yang mendukung kandung kemih, vagina dan bagian belakang Anda. Otot panggul yang kuat mengurangi jumlah wanita yang harus mengalami regangan selama persalinan. Juga, waktu kerja akan lebih pendek dan akan ada sedikit robeknya jalan lahir. Selain itu, latihan ini juga meningkatkan sirkulasi darah di sekitar daerah vagina dan dubur, yang juga penting untuk persalinan yang lancar dan bebas dari ketegangan dan penyembuhan perineum setelah melahirkan.

Latihan kegel tidak hanya memastikan kelancaran persalinan, namun juga membantu pemulihan dengan cepat setelah melahirkan. Mereka membantu Anda mendapatkan kembali kekencangan vagina dan juga mencegah inkontinensia urin.

Mengembalikan Fungsi Ereksi

Melakukan latihan Kegel juga dapat membantu memperbaiki disfungsi ereksi dan ejakulasi dini pada pria dengan mengembalikan fungsi ereksi. Ini membantu mendukung otot bulbocavernosus, yang merupakan salah satu otot dasar panggul, yang memungkinkan penis untuk membesar dengan darah saat ereksi, sehingga membantu dalam ejakulasi. Otot bulbocavernosus biasanya merupakan otot dasar panggul pertama yang melemah.

Sebuah studi tahun 2004 yang diterbitkan dalam The British Journal of General Practice juga melaporkan bahwa latihan otot dasar panggul dan biofeedback dapat membantu mengatasi disfungsi ereksi pada pria. Selain itu, karena latihan ini melibatkan kontraksi dan juga relaksasi otot dasar panggul, itu juga akan menguntungkan disfungsi ereksi yang disebabkan oleh pengetatan otot yang berlebihan, baik karena stres atau latihan atletik yang berat. Selain itu, meningkatkan aliran darah ke penis.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2