Manfaat Susu Almond Bagi Kesehatan

by Ummi on October 15, 2017

Jika kamu sedang mencari pengganti susu sapi, susu almond adalah alternatif yang menakjubkan. Susu almond adalah pengganti susu sapi yang solid, tapi perlu diingat bahwa protein yang terkandung didalam susu almond tidak sebanyak protein dan kalsium yang ada dalam susu sapi. Meski begitu, masih ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari minuman yang rasanya lezat ini, jadi sangat cocok bagi mereka yang vegetarian, yang tidak suka minum susu sapi, atau tidak toleran (sensitif) dengan susu sapi.

manfaat susu almond

Cara membuat susu almond pun sangat mudah : Pertama, rendam kacang almond semalaman di dalam air dan bilaslah. Blender almond dengan tambahan air putih. Anda bisa menambahkan pemanis seperti gula atau madu, untuk penambah rasa. Saring ampasnya menggunakan saringan halus dan susu almond pun siap dikonsumsi. Campuran sisa ampasnya juga bisa dikeringkan dan digunakan dalam makanan Anda. Anda juga bisa menyiapkan susu almond dengan mencampur mentega almond dengan air. Berikut adalah manfaat dari susu almond yang perlu kamu tahu :

Membantu menurunkan berat badan

Ini mungkin tidak mengandung protein atau kalsium sebanyak susu sapi biasa, tapi yang baik adalah susu almond tidak mengandung banyak kalori. Secangkir susu sapi whole milk bisa mengandung hingga 146 kalori, sementara secangkir susu almond mengandung sedikitnya hanya 60 kalori. Manfaat di sini jelas: Mengganti susu dengan susu almond dapat membantumu menurunkan beberapa kilogram jika itu adalah prioritasmu saat ini.

Baik bagi jantung

Susu, untuk semua kebaikannya, adalah salah satu kemewahan yang kita nikmati, namun apabila terlalu banyak bisa benar-benar buruk bagi kita. Meski kaya protein dan kalsium, tapi susu juga kaya akan kalori, lemak jahat, dan kolesterol. Namun tidak begitu dengan susu almond. Faktanya, susu jenis ini mengandung sedikit kalori, nol kolesterol dan bebas lemak jenuh.
Salah satu manfaat kesehatan yang luar biasa dari susu almond adalah kandungan sodiumnya juga sangat sedikit, tapi kaya akan lemak sehat. Ini berarti itu sehat untuk jantung Anda dan bisa mencegah penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Studi penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kacang almond dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Ini jauh lebih baik daripada makanan lain yang menambah kadar kolesterol jahat, yang merupakan biang keladi di balik banyak penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya. Mengkonsumsi susu almond menjamin adanya potassium dalam tubuh yang merupakan elemen kunci yang bertindak sebagai vasodilator dan mengurangi ketegangan pada jantung.

Memperkuat tulang

Susu almond mengandung kalsium, yang dibutuhkan untuk menjaga dan membentuk gigi dan tulang yang sehat. Kalsium diperlukan untuk pembekuan darah, rileksasi otot, dan menjaga denyut jantung tetap normal. Memasukkan susu almond ke dalam diet akan memasok kalsium ke tubuh dan memberi manfaat pada pertumbuhan tulang orang dewasa dan bayi yang sehat. Ini juga membantu mengurangi risiko osteoporosis. Satu porsi susu almond mengandung 30% kebutuhan kalsium harian, yang berfungsi bersama dengan vitamin lain seperti vitamin D untuk memastikan tulang kita tetap kuat sampai usia tua kita.

Ramah bagi vegetarian

Mengubah gaya hidup menjadi vegetarian adalah pilihan hidup yang besar, dan pilihan hidup yang jauh lebih sulit dibandingkan dengan apa yang disadari beberapa orang. Susu almond sangat ideal bagi vegetarian untuk dijadikan sebagai pengganti susu biasa, karena mengandung vitamin B penting yang dibutuhkan tubuh Anda.

Dipenuhi dengan antioksidan

Antioksidan adalah garis pertahanan tubuh pertama dalam melawan molekul nakal yang disebut radikal bebas yang memiliki misi menyebabkan kekacauan sebanyak mungkin di tubuh Anda. Salah satu manfaat kesehatan luar biasa dari susu almond adalah susu jenis ini dipenuhi dengan antioksidan yang melindungi Anda dalam melawan radikal bebas yang jahat, berpatroli di sistem Anda sehingga kamu tetap bersih dan sehat.

Mengurangi kembung

Salah satu gejala menjengkelkan yang terkadang bisa datang dengan minum susu sapi adalah perut kembung. Tapi susu almond bisa menghilangkan gejala ini. Menurut The Milk Monitor Report, 30% dari mereka yang diuji mengatakan bahwa mereka mengalami penurunan kembung dibandingkan dengan saat meminum susu biasa.

Bagus untuk kulit

Salah satu manfaat kesehatan yang besar dari susu almond adalah dapat membantu menjaga kulit tetap segar. Kulit sehat, bercahaya penting bagi wanita muda. Tak satu pun dari kita ingin terlihat tua sebelum masanya. Memang, salah satu masalah kecantikan terbesar adalah penuaan kulit. Berkat susu almond, yang bisa memberi lebih dari separuh jumlah vitamin E yang dianjurkan setiap hari, kamu dapat merawat kulit dengan baik, melindunginya dari faktor penuaan, seperti kerusakan akibat sinar matahari.

Memulihkan tenaga dengan cepat

Jika kamu seorang pecinta olahraga, kamu mungkin sudah tahu tentang semua sakit dan nyeri yang mendera seusai sesi latihan yang berat. Terkadang, sakit dan nyeri ini berlangsung lama selama beberapa hari dan bahkan membuatmu untuk libur pergi ke gym. Susu almond bisa menjadi minuman post-workout terbaik yang pernah Anda coba. Meskipun tidak mengandung protein sebanyak susu biasa (nutrisi utama yang mempercepat proses penyembuhan), susu almond kaya akan vitamin B, seperti riboflavin dan zat besi, yang bisa meningkatkan kekuatan pemulihan Anda.

Meningkatkan Penglihatan

Susu almond kaya akan berbagai vitamin, termasuk vitamin A, yang penting untuk berfungsinya mata. Penggunaan komputer, ponsel pintar, dan tablet biasa terjadi di sebagian besar kantor dan rumah di zaman modern sekarang ini. Penggunaan konstan terhadap perangkat ini dapat mempengaruhi penglihatan pengguna sampai batas tertentu. Kondisi ini bisa diobati secara alami dengan meningkatkan asupan vitamin A yang bisa Anda akses dalam susu almond.