Manfaat Tak Terduga Dari Kapur Barus (Kamper)

by Ummi on December 25, 2017

Anda mungkin tahu seperti apa yang bau dari kapur barus, bahkan jika Anda tidak tahu namanya. Kapur barus atau juga disebut kamper adalah salah satu bahan yang biasa kita letakkan di lemari pakaian atau kamar mandi untuk menjaga dari serangan serangga dan agar tidak berbau apek.

manfaat kamper

Kamper adalah zat padat berlapis lilin, yang mudah terbakar, berwarna putih atau transparan yang ditemukan di kayu kamper laurel, pohon asli dari Asia. Obat ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama bertahun-tahun di negara-negara Asia. Kamper tersedia dalam bentuk batu kecil dan minyak esensial yang diekstraksi dari pohon kapur barus. Ia memiliki khasiat antiseptik, anestesi, anti-inflamasi, stimulan, antirematik, antineuralgik, antispasmodik dan sifat sedatif. Karena khasiat obatnya, kapur barus digunakan sebagai salah satu bahan utama dalam banyak produk perawatan kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat tak terduga dari kapur barus yang perlu kamu tahu :

Menyembuhkan batuk

Kamper adalah obat yang baik untuk batuk. Bau kuatnya memiliki kekuatan untuk membersihkan dada yang sesak dan menyingkirkan hidung tersumbat. Faktanya, beberapa obat gosok dada dan tenggorokan khusus untuk batuk dan pilek mengandung kamper sebagai salah satu bahan utamanya.

  • Campur 4 atau 5 tetes minyak esensial kamper dengan 1 sendok makan minyak almond. Gosok perlahan minyak ini ke dada selama beberapa menit. Gunakan sesuai kebutuhan.
  • Untuk mengobati batuk kronis, menghirup uap sangatlah efektif. Masukkan beberapa tetes minyak esensial kapur barus ke dalam semangkuk air panas. Hiruplah uapnya untuk mendapatkan bantuan dari nyeri dada dan batuk.

Menghilangkan jerawat

Kamper juga bermanfaat dalam mengobati jerawat. Ini membantu membersihkan jerawat dan mencegah munculnya jerawat di masa depan.

  1. Sifat anti-inflamasinya membantu mengurangi peradangan, pembengkakan dan kemerahan pada kulit Anda. Masukkan 1 cangkir minyak kelapa extra-virgin ke dalam stoples kedap udara.
  2. Tambahkan 1 sendok teh minyak kapur barus dan campurkan dengan merata.
  3. Setelah mencuci muka dengan pembersih, lap wajahmu sampai kering dan oleskan beberapa campuran minyak pada jerawat.
  4. Pijatkan ke dalam kulit selama 5 menit.
  5. Biarkan semalaman.
  6. Keesokan paginya, bersihkan minyak dengan air hangat dan pembersih.
  7. Lakukan sekali sehari.

Melegakan hidung tersumbat

Kamper bekerja sebagai dekongestan alami yang memberikan kelegaan cepat dari hidung yang tersumbat dan membuat pernapasan  menjadi mudah dan nyaman kembali.

  • Campur sedikit minyak kamper dengan 1 sendok makan minyak mustard hangat. Gosokkan campuran ini dengan lembut di dada, punggung dan tenggorokan sebelum tidur untuk membuat pernapasan lebih mudah dan tidur lebih nyenyak.
  • Anda juga bisa mengoleskan krim berbasis kamper di atas dada di dada beberapa kali sehari untuk mengatasi hidung tersumbat.

Mengobati cold sores

Cold sores atau luka yang terdapat di sekitar mulut sangat umum terjadi, sangat menular, dan menyebabkan banyak rasa sakit dan iritasi. Untuk mengobati cold sores, cobalah kapur barus. Hal ini dianggap aman dan efektif untuk sementara mengurangi rasa sakit dan gatal akibat lesi, karena sifat analgesik dan anti-inflamasinya. Minyak esensial kamper juga memiliki sensasi pendinginan yang membantu mengobati dan menyembuhkan cold sores.

  1. Campurkan 2 atau 3 tetes minyak esensial kamper dengan 1 sendok makan minyak kelapa extra-virgin yang sudah dilelehkan.
  2. Gunakan kapas untuk menerapkannya pada luka.
  3. Ulangi 3 atau 4 kali sehari.

Membunuh kutu rambut

Kamper, bila digunakan bersama dengan minyak kelapa, bisa dijadikan sebagai obat yang ampuh untuk menyingkirkan kutu rambut. Sementara minyak kelapa akan mencekik kutu, kapur barus akan membantu membunuh kutu karena sifat antiparasitnya.

  1. Campur 1 sendok makan kapur barus yang dihancurkan dan 2 sendok makan minyak kelapa.
    Oleskan pada rambut Anda, konsentrasilah terutama pada kulit kepala dan akar rambut Anda.
  2. Kenakan penutup kepala (shower cap) dan biarkan semalaman.
  3. Cuci keesokan harinya dengan sampo.
  4. Gunakan obat ini 2 atau 3 kali seminggu selama sebulan untuk menyingkirkan kutu rambut.

Menyembuhkan nyeri otot

Baik itu untuk nyeri otot jenis apapun, kapur barus adalah pengobatan yang sangat efektif, karena sifat anti-inflamasinya. Memijat area yang menyakitkan dengan minyak esensial kapur barus dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah dan mengurangi kekakuan, yang pada gilirannya meningkatkan penyembuhan.

  1. Campur 5 atau 6 tetes minyak kapur barus dengan 1 sampai 2 sendok makan minyak zaitun hangat.
  2. Gunakan untuk memijat daerah yang terkena nyeri satu atau dua kali sehari.

Perhatian : Jika dengan memijat malah membuat rasa sakit semakin parah, berhentilah melakukannya dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Menenangkan tumit pecah-pecah

Jika Anda khawatir dengan tumit retakmu, kapur barus adalah obat rumah yang tepat untuk Anda.

  1. Ini akan membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh retakan dan juga mempercepat proses penyembuhan. Campurkan sepotong kapur barus ke air hangat.
  2. Rendam kaki Anda di dalamnya selama 10 menit
  3. Gosok kaki Anda dengan batu apung.
  4. Bilas dengan air bersih dan lap sampai kering.
  5. Gosok sejumlah kecil Vicks VapoRub (yang mengandung kamper) di tumit dan kaki Anda
  6. Pakailah sepasang kaus kaki dan kenakan mereka dalam semalam.
  7. Ulangi setiap hari.