Manfaat Teh kombucha Memperpanjang Umur?

by Ummi on September 2, 2014

Teh kombucha memang teh luar biasa, disamping manfaat dan khasiat teh tersebut bagi kesehatan yang sangat dahsyat sebagaimana manfaat teh hijau, teh jenis ini juga diyakini bisa membuat umur panjang bagi orang yang mengkonsumsinya. Tentunya pernyataan ini didasari oleh penelitain yang dilakukan para ilmuwan.

Khasiat Teh kombucha untuk memperpanjang umur

Barangkali apa yang disebut sebagai ‘umur panjang’ atau ‘panjang umur’ itu relatif sifatnya. Di kalangan kita yang tinggal di Indonesia, mungkin usia 70 sampai 80 tahun bisa dikatakan sebagai umur panjang. Karena kita mempercayai umur standar hanya sampai pada usia 60 tahun. Begitu pula yang terjadi di Amerika. Konon, orang-orang yang hidup di negri paman sam sono bila mencapai umur 100 tahun mendapat semacam penghargaan.

Tetapi berbeda dengan yang terjadi di Rusia, tepatnya di daerah bernama Kargasok. Di Kargasok, orang-orang yang mencapai umur 100 tahun tidak dianggap istimewa, karena di sana sudah biasa jika mencapai usia segitu. Lebih dari itu, orang-orang di Kargasok yang telah mencapai usia 100 tahun ini tetap produktif, tetap sehat dan kuat, sehingga tetap dapat bekerja untuk menghidupi keluarganya.

Fenomena ‘aneh’ yang terjadi pada masyarakat Kargasok ini kemudian menggelitik naluri para ilmuwan dan peneliti untuk melakukan riset terhadap kehidupan masyarakat di sana untuk menyingkap apa yang menjadi rahasia dari kehidupan panjang umur mereka sekaligus vitalitas fisik yang tetap mereka miliki hingga di usia senja.

Seperti yang telah diduga sebelumnya, rahasia panjang umur dari orang-orang di kawasan Kargasok ini disebabkan karena gaya hidup yang sehat, baik secara jasmani maupun rohani. Mereka menghindari rokok dan alkohol, terbiasa hidup dalam rasa kekerabatan dan kekeluargaan. Namun, di atas itu semua, ada hal yang tidak biasa menyangkut penduduk di kawasan Kargasok ini, yakni mereka sangat gemar sekali mengkonsumsi suatu jenis minuman yang biasa mereka nikmati dalam kehidupan mereka sehari-hari. Para peneliti kemudain mengetahui bahwa minuman kegemaran para penduduk di kawasan Kargasok itu adalah teh kombucha. Hanya saja orang-orang di Kargasok menyebutnya denagn nama tea kvass.

Dari situlah, dan dari penelitian selanjutnya, kemudian para peneliti menyimpulkan bahwa teh kombucha ini memiliki peranan penting dalam memperpanjang usia..