≡ Menu
werno-werno.com

Manfaat Timun

Timun atau Ketimun merupakan buah yang sering kita jumpai. Selain karena buahnya gampang di tanam juga harganyamurah. Buah ini terdiri dari 95% air dan rendah lemak, kalori serta sodium. Selain itu ketimun memiliki kandungan seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, B-6, magnesium, protein, mangan, kalium, asam pantotenat, thiamin, riboflavin, folat, zat besi, kalsium, tembaga, seng juga fosfor.

kandungan dan manfaat timun

Wah… banyak banget ya kandungan dari buah yang sering dijadikan lalapan ini. Lalu apa saja manfaat timun bagi kesehatan juga kecantikan? Mari kami jabarkan satu per satu.

Kesehatan

    • Membantu mencegah kanker serta mencegah resiko penyakit jantung. (baca : Mencegah Kanker Payudara & Makanan Yang Menyehatkan Jantung). Ini karena timun memiliki kandungan berbagai antioksidan seperti flavonoid, kaempferol, apigenin, quercetin, luteolin, serta vitamin C & beta karoten. Antioksidan tersebut juga bisa membantu memerangi radikal bebas yang biasanya menyebabkan penyakit terkait usia. (baca : Manfaat Antioksidan Bagi Kulit)
    • Menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tentu saja karena timun terdiri dari 95% air makan buah ini mampu menjagamu tetap terhidrasi pada saat cuaca sedang panas juga menetralisir toksin yang ada dalam tubuh.
    • Dalam 100 gram buah timun terdapat sekitar 147 mg kalium / potassium terbaik. Senyawa elektrolit ini berguna untuk mengurangi tingkat tekanan darah tinggi, mengurangi denyut jantung dengan cara memiminimalkan efek natrium. Nah, sekarang kamu tau kan mengapa timun sangat dianjurkan bagi penderita hipertensi? (baca : Cara Alami Turunkan Darah Tinggi)
    • Mentimun bisa dijadikan makanan sehat untuk mengatasi sembelit kronis, hal ini karena timun memiliki kandungan lemak yang rendah yaitu 15 gr dalam tiap 100 gramnya.
    • Selain sembelit, timun juga bisa membantu mengatasi penyakit pencernaan lain yaitu asam lambung, gastritis, mulas, serta tukak lambung. Mengkonsumsi buah mentimun langsung atau jus mentimun bisa mengatasi masalah pencernaan tersebut.
    • Bagi penderita diabetes, dianjurkan untuk meminum jus timun. Timun memiliki hormone yang diperlukan pancreas untuk memproduksi insulin yang sangat berguna untuk penderita diabetes.
    • Karena rendah lemak juga, buah timun menjadi salah satu makanan yang bisa menjaga berat badan. Di dalam usus, timun akan berbentuk seperti gel dan hal ini akan memperlambat proses pencernaan, jadi rasa kenyang akan lebih lama. Itulah mengapa makanan berserat tinggi mampu mengontrol berat badan sehat.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

3 comments… add one

Leave a Comment

Next post:

Previous post: