Manfaat Tumbuhan Dandelion Untuk Kesehatan

by Ummi on March 23, 2017

Kita mungkin berpikir dandelion hanyalah tanaman perdu yang menjengkelkan, tapi saatnya untuk mengubah keyakinan itu. Dandelion memang lebih dikenal sebagai gulma yang akan diinjak atau dicabut, tapi tahukah kamu ? Dandelion benar-benar telah digunakan secara medis selama berabad-abad.

Referensi pertama dari dandelion yang digunakan sebagai obat ditulis kembali pada abad 10 dan 11 oleh Timur Tengah. Di Wales, di abad ke-13, banyak orang yang menggunakan akar dan daun dandelion untuk mengobati berbagai penyakit.

Budaya tradisional telah menggunakan dandelion hijau untuk mendukung kesehatan pencernaan dan hormon, dan mereka sering dikonsumsi untuk mendukung laktasi dan membantu menyembuhkan masalah seperti infeksi saluran kemih.

Semua bagian dari dandelion bisa dimakan dan dimanfaatkan, menawarkan penggunaan dari segi obat dan kuliner. Mereka bisa dimakan dalam bentuk dikukus, dipanggang, kering atau bahkan mentah. Dandelion sarat dengan antioksidan. Mereka tinggi vitamin A dalam bentuk karotenoid antioksidan, atau dikenal sebagai beta-karoten, serta vitamin C. Mereka terutama merupakan sumber kalsium dan zat besi yang baik, bersama dengan sejumlah mineral lain seperti tembaga, mangan, fosfor, kalium dan magnesium. Plus, akar dandelion mengandung inulin dan luteolin, yang dikenal untuk membantu mengatur gula darah serta taraxacin yang membantu dalam merangsang pencernaan.

Berikut adalah beberapa manfaat dan kegunaan dandelion bagi kesehatan :

Mencerahkan kulit

Berkat kandungan magnesium dan zat besi begitu juga kemampuan potensialnya untuk mendukung detoksifikasi, daun dandelion sangat bagus untut meningkatkan kecerahan kulit dan mendukung kesehatan kulit. Jika kamu menderita jerawat, terapkan jus daun dandelion ke area yang terdmpak untuk menghambat infeksi bakteri dan mengurangi tonjolan dan masalah terkait jerawat lainnya. Berhubung dandelion juga mengandung vitamin C yang tinggi, mereka juga membantu mempercepat penyembuhan sembari mengurangi inflamasi.

Karena dandelion juga termasuk tanaman diuretic (peluruh kencing), maka mereka bisa mendorong lebih banyak urin untuk dikeluarkan guna membersihkan tubuh dari racun, sehingga juga mendukung kulit yang lebih cantik.

Melawan infeksi kulit

Disamping membersihkan jerawat dan mendukung kulit yang lebih cantik, cairan putih seperti susu yang kamu lihat saat mematahkan batang dandelion juga dapat membantu melawan infeksi kulit. Itu karena zat tersebut tidak hanya tinggi basa, namun juga menawarkan khasiat antijamur dan antikuman. Kamu bisa menggunakannya untuk membantu meredakan beberapa gejala kondisi kulit, termasuk iritasi dan gatal akibat eksim, psoriasis dan ringworm.

Melegakan sakit perut dan kembung

Banyak orang yang menggunakan dandelion untuk melegakan masalah yang berkaitan dengan perut seperti kembung, sakit perut, dan konstipasi. Dalam pengobatan tradisional China dan Amerika, daun dandelion telah digunakan untuk tujuan ini selama ribuan tahun.

Beberapa komponen dari dandelion, terutama kandungan serat makanannya yang tinggi, membuatnya bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Serat makanan membantu merangsang pergerakan usus yang lebih sehat dengan menambahkan kepadatan pada tinja dan juga memperkecil peluang konstipasi dan diare. Dengan meregulasi pergerakan usus yang lebih sehat, dandelion juga mencegah masalah pencernaan yang lebih serius. Berhubung dandelion menawarkan efek melegakan yang lembut, mereka sering diresepkan bagi anak-anak yang berjuang dengan konstipasi.

Salah satu cara terbaik untuk menggunakan dandelion untuk mendukung pencernaan yang lebih baik adalah dengan membuat teh dandelion. Caranya, tuangkan satu gelas air mendidih ke atas 2 atau 2 sendok teh daun dandelion kering.

Meredakan nyeri sendi dan otot

Menggunakan dandelion secara eksternal tidak hanya bisa meningkatkan kecantikan dan kesehatan kulitmu, namun juga bisa meredakan nyeri sendi dan otot dengan cara menjadikannya minyak mandi.

Untuk membuat minyak mandi dandelion, kamu harus memilih secukupnya bunga dandelion untuk diisikan ke satu wadah kaca. Setelah penuh, tuangkan sedikit minyak zaitun extra-virgin ke atasnya sampai mereka benar-benar tertutup. Jika kamu ingin, kamu juga dapat menambahkan bunga lavender kering yang menawarkan aroma lavender yang harum dan santai. Aduk hati-hati campuran tadi untuk menghilangkan gelembung udara menggunakan gagang kayu peralatan masak atau sumpit. Tutup wadah dengan tutup berongga seperti penyaring kopi atau kain anyaman, dan gunakan karet gelang untuk mengikatnya. Tempatkan wadah di bawah sinar matahari dan biarkan terendam selama setidaknya dua minggu. Saring dan simpan di tempat yang sejuk dan gelap.

Menurunkan tekanan darah

Jika kamu rentan memiliki tekanan darah tinggi, dandelion dapat membantu menstabilkan tekanan darahmu. Khasiat diuretiknya membantu meningkatkan frekuensi dan jumlah urin dipercaya menjadi alasan dibalik kemampuannya ini, selain kadar potasiumnya yang tinggi, yang dikenal mampu menurunkan tekanan darah.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2