Manfaat Vitamin E Bagi Kulit & Rambut

by Ummi on August 6, 2015

Kamu bisa menemukan banyak produk kecantikan yang tak terhitung jumlahnya yang menjadikan vitamin E sebagai bahan baku utamanya. Lalu, apa sih keistimewaannya? Vitamin E merupakan antioksidan kuat yang larut dalam lemak yang berfungsi meremajakan kesehatan begitu pula kecantikanmu.

Vitamin E meliputi 8 kelompok senyawa, termasuk diantaranya Tokoferol dan Tokotrienol. Kedua senyawa ini bekerja sebagai peningkat sistem daya tahan tubuh, meningkatkan sirkulasi yang baik, mengatur gula darah, menjaga jantungmu tetap sehat, mencegah kerusakan otak akibat stroke, dan melawan beberapa jenis kanker tertentu. Diantara sumber makanan yang banyak mengandung vitamin E adalah minyak zaitun, minyak kelapa, alpukat, biji bunga matahari, kacang tanah, dan biji-bijian utuh (whole grain).

manfaat vitamin E

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari vitamin E bagi kesehatan kulit dan rambutmu :

1. Merangsang pertumbuhan rambut

Vitamin E memiliki perangkat antioksidan yang membantu memperbaiki folikel rambut yang rusak dan mencegah korosi jaringan, sehingga nantinya akan mendorong pertumbuhan rambut yang sehat. Vitamin E juga akan melakukan deep conditioning pada rambut mulai dari akar hingga ke ujung, untuk membuatnya lebih sehat dan berkilau, dan bahkan mencegah pemutihan rambut (uban) sebelum waktunya.
• Campur isi dari 2 kapsul vitamin E dengan 2 sdm minyak zaitun atau minyak kelapa yang dihangatkan. Pijatkan ramuan ini ke kulit kepala menggunakan ujung jari dalam gerakan memutar. Tunggu 30 menit, lalu cuci rambutmu seperti biasanya. Ulangi perawatan ini 2 hingga 3 kali seminggu.
• Kamu juga bisa memijat kulit kepalamu menggunakan minyak kelapa yang kaya vitamin E, dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan hal ini beberapa kali seminggu.
• Sertakan pula makanan kaya vitamin E kedalam dietmu untuk menutrisi rambut dari dalam.

2. Menyamarkan bekas luka

Manfaat kecantikan lain dari vitamin E adalah ia mampu membantu menghilangkan bekas luka. Sebagai antioksidan, vitamin E akan mempercepat proses penyembuhan dari kulit yang rusak, dan mencegah bekas luka menjadi permanen. Selain itu, sifat melembabkan dari vitamin E, juga menjaga kulitmu tetap terhidrasi dan membantu memperbaiki jaringan yang rusak.
• Terapkan minyak yang diekstrak dari kapsul vitamin E pada kulit yang terdampak.
• Pijat secara lembut selama 5-10 menit.
• Diamkan selama setidaknya 30 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.
• Lakukan hal ini dua kali sehari sampai kamu puas dengan hasilnya.

3. Melawan Kerutan

Kamu juga bisa menggunakan vitamin E untuk melawan kerutan, bintik hitam, dan tanda penuaan lainnya. vitamin E memiliki kekuatan untuk mengembalikan kerusakan yang disebabkan oleh radiasi solar yang berbahaya dan radikal bebas dalam lingkungan sekitar kita. Vitamin E bahkan juga bisa meningkatkan produksi kolagen yang akan menambah elastisitas pada kulitmu, sehingga bisa mencegah munculnya tanda penuaan dini seperti kerutan.
• Terapkan minyak yang berasal dari kapsul vitamin E langsung ke kulit yang terdampak setiap hari menjelang tidur. Biarkan selama semalaman. Keesokan paginya, bilas dengan air hangat.
• Kamu bahkan juga bisa memijat area yang terdampak dengan minyak zaitun hangat sebanyak 2-3 kali sehari.
• Memakan makanan kaya vitamin E secara rutin adalah cara lain yang efektif dan sederhana untuk melawan tanda penuaan.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2