Manfaat Wedang Jahe Bagi Kesehatan

by Ummi on July 2, 2015

Jahe adalah salah satu bahan dapur utama yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia. Rempah-rempah satu ini, akan memberikan rasa dan aroma yang kuat pada setiap masakan. Selain sebagai bumbu masak, ternyata jahe bisa diolah mmenjadi minuman yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat wedang jahe bagi keseluruhan kesehatan tubuhmu :

Manfaat Wedang Jahe

1. Mencegah dan mengobati kanker rahim (ovarium)

Wedang jahe alami mengandung bahan kimia yang disebut Gingerol, yang bisa menghancurkan sel kanker ovarium. Berdasarkan penelitian, sel kanker ini akan disingkirkan melalui apoptosis, yang berarti bahwa gingerol akan membuat DNA sel kanker tersebut memecah dan menghancurkan dirinya sendiri. Maka dari itu, kamu bisa mencegah dan mengobati kanker rahim dengan rajin meminum wedang jahe. Selain itu, minuman ini juga dipercaya mampu melindungi seseorang dari kanker usus.

2. Mengendalikan radang tulang sendi

Bahan-bahan medis yang terkandung dalam wedang jahe membantu mengurangi radang yang disebabkan oleh penyakit tulang seperti radang tulang sendi. Berdasarkan studi, minuman herbal ini bisa meningkatkan energi pada diri seseorang yang menderita penyakit ini. Jahe bisa membantu tubuhmu menjadi fleksibel (lentur) dan meningkatkan suasana hati. Berapa kali sehari wedang jahe ini harus diminum untuk memperoleh efek ini? Tergantung pada tingkat keparahan dari penyakit tulang ini. Semakin parah penyakitnya, maka semakin sering pula dianjurkan untuk meminumnya.

3. Menguatkan jantung

Berdasarkan pengobatan tradisonal China, wedang jahe terkenal memiliki tingkat efektivitas yang tinggi dalam memperkuat jantung. Tingkat kolesterol pun bisa diturunkan dan penggumpalan darah internal juga bisa dicegah saat kamu meminum wedang jahe secara rutin. Minuman ini juga berperan penting dalam mencegah kondisi serius seperti stroke.

4. Mengobati masalah pencernaan

Berdasarkan pengobatan tradisonal China dan ekstrak jahe seperti wedang jahe bisa mengurangi produksi gas dalam usus besar. Membantu pula dalam mengendurkan otot-otot yang membentang di saluran usus, yang nanti akan membantu pergerakan makanan yang normal dalam system pencernaan. Jahe juga membantu mengobati mabuk perjalanan, mual, muntah, pusing dan keringat dingin.

5. Mengatasi masalah yang berkaitan dengan pernafasan

Wedang jahe terkenal akan manfaatnya bagi orang yang menderita masalah pernafasan. Wedang jahe alami bisa untuk mengobati asthma, bronchitis, batuk, pilek, flu, sesak nafas dll. Jika kamu menderita salah satu penyakit ini, tidak ada ramuan alami yang lebih baik sebagai obatnya kecuali segelas wedang jahe.

6. Menyingkirkan radikal bebas

Wedang jahe memiliki perangkat antioksidan yang membantu dalam menyingkirkan radikal bebas. Hal ini nantinya akan melindungi jaringan dalam tubuhmu dari kerusakan. Sel tubuh juga bisa dirusak oleh radikal bebas karena dinding sel ini begitu rapuh.

7. Menghangatkan tubuh

Efek panas yang dimiliki wedang jahe membantu tubuhmu tetap terasa hangat dan melindungi dari serangan pilek. Paraa peneliti menemukan bahwa perangkat pemicu panas pada jahe telah diakui mampu memperlebar pembuluh darah. Hal ini bisa menjaga tubuhmu tetap terlindungi dari hypothermia dan kondisi medis lain yang disebabkan oleh cuaca dingin.

8. Mengatasi masalah menstruasi

Rajin minum wedang jahe secara signifikan membantu wanita melewati masalah menstrualnya. Wedang jahe terbukti sangat efektif dalam mengobati nyeri haid.

Membuat sendiri wedang jahe

Wedang jahe alami buatan sendiri adalah yang terbaik untuk meraih segala manfaat kesehatan yang telah ditawarkan. Karena, wedang jahe kemasan siap pakai yang banyak dijual di toko-toko sebenarnya mengandung sejumlah jahe yang sangat sedikit, dan kamu mungkin tidak bisa mendapatkan kebaikan yang setara dibanding dengan yang disediakan wedang jahe alami. Bahkan ada banyak merek wedang jahe kemasan yang menggunakan perisa buatan dan tidak mengandung jahe sama sekali. Maka, sangat penting bahwa kamu harus membuat sendiri wedang jahe untuk mendapatkan segala kebaikan yang ditawarkan minuman enak ini. Cara membuatnya sangatlah mudah, tidak perlu menggunakan banyak bahan dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya;

Bahan-bahan :
1 ½ mangkuk jahe segar yang sudah diiris tipis
½ mangkuk air perasan lemon / jeruk nipis
1 ½ cup gula
1 liter soda

Cara membuat :
– Campur jahe, gula dan air ke dalam panci hingga mendidih.
– Aduk rata untuk memastikan gulanya larut sepenuhnya.
– Kecilkan api, dan tunggu mendidih selama 15 menit hingga berubah menjadi syrup. Saring dan dinginkan pada suhu ruangan.
– Tambahkan jus lemon dan aduk rata.
– Tambahkan soda lalu campur hingga merata.
– Wedang jahe nikmat siap disajikan.