≡ Menu
werno-werno.com

Manfaat Zucchini Bagi Kesehatan

Jika saat kini kamu sedang berusaha untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, maka kini saatnya bagimu untuk mempelajari tentang manfaat dari sayuran zukini atau zucchini bagi kesehatan. Zucchini atau yang lebih populer disebut timun Jepang ini terkenal berkhasiat untuk melangsingkan tubuh, namun masih memberikan nilai gizi pada dietmu. Selain itu, zucchini juga membaantu mempromosikan kesehatan mata, dan mencegah semua penyakit yang terjadi akibat kekurangan vitamin C seperti sclerosis, mudah memar, dan scurvy. Zukini bahkan mampu menyembuhkan asthma dan memiliki kandungan vitamin C, karbohidrat, protein, dan serat. Zukini juga mengandung jumlah potassium, folat, dan vitamin A yang lumayan, yang kesemuanya penting bagi kesehatan tubuh secara umum.

khasiat zukini

Meski terkenal dengan sebutan timun Jepang, namun sayur yang bentuknya memang mirip timun ini asalnya dari Amerika, dan hadir dalam warna kuning, hijau muda, dan hijau. Negara produsen terbesar dari zukini saat ini meliputi Jepang, China, Romania, Italia, Turki, Mesir dan Argentina. Zukini bisa dimakan langsung, dipotong-potong, atau dimasak. Hampir semua bagian dari zukini bisa dimakan, termasuk daging buah, biji, dan bahkan kulitnya. Ingin tahu lebih dalam tentang manfaat zukini ? simak ulasannya berikut ini :

Membantu menurunkan berat badan

Kamu mungkin terkejut jika tahu kalau mengkonsumsi zukini akan membantumu menurunkan berat badan. Zucchini memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, namun masih akan memberimu perasaan kenyang. Itulah mengapa, zukini adalah cara bagus untuk memuaskan selera makanmu tanpa harus menambah kalori dan mulai menghancurkan rencana diet. Disamping jumlah kalori yang rendah, zukini juga memiliki kandungan air yang tinggi dan kaya serat. Karenanya, saat kamu makan zukini, perutmu tidak terasa lapar, sehingga membuat zukini resep sempurna untuk program dietmu.

Mempromosikan kesehatan pria

Banyak peneliti mengambil ekstrak zukini ini untuk melaksanakan studi tertentu dan menyimpulkan bahwa sayur ini memiliki property tertentu yang efektif menyembuhkan penyakit yang di derita pria disebut BPH (benign prostatic hypertrophy). Ketika kelenjar prostat menjadi membesar dalam bentuk dan ukuran yang aneh, yang dapat menyebabkan kesulitan dengan fungsi BAIK seksual maupun saluran kemih, kondisi ini dikenal sebagai BPH. Sebuah pengobatan yang baik ini terlihat dalam kombinasi dengan makanan lain yang mengandung fitonutrien; zucchini dikatakan sangat berguna dalam mengurangi gejala BPH.

Mempertahankan kesehatan optimal

Sebagai sumber yang luar biasa dari mangan dan vitamin C, zucchini adalah sumber terbaik dari serat makanan yang akan membuat tubuhmu dalam bentuk terbaik untuk jangka waktu yang panjang. Zukini juga mengandung vitamin A, magnesium, folat, kalium, tembaga, dan fosfor. Sayur yang rasanya segar ini juga memiliki kandungan tinggi dari asam lemak omega-3, seng, niasin, dan protein. Selain itu, vitamin B1, vitamin B6, vitamin B2, dan kalsium dalam zucchini menjamin kesehatan yang optimal. Zucchini mungkin adalah contoh terbaik dari labu-labuan yang memiliki cakupan nutrisi yang kaya, termasuk gula, karbohidrat, serat larut dan tidak larut, natrium, mineral, asam amino dan banyak lagi. Asam  folat dari zucchini juga sangat baik untuk ibu hamil dan caalon bayi.

Menjagamu bebas dari penyakit

Keseluruhan kesehetanmu pasti akan meningkat jika kamu rutin mengkonsumsi zucchini. Zukini membantumu mencegah segala macam penyakit. Studi-studi telah banyak menyatakan bahwa makanan kaya serat membantu mencegah kanker dengan cara mengusir racun penyebab kanker dari sel di dalam usus. Vitamin C juga memiliki khasiat antiinflamasi , sehingga bisa menyembuhkan berbagai macampenyakit seperti osteoarthritis, asthma, dan rematik, di mana pembengkakan anggota tubuh  sangat menyakitkan. Kehadiran tembaga dalam zukini juga membantu mengurangi gejala sakit dari nyeri rematik.

Melindungi kesehatan jantung

Zucchini kaya akan nilai gizi, terutama selama musim panas, ketika memberikan banyak keuntungan bagi tubuh. Sistem ranking makanan di negara kaya zucchini telah menyatakan bahwa labu ini memiliki mangan dan vitamin C melimpah yang membantu untuk menjaga jantung yang kuat.

Selama penelitian, sebagian besar nutrisi ini terbukti efektif dalam pencegahan penyakit jantung diabetes dan aterosklerosis. Kandungan magnesiumnya terutama mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Dalam kombinasi dengan kalium, magnesium juga membantu dalam mengurangi tekanan darah tinggi. Vitamin C dan beta-karoten yang ditemukan di zukini juga membantu dalam mencegah oksidasi kolesterol. Vitamin folat diperlukan oleh tubuh untuk menghilangkan produk sampingan metabolisme yang tidak aman yang disebut homosistein, yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan strokse jika tingkat naiknya terlalu tinggi. Kandungan serat Zucchini ini menurunkan kadar kolesterol tinggi juga, sehingga membantu mengurangi risiko aterosklerosis dan penyakit jantung akibat diabetes.

Cara mengolah zukini

Jika kamu sudah tahu semua manfaat zukini, tentu kamu ingin tahu juga bagaimana cara mengolah atau memasak zukini. Yang penting kamu tahu, 95 % zukini adalah air, jadi saat dimasak, tentu air akan mencair keluar. Oleh karena itu, kamu perlu menggarami zucchini terlebih dulu dan kemudian membiarkan kelebihan airnya untuk dikeringkan lebih dulu sebelum persiapan dilakukan. Saat kamu sedang makan buah ini, jangan buang kulitnya karena nutrisi penting yakni beta-karoten, komponen vitamin bertindak sebagai antioksidan sehingga melindungi sel dari kerusakan oksidasi terdapat pada kulitnya. Bunga-bunga dari zucchini juga dapat dimakan dan sering digunakan di dalam masakan Perancis dan Italia. Salah satu cara termudah untuk mengkonsumsi zucchini adalah dengan menaburkan zucchini parut atau varietas lain dari labu musim panas pada salad dan sandwich. Kamu juga dapat menambahkan zucchini pada resep roti favoritmu; sehingga mengurangi jumlah cairan dalam resep, karena zucchini adalah kompensasi untuk kelembaban dengan cara yang berbeda.

0 comments… add one

Leave a Comment