Memilih Bedak Sesuai Warna Kulit Saja, Itu Belum Cukup

by Ummi on November 19, 2013

Setelah mengetahui jenis bedak & fungsinya, agar bisa memperoleh hasil riasan yang memuaskan, kamu juga harus mengetahui tips memilih bedak yang cocok. Karena jika kamu sembarangan memilih, justru akan mengkibatkan timbulnya jerawat, kulit menjadi berminyak, dan juga muncul komedo. Wajah kamu yang semula halus, bisa menjadi rusak akibat salah pilih bedak. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan dalam memilih bedak yang tepat;

Tips Cara Memilih Bedak Sesuai Warna Kulit

  • Pilih bedak yang warnanya sesuai dengan warna kulit wajah kamu. Caranya, bubuhkan sedikit bedak di punggung tangan. Bila warnanya terlihat samar dan tidak mencolok, artinya cocok dengan warna kulit kamu.
  • Pilih bedak yang setingkat lebih terang dari warna kulit wajah agar dapat menutupi kekurangan wajah dengan sempurna.
  • Bubuhkan bedak sesaat setelah foundation kering agar hasilnya lebih sempurna.
  • Jangan lupa mencuci kuas bedak setiap seminggu sekali, dan buang serta gantilah puff (spon) bedak jika sudah kelihatan kotor.

Selain tips di atas, kamu juga harus tahu kalau ternyata ada sebagian produk bedak yang mengandung beberapa bahan berbahaya yang tidak boleh digunakan pada kulit. Diantaranya adalah merkuri. Biarpun merkuri dapat memutihkan dan membuat kulit halus bercahaya, namun jika bahan ini terus menerus digunakan dalam jangka waktu yang lama dan dengan dosis atau takaran yang tidak tepat, dapat membahayakan kesehatan kamu.

Meski terkadang sebagian merk bedak yang kita beli ada yang mencantumkan logo bebas merkuri, namun tidak sepenuhnya bisa dijadikan jaminan. Nah untuk bisa mengetahui apakah bedak itu memiliki kandungan merkuri atau tidak, kamu bisa mengetesnya sendiri. Caranya pun sangat mudah, yakni cukup dengan mengoleskan bedak yang agak tebal pada jari kamu. Kemudian, gosoklah bedak tadi dengan bahan emas (kamu bisa gunakan cincin). Dalam waktu yang relative cepat, akan terlihat hasilnya. Jika bedak tersebut berubah warna menjadi hitam atau keabuan, maka bedak tersebut mengandung merkuri. Semakin hitam warna yang kamu dapatkan, maka semakin tinggi pula kadar merkuri didalamnya. So, jadilah wanita yang cerdas dengan memilih kosmetik yang bukan hanya membuat kamu terlihat cantik, tapi pastinya juga sehat bagi tubuh..