≡ Menu
werno-werno.com

Mencegah Kanker Payudara

Wanita 100 kali lebih rentan terkena kanker payudara dibandingkan pria. Hal ini dikarenakan hormone estrogen dan progesteron yang dimiliki oleh wanita lebih tinggi dibandingkan dengan pria.

tips mencegah kanker payudara

Untuk mendeteksi apakah kamu terkena kanker payudara atau tidak. Kamu bisa melakukan tes sederhana dengan Cara Melakukan Deteksi Dini Kanker Payudara. Nah, bagi kamu yang belum terkena kanker payudara, cegahlah penyakit tersebut mulai dari sekarang. Kamu bisa melakukan hal-hal sederhana seperti di bawah ini untuk mencegah kanker payudara.

Olahraga

Olahraga merupakan hal wajib bagi manusia. Tentu selain bisa mengurangi kadar estrogen yang diproduksi tubuh hingga bisa mencegah kanker payudara, olahraga juga dibutuhkan untuk membuat badan tetap sehat bugar, mengeluarkan toxin dari dalam tubuh, mengaktifkan fungsi syaraf dan otot, serta meningkatkan metabolism dalam tubuh. Kamu bisa melakukan aktifitas aerobic ringan seperti jalan cepat atau lari kecil selama 30 menit setiap harinya.

Berat Badan

Apa hubungannya berat badan dengan kanker payudara? Hal ini berkaitan dengan lemak dalam tubuh. Semakin meningkat jumlah lemak dalam tubuh maka jumlah hormone estrogen juga akan bertambah. Hormon estrogen merupakan salah satu hormone pemicu kanker, jadi semakin banyak lemak di tubuhmu maka resiko terkena kanker payudara akan semakin besar. Untuk itu, kamu harus mengontrol berat badanmu agar tetap pada batas normal (baca : Cara Mudah Membakar Lemak & Makanan Penghancur Lemak).

Alkohol & Rokok

Hindarilah kedua hal di atas. Selain memang tidak baik bagi tubuh, alcohol serta rokok mampu meningkatkan resiko wanita mengalami kanker payudara. Hal ini telah dibuktikan oleh berbagai penelitian. Alcohol dituding mampu meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh yang bisa memicu kanker payudara. Dan sudah menjadi rahasia umum jika rokok mampu menyebabkan berbagai penyakit berbahaya bagi tubuh.  Rokok juga diklaim meningkatkan resiko pada wanita untuk terkena kanker payudara.

Berjemur

Banyak orang akhir-akhir ini khawatir tentang terkena sinar matahari secara langsung karena semakin meningkatnya penderita kanker kulit (melanoma maligna). Tapi jika kulitmu tidak pernah terkena sinar matahari secara langsung juga tidaklah baik. Sinar matahari pagi serta menjelang siang banyak mengandung vitamin D. Vitamin D ini bisa membantu jaringan payudara untuk menyerap kalsium hingga mengurangi resiko kanker payudara.

Menyusui

Bagi seorang ibu yang memiliki bayi, kegiatan menyusui bisa mencegah kanker payudara. Beberapa studi menyatakah bahwa wanita yang menyusui mempunyai resiko yang lebih rendah dibandingkan wanita yang tidak pernah menyusui. Ini dikarenakan kegiatan menyusui bisa menstabilkan hormone estrogen pemicu kanker payudara.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

0 comments… add one

Leave a Comment