≡ Menu
werno-werno.com

Mengatasi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan atau faringitis adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh infeksi yang terjadi di bagian belakang tenggorokan (faring) dan menjadi radang. Infeksi ini biasanya sebagian besar disebabkan karena virus (biasanya virus menyebabkan si penderita terkena pilek dan flu), namun bisa juga karena bakteri, merokok,iritasi, tumor dan bisa juga karena alergi.

cara mengatasi radang tenggorokan secara alamiGejala awal yang menandai kamu terserang radang tenggorokan adalah terjadinya rasa sakit (nyeri) di tenggorokan atau rasa gatal di tenggorokan, saat menelan atau berbicara tenggorokanmu terasa lebih nyeri, rasa kering di tenggorokan, suara yang berubah menjadi serak. Itu adalah sebagaian tanda umum yang bisa kamu gunakan untuk mendeteksi radang tenggorokan. Selain itu ada gejala lain yang bisa mendeteksi apakah kamu terserang radang tenggorokan yaitu pembengkakan pada kelenjar di leher atau di rahang, membengkaknya amandel / tonsil dan bercak merah di amandel, timbulnya bercak putih atau nanah di amandel.

Ada beberapa pencegahan yang bisa kamu lakukan untuk terhindar dari penyakit radang tenggorokan di antaranya adalah :

  • Sebelum makan atau sesudah batuk / bersin atau menggunakan toilet sebaiknya kamu mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir.
  • Jika dalam perjalanan atau dalam keadaan memungkinkan untuk mencuci tangan dengan air maka selalu siap sedia dengan pembersih tangan berbasis alcohol.
  • Menggunakan masker saat udara sedang berdebu
  • Mengindari asap rokok. Bagi kamu perokok aktif sebaiknya kamu menghentikan kebiasaan merokok dengan mulai sedikit demi sedikit mengurangi kebiasaaanmu.

Jika kamu sudah terlanjur mengalami radang tenggorokan, kamu bisa mengatasinya dengan cara di bawah ini :

  • Berkumur selama 30 sampai 60 detik dengan campuran air hangat sebanyak 250 ml (gelas belimbing) dengan 1 sendok the garam. Campuran ini mampu meredakan radang atau pembengkakan yang terjadi di tenggorokan, menghilangkan dahak, serta membunuh bakteri. Lakukanlah hal ini tiga kali dalam sehari sampai tenggorokanmu membaik. (baca : 6 kegunaan jenius dari garam)
  • Minum Teh. Kegiatan yang satu ini bukan hanya akan merilekskan dirimu namun juga bisa meredakan radang tenggorokan. Teh mengandung banyak antioksidan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan infeksi. Kamu bisa mencampurkan teh dengan madu, jahe atau juga bisa lemon. (baca : Manfaat Teh untuk Kecantikan)
  • Makan sup ayam. Kaldu yang ada dalam sup ayam mengandung natrium yang bersifat anti inflamasi yang mampu mengurangi rasa terbakar akibat radang tenggorokan. Selain itu, saat terkena radang tenggorokan, kegiatan makanpun akan terasa menyiksa. Jadi dengan sup ayam  yang encer, kamu bisa makan dengan lebih nyaman.
  • Madu. Kamu bisa mencampurkan satu sendok makan madu dengan air hangat dan meminumnya. Madu memang dikenal memiliki segudang manfaat baik dalam bidang kecantikan maupun kesehatan. Dan madu juga bisa mengatasi radang tenggorokan. Madu memiliki sifat anti bakteri, antivirus serta antibakteri yang bisa mengobati radang tenggorokan.
  • Perbanyak minum. Tenggorokan yang kering dan tidak terhidrasi bisa memperparah radang tenggorokan yang kamu derita. Jadi sebaiknya kamu memperbanyak minum air putih.
  • Kurangi bicara terlalu banyak atau terlalu keras saat radang tenggorokan menyerang.
  • Beristirahatlah dengan cukup dan hindari aktifitas yang bisa membuatmu lelah.
0 comments… add one

Leave a Comment