Mengenal aneka jenis sisir & fungsinya

by Ummi on March 11, 2014

Jangan salah, meskipun hanya sekedar ‘sisir’ dan kedengarannya semuanya hanya berfungsi untuk merapikan rambut, bentuk sisir yang beragam juga memiliki fungsi yang berbeda-beda lho! Penggunaan sisir yang salah, disamping merepotkan, juga bisa membuat rambut kita rusak. Untuk itu, simak uraian berikut ini mengenai berbagai jenis sisir beserta fungsinya, agar kamu tidak salah dan bingung dalam memilih sisir dengan banyaknya jenis yang ada.

Mengenal aneka jenis sisir & fungsinya

  • Sisir bergigi rapat

Kamu tentunya sudah tidak asing dengan jenis sisir yang satu ini. Ini termasuk jenis sisir yang lebih dahulu ada, disebut juga sisir tradisional. Sisir ini sangat cocok bagi kamu yang berambut tipis dan lurus. Tidak hanya kaum wanita, kini para pria pun juga banyak yang memakai sisir jenis ini. Sisir ini sangat pas jika kamu menginginkan membuat belahan rambut yang rapi atau untuk mengatur rambut setelah memakai gel.

  • Sisir bulat

Sisir bulat adalah pilihan yang pas saat mem-blow rambut karena bisa membuat rambut lebih bervolume atau memberi tampilan rambut yang lurus. Pilih sisir dengan gigi yang lembut, agar tidak menyakiti kulit kepala.

  • Sisir bergigi jarang

Sisir ini ideal digunakan pada saat rambut dalam kondisi basah karena rambut masih sangat rapuh. Adanya jarak diantara gigi sisir memungkinkan kamu untuk merapikan rambut tanpa membuat rambut rusak atau patah. Ini juga sangat cocok digunakan jika kamu memiliki rambut ikal atau keriting, agar rambut kamu tidak mudah kusut saat disisir.

  • Sisir dayung

Seperti namanya, bentuk dari sisir ini memang agak melebar di bagian depannya. Kegunaan sisir ini bervariasi, selain untuk mem-blow rambut yang lurus, juga bisa digunakan untuk membuat rambut yang bervolume menjadi lebih rapi dan agak kempis.

  • Sisir sikat

Jika jenis rambut kamu tergolong halus dan rapuh, sebaiknya gunakan sisir ini. Pilih sisir yang terbuat dari bahan alami agar kulit tidak tergores dan tetap lembut.

  • Sisir garpu

Bila kamu habis mencuci rambut, sisir yang paling cocok digunakan adalah sisir garpu yang renggang dan rata. Gigi-gigi sisir yang renggang dari sisir garpu juga sangat tepat untuk merapikan rambut yang kusut, keriting, atau rambut panjang supaya rambut mudah disisir, tidak mudah patah dan tidak rontok.

  • Sisir sasak

Nah, bagi kamu yang lebih suak melakukan hair do sendiri di rumah, maka jenis sisir yang satu ini wajib dimiliki. Sisir rambut yang bergigi rapat, tajam dan pendek ini biasa digunakan untuk menyasak. Namun, sebaiknya sisir ini tidak digunakan untuk menyisisr rambut setiap hari karena bisa membuat rambut mudah patah dan ujungnya bisa melukai kulit kepala.

  • Rectangular paddle brush untuk rambut kusut

Sisir sikat yang satu ini biasanya berbentuk kotak dengan sikat dibagian muka saja. Sisir ini memiliki gigi-gigi sikat yang renggang sehingga membuat kamu lebih mudah dalam menyisir dan merapikan rambut, terutama untuk rambut yang kusut dan tebal.

  • Natural-Bristle Paddle Brush agar rambut lebih bercahaya

Setiap gigi dari sisir sikat ini memiliki penutup dibagian ujungnya yang akan melindungi kulit kepala.diamping itu, bentuk sisir ini akan memijat kulit kepala serta mengalirkan minyak dari kulit kepala ke batang rambut sehingga membuat rambut lebih bersinar.

  • Thermal Round Brush agar rambut lebih bervolume

Sisir rambut sikat jenis ini memiliki lapisan metal. Jika kamu memakainya dengan hair dryer, maka panas dari hair dryer akan mengalir lebih cepat dan membentuk rambut kamu dari luar dan dalam. Hasilnya, rambutmu menjadi terangkat dari kulit kepala sehingga volume rambut kamu terkesan lebih tebal..