Mengenal Berbagai Jenis Masker Wajah & Kegunaannya

by Ummi on April 26, 2015

Wajah, adalah salah satu aset terpenting bagi penampilan seseorang, terutama kaum wanita. Maka dari itu, melakukan perawatan wajah secara rutin merupakan suatu keharusan agar wajah senantuasa cerah dan berseri. Salah satu perawatan wajah yang paling umum adalah dengan menggunakan masker. Jika kamu tidak punya banyak waktu atau malas membuat masker alami sendiri di rumah, maka membeli produk masker siap pakai yang dijual bebas bisa menjadi alternatif pilihan.

mengenal berbagai jenis masker

Saat ini, banyak sekali jenis masker wajah yang beredar di pasaran. Namun, kamu harus pintar-pintar dalam memilih produk yang tepat seuai jenis dan kondisi kulit wajahmu. Berikut ini adalah tips untuk memilih produk masker wajah yang tepat sesuai jenis kulit:

  • Masker jenis clay (liat)

Masker wajah jenis clay sangat bagus untuk membersihkan kulit secara mendalam (deep cleansing). Jika kamu punya jenis kulit berminyak atau rentan berjerawat, memakai masker jenis ini akan membantu menyerap kelebihan minyak dan kotoran tanpa harus menguliti wajah. Disamping itu, masker ini juga ampuh untuk menarik keluar kotoran dari pori-pori. Namun, jangan biarkan masker hingga mengeras dan kering secara total. Setelah masker sudah mulai mengering dan retak, segera bilas dengan air hangat untuk menghindari kulit yang dehidrasi, kaku dan teriritasi.

  • Masker jenis peel off (dikelupas)

Masker peel off sangat bagus untuk membersihkan kulit dari komedo, dan masker jenis ini sering mengandung asam salisilat yang membantu untuk membersihkan jerawat. Jika kulitmu sudah terasa sesak dan tebal, pemakaian masker peel off akan membantu membuka pori-pori yang tersumbat.

  • Masker malam (Overnight mask)

Masker malam kini semakin populer berkat aspek menghemat waktunya. Kita tidak usah repot menunggu hingga masker kering karena bisa dipakai selama kita tidur. Selain itu, masker ini juga membantu meningkatkan hidrasi sementara kulit kita akan memperbaiki dan meregenarasi dirinya sendiri di malam hari.

  • Masker jenis krim (Cream mask)

Masker jenis krim biasanya sering dikemas dengan pelembab yang kaya dan minyak untuk membantu mengisi kembali dan membugarkan kulit. Jika kamu merasa kulitmu kering dan lelah, masker krim adalah pilihan terbaik untuk peningkat hidrasi yang nyata, dan secara umum bisa membawa sebagain besar manfaat dari anti ageing.

  • Masker jenis lembaran (sheet mask)

Masker yang berasal dari Korea dan kini juga sudah mulai menjadi trend di berbagai belahan dunia ini, di infus dengan lebih banyak serum daripada krim. Setiap masker hadir dengan bentuk selembar kapas tipis yang direndam dalam larutan bahan perawatan, yang bisa membantu menyerap bahan-bahan tersebut ke dalam kulit.

  • Masker jenis gel (gel mask)

Kulit berminyak masih perlu untuk dilembabkan, dan masker wajah berbasis gel bisa menjadi cara yang hebat untuk melakukan tugas tersebut  karena biasanya menggunakan lebih sedikit minyak. Jika kulitmu sudah mulai terasa panas dan teriritasi, masker gel pendingin juga bisa membantu meredakan dan mengurangi warna kemerahan. Cobalah untuk menyimpan masker gel ke dalam kulkas untuk efek mendinginkan yang ekstra.

  • Masker jenis thermal (thermal mask)

Masker thermal secara lembut akan menghangatkan kulit, memberikan pembersihan mendalam pada pori-pori kulit dan membantu mendetoksifikasi kulit. Membuatmu tampak lebih segar dan muda.

  • Masker untuk eksfoliasi (exfoliating mask)

Jika kulitmu sudah terlihat kusam, masker eksfoliasi bisa jadi pilihan terbaik untuk melapisi kembali lapisan teratas kulit, membuat kulitmu kembali bersinar cerah dan segar. Jika kamu tidak suka bahan biji-bijian, carilah masker eksfoliasi yang menggunakan bahan asam buah-buahan dan enzim.