≡ Menu
werno-werno.com

Mengenal Jenis-jenis lemak, sumber, dan efeknya bagi tubuh

Kalau kita mendengar kata ‘lemak’, pasti yang terlintas pertama kali dalam benak kita adalah masalah obesitas, dan penyakit kolesterol. Memang benar, selama ini para pakar nutrisi dan dokter selalu menyarankan bahwa diet rendah lemak merupakan kunci sukses untuk menurunkan berat badan, mengontrol kolesterol, dan mencegah timbulnya masalah kesehatan lainnya.  Bukan hanya teruju pada jumlah yang kita konsumsi saja yang menjadi perhatian utama, namun jenis lemak yang kamu makan juga sangatlah berpengaruh.

Mengenal Jenis-jenis lemak, sumber, dan efeknya bagi tubuh

Lemak jahat bisa meningkatkan kadar kolesterol dan resiko terkena beberapa penyakit, sedangkan lemak baik akan melindungi jantung dan mendukung kesehatan secara menyeluruh. Hiraukan dengan apa yang selama ini dibilang orang bahwa lemak itu berbahaya dan jahat, karena tidak semua lemak menjadi dalang dari semua masalah kesehatan dan berat badan.

Lemak jahat seperti lemak jenuh dan lemak trans bertanggung jawab penuh atas semua hal buruk yang dikaitkan dengan lemak, mulai dari berat badan, asam urat, kolesterol, dan masih banyak lagi. Sebaliknya, lemak baik seperti lemak tak jenuh tungga dan tak jenuh ganda, omega 3 justru memberikan efek yang positif. Lemak baik sangat berperan penting dalam membantu mengatur mood, membuat mental tetap berada dalam kondisi puncak, melawan kelelahan, bahkan menurunkan berat badan.

Agar kamu tidak salah paham mengenai lemak, simak penjelasan tentang jenis-jenis, sumber, dan efek lemak bagi tubuh berikut ini:

Jenis-jenis lemak

1. Lemak tak jenuh tunggal (Monosaturated fat)
2. Lemak tak jenuh ganda (Polysaturated fat)
3. lemak jenuh (Unsaturated fat)
4. Lemak trans (trans fat)

Sumber lemak dan efeknya bagi tubuh

Lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda termasuk lemak yang baik bagi tubuh, karena mereka baik bagi jantung, kolesterol, dan kesehatan secara menyeluruh. Lemak tak jenuh tunggal bisa diperoleh dari minyak zaitun, minyak Canola, minyak bunga matahari, selai kacang, dan alpukat. Sedangkan sumber lemak tak jenuh ganda adalah minyak jagung, minyak kedelai, tahu, susu kedelai, tempe, biji labu kuning, ikan salmon, tuna, sarden, hering, dn ikan trout.

Adapun lemak trans dan lemak jenuh sangat berbahaya bagi kesehatan. Lemak trans banyak terkandung dalam roti yang dipanggang seperti kue, muffin, donat, pizza, dan biskuit. Terdapat juga dalam camilan instant dalam kemasan seperti aneka keripik, cracker, dan popcorn, begitu juga margarine batangan, makanan yang digoreng seperti kentang goreng, ayam, ikan, dan permen. Sumber lemak jenuh diantaranya adalah, potongan daging merah yang berlemak tinggi seperti sapi, domba, dan babi, ayam yang diolah beserta kulitnya, butter, keju, es krim, dan minyak kelapa.

Panduan umum untuk memilih lemak yang baik dan sehat

Jika kamu sangat peduli mengenai berat badan atau kesehatan jantungmu, maka hindarilah konsumsi lemak jahat dalam pola dietmu, dan cobalah menggantinya dengan lemak baik dengan cara:

  • untuk mengurangi lemak trans dalam dietmu, coba cek terlebih dahulu komposisi pada label makanan yang kamu beli. Sebisa mungkin hindari biskuit/ roti kemasan, dan batasi makanan cepat saji atau fast food.
  • ganti daging merah dengan daging putih seperti ayam dan kalkun.
  • batasi konsumsi lemak trans dengan tidak memakan daging merah dan susu berlemak tinggi. Coba ganti dengan kacang-kacangan, polong-polongan, dan ikan selama itu mungkin. Dan ganti makanan yang berlemak tinggi dengan makanan yang rendah lemak.
  • konsumsi lemak Omega-3 seperti ikan, minyak canola, minyak kedelai, dan walnuts.

.

1 comment… add one

Leave a Comment